Manfaat Olahraga saat Menstruasi dan Tips Menjalaninya Agar Aman

0
88
Manfaat Olahraga saat Menstruasi yang Aman
Manfaat Olahraga saat Menstruasi yang Aman

Koran.idBiasannya tak sedikit wanita ketika sedang datang bulan selalu emosinya meningkat, kurang fokus pada aktivitasnya dan tiba-tiba kondisi badan kurang fit. Dari beberapa masalah seperti itu terkadang malah tambah malas ingin melaksanakan kegiatan dirumah, padahal dengan gerakan-gerakan ringan justru membuat badan ini menjadi baik. Adapun disini dari manfaat olahraga saat menstruasi dan tips menjalaninnya agar aman.

Olahraga yang dilakukan secara rutin bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, kondisi ini memang begitu baik dilakukan ketika saat haid. Hanya saja anda harus bisa menyesuaikannya dengan kondisimu saat itu, buat anda yang penasaran mengenai manfaatnya olahraga ketika sedang haid. Yuk langsung saja simak penjelasannya berikut di bawah ini :

Manfaat Olahraga saat Menstruasi dan Tips Menjalaninya Agar Aman

Manfaat Olahraga saat Menstruasi yang Dianjurkan
Manfaat Olahraga saat Menstruasi yang Dianjurkan

Sebelum lanjut ke point pertama, disini para ahli mengatakan ketika olahraga dilakukan selama 8 minggu secara rutin, manfaatnya dapat mencegah sekaligus menormalkan kembali siklus haid. Hal ini juga berpengaruh untuk menyembuhkan beberapa masalah ketika sedang haid seperti :

1. Menyembuhkan Perut Mules

Pertama, yang terasa ketika olahraga di lakukan ketika sedang haid adalah dapat menyembuhkan perut yang mules/kembung. Karena ketahuilah haid memang ada sangkut pautnya dengan perubahan hormon, oleh karena itu perubahan seperti ini biasanya di sebut juga dengan retensi cairan.

Ketika haid sedang jalan biaannya juga akan mempengaruhi perubahan nafsu makan, dan ingin sekali makanan yang terbilang manis seperti cokelat, buah dan lain sebagainnya. Dari yang tak biasa mengkonsumsi makanan selalu berubah, maka perut menjadi mudah kembung. Solusi terbaiknya anda bisa melakukan olahraga ringan setiap hari.

2. Nyeri Haid Teratasi

Ternyata dengan berolahraga secara nyata dapat memberikan manfaat pada orang yang sedang haid, khasiatnya begitu ampuh sekali untuk mencegah atau bahkan menyembuhkan nyeri yang menghantui. Karena, ketahuilah olahraga yang dilakukan secara rutin setiap hari akan membuat tubuh memproduksi endorfin, dimana berfungsi untuk menyelamatkan rasa nyeri ketika sedang haid.

Aktivitas olahraga ini usahakan yag aman dan nyaman bagi tubuh anda, pasalnya rasa nyeri ditubuh anda akan lebih terasa jika tidak berhati-hati. Sebaiknya anda melakukan olahraga ringan terlebih dulu, yang penting pergerakan ditubuh anda selalu aktif dan mengeluarkan keringat.

3. Kondisi Emosi Menjadi Stabil

Ngomongin masalah mood atau emosi memang begitu identik dengan wanita sedang haid, hal ini disebabkan kondisi emosinya yang tidak stabil. Awalnya hanya biasa saja namun tiba-tiba selalu ingin marah, tentu saja akan bisa mempengaruhi jiwa seseorang dan menjadi stres.

Caranya agar tidak membuat emosi meningkat harus membutuhkan peran endorfin, karena fungsinya dapat membuat seseorang menjadi tenang dan berpikir positif. Untuk mengatasinya hal ini tak lain hanya bisa dilakukan dengan olahraga ringan setiap harinya, usahakan gerakan tubuh anda aktif semua ya?

4. Amankan Kondisi Tubuh

Tips melakukan yang baik untuk melakukan olahraga, usahakan tubuh benar-benar berada pada kondisi terbaik. Karena wajar saja jika wanita sedang haid keadaannya ada yang masih stabil dan juga ada yang drop. Oleh karena itu sebaiknya anda harus memikirkan kondisi tubuh terlebih dahulu sebelum bersiap untuk olahraga.

Haid atau PMS memang dapat memunculkan gejala yang bermacam-macam pada tubuh, seperti sakit perut, kepala sakit, diare, sering kram, otot menjadi nyeri dan mual. Jadi anda sebelum beranjak olahraga kondisikan dulu ya apakah tubuh anda memang sudah siap untuk bergerak untuk berusaha sehat dan haid tidak terganggu.

5. Lakukan Olahraga yang Tepat

Melakukan olahraga yang tepat memang sangat diperlukan ketika sedang haid, beberapa olahraga yang aman dan nyaman dilakukan agar otot sekitar rahim tidak tegang anda bisa memilih kardio dengan berjalan ringan seperti halnya jogging, pilates gerakan yoga santai, dan olahraga peregangan tubuh seperti menari lambat.

Olahraga yang anda jalani di atas akan membuat lebih nyaman pada tubuhmu, so tidak akan muncul banyak lagi darah yang keluar saat sedang datang bulan. Jadi anda bisa melakukan olahraga di atas hanya fokus pada satu saja, usahakanlah anda bisa secara rutin untuk mengerjakannya.

6. Mengkonsumsi Obat Anti Nyeri

Siklus haid yang dijalani oleh wanita memang terkadang menimbulkan masalah pada dirinya, selain terasa nyeri, perut kembung dan lain sebagainnya anda bisa melakukan pengobatan dengan meminum obat anti nyeri. Pilihan obat seperti obat paracetamol dan ibuprofen ini akan mencegah sekaligus mencegah gejala-gejala seperti kram, kepala sakit dan lainnya.

Di samping itu anda juga bisa melakukan tips sebelum melakukan olahraga, ada baiknya mengompres pada perut dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit. Manfaatnya sangat baik sekali untuk mengatasi dan bahkan nyeri haid menjadi hilang. Namun yang perlu anda perhatikan tentang penggantian pembalut ini usahakan di haid hari pertama dan kedua selalu rutin diganti.

7. Menyibukkan dengan Rutinitas

Buat anda yang gak terlalu suka dengan olahraga jangan khawatir ketika sedang haid, sederhana saja sebenarnya karena ketika haid datang pastinya kondisi badanmu suka drop. Pastinya hal ini akan membuat anda menjadi malas untuk melakukan olahraga, solusinya yang tepat adalah lakukan aktivitas di pagi hari dengan kesibukan seperti memasak, bersih-bersih rumah dan sebagainnya.

Aktivitas setiap hari yang dilakukan sama saja dengan berolahraga, karena kesibukan di dalam rumah memang membutuhkan banyak gerakan yang terus diulang-ulang jadi wajar saja nantinya membuat anda berkeringat.

Nah, itulah tadi tentang Manfaat Olahraga saat Menstruasi dan Tips Menjalaninya Agar Aman. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini