Ini Dia Elemen Khas Desain Rumah Tradisional Jepang, Inspirasi Rumah Modern 2019

0
1695
Ini Dia Elemen Khas Desain Rumah Tradisional Jepang, Inspirasi Rumah Modern 2019

Koran.id – Bagi mereka yang sudah berumah tangga pastinya punya keinginan untuk memiliki sebuah hunian. Jika demikian, kira – kira desain rumah seperti apa yang jadi impianmu untuk segera diwujudkan di dunia nyata? Apa desain rumah minimalis, desain rumah modern, atau desain rumah tradisional Jepang? Apabila pilihan kamu jatuh pada desain rumah tradisional Jepang, itu artinya kamu harus tahu elemen – eleman yang biasanya hadir pada desain rumah khas Jepang tersebut.  

Perlu untuk kamu tahu nih, bahwa rumah tradisional khas Jepang adalah salah satu jenis desain rumah terbaik, atau jenis arsitektur yang punya ciri khas tersendiri dibandingkan dengan desain atau modern rumah lain. Rumah berdesain tradisional Jepang ini memang cukup menarik sekali dan pastinya tidak pernah habis termakan oleh zaman. Sehingga tidak heran jika sampai saat ini masih banyak peminatnya.

Ini Dia Elemen Khas Desain Rumah Tradisional Jepang, Inspirasi Rumah Modern 2019

Asal kamu tahu saja, bahwa elemen tradisional dari rumah Jepang ini bahkan tidak hanya diterapkan pada hunian modern bergaya Jepang saja, tetapi sudah semakin meluas lagi. Jika kamu memang benar – benar tertarik untuk mengaplikasikan elemen dari rumah tradisional Jepang yang khas banget tersebut, maka kamu perlu simak ulasan yang akan saya rangkumkan berikut ini. Dengan demikian kamu pastinya akan lebih mudah lagi mewujudkan impianmu dalam memiliki desain rumah khas Jepang tersebut.

Elemen Khas Desain Rumah Tradisional Jepang

Tentu saja ada banyak sekali elemen penting yang harus kamu tahu apabila ingin membangun sebuah hunian yang tidak hanya memberikan kenyamanan bagi penghuninya, akan tetapi juga keindahan dan kehangatan. Yakni, eleman khas dari desain rumah tradisional Jepang. Ini tentu saja pas banget untuk dijadikan sebagai inspirasi rumah modern di tahun 2019. Daripada harus berlama – lama lagi, langsung saja simak selengkapnya berikut ini.

1. Byobu

Byobu

Tahukah kamu apa itu byobu? Ini merupakan partisi artistik yang akan selalu ada pada desain rumah tradisional Jepang. Jadi, jika kamu memang ingin aplikasikan desain rumah Jepang ini, itu berarti byobu tidak boleh sampai ketinggalan. Byobu biasanya digunakan untuk memisahkan antara ruangan satu dengan yang lain.

Tapi tunggu dulu, byobu ini tentunya bukanlah sembarangan partisi biasa. Byobu merupakan partisi ruangan lipat yang menarik sekali, tidak hanya akan memisahkan ruangan akan tetapi bisa pula dibuat dengan sebuah lukisan yang artistik khasnya desain rumah Jepang. Bahkan sampai sekarang byobu masih banyak dicari dan digunakan sebagai unsur dekoratif, sebab alasan keindahan keseniannya.

2. Engawa

Engawa

Buat kamu yang masih belum tahu apa itu engawa, ini merupakan koridor luaran rumah tradisional Jepang. Biasanya pada sebuah rumah bergaya Jepang kamu akan temukan koridor yang ada di luar rumah sebelum akhirnya kamu memasuki bagian dalam rumah.

Elemen pada rumah Jepang tersebut biasanya lebih dikenal dengan sebuah atau nama engawa. Koridor ini akan memisahkan bagian luar rumah dengan bagian dalam rumah. Engawa bahkan sering sekali terlihat pada film – film atau kartun Jepang, lho.

