7 Tips Diet untuk Ibu Menyusui yang Sehat dan Aman

0
522

Koran.idSudah bukan rahasia lagi jika