3. Kayu

Kayu

Ya, meskipun tidak hanya desain rumah tradisional Jepang saja, akan tetapi saat ini sudah ada banyak sekali desain rumah minimalis modern yang menggunakan kayu untuk menciptakan keindahan pada arsitektur sebuah hunian. Khususnya untuk gaya rumah Jepang, penggunaan kayu akan tampak lebih dominan. Jadi, jika kamu memang sangat menghargai hubungan antara bangunan dengan alam, inspirasi rumah modern 2019 bergaya Jepang ini pastinya harus banget kamu pertimbangkan.  

Namun demikian, biasanya penggunaan material atau bahan kayu pada arsitektur khas Jepang tidak memiliki finishing, selain coating untuk daya tahan kayunya tersebut. Meskipun begitu ternyata tampilan alami dari urat serta warna kayunya justru semakin menambah nilai estetika alami tersendiri dari rumah Jepang tersebut.

4. Genkan

Genkan

Lalu untuk yang berikutnya ada genkan, yang juga menjadi elemen penting yang wajib dihadirkan pada desain rumah impianmu yang mengusung gaya khas Jepang. Genkan sendiri merupakan area dalam sebuah rumah setelah pintu utama, yang sengaja dibuat lebih rendah dari lantai rumah.

Lantas, apa fungsi dari genkan tersebut? jika berbicar mengenai fungsinya sendiri ternyata genkan ini menjadi transisi antara bagian luar dan dalam sebuah hunian. Di sinilah tempat untuk meletakkan barang – barang seperti sepatu, syal, topi, atau lainnya yang digunakan di luar rumah, dan menggunakan sandal, sepatu, atau alas kaki saat ada di dalam rumah.

5. Mushiko Mado

Mushiko mado

Tahu nggak sih bahwa ternyata ciri khas dari arsitektur rumah tradisional Jepang ini adalah ada pada penggunaan pintu gesernya. Dimana pada pintu utamanya tersebut biasanya menggunakan mushiko mado. Ini merupakan pintu geser dengan celah – celah kecil. Selain itu juga ada model pintu geser yang dikenal dengan sebutan shoji, yang memiliki celah lebih besar dan diberi lapisan kertas. Tujuannya adalah untuk memberikan penerangan dari luar rumah.

6. Tatami

Tatami

Lalu untuk elemen yang berikutnya ada tatami. Ini adalah lantai khas yang biasanya selalu hadir pada desain rumah Jepang modern. Dibuat dari anyaman jerami igusa, kamu pastinya harus banget hadirkan tatami pada rumah Jepang-mu nanti. Material tersebut digunakan sebab bisa membuat rumah jadi terasa lebih sejuk meskipun sedang memasuki musim panas sekalipun. Tetapi demikian akan tetapi hangat saat musim dingin tiba.

Menjadi salah satu elemen khas rumah bergaya Jepang yang paling populer, dibandingkan dengan elemen – elemen yang lainnya, tatami sampai saat ini masih sering dijumpai pada rumah – rumah Jepang masa kini.

7. Tokonama

Tokonama

Lalu untuk yang terakhir ini ada tokonama. Tokonama sendiri merupakan ruangan untuk pajangan atau benda – benda artistik yang kamu miliki. Bisa dibilang, tokonama adalah sisi ruangan yang punya ketinggian level berbeda dari ruangan lainnya. Bagian tersebut digunakan untuk meletakkan dekorasi artistik, seperti rangkaian bunga ikebana, lukisan cantik, dan lain – lain.

Tentu saja ada berbagai macam elemen khas dari rumah Jepang yang bisa diaplikasikan pada hunian Jepang yang ingin kamu bangun. Oh iya, jika mau kamu juga bisa kok mencoba memodifikasi elemen khas rumah Jepang tersebut pada desain rumah masa kini yang minimalis maupun modern.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang elemen khas desain rumah tradisional Jepang. Pas banget jadi inspirasi rumah modern kamu nanti!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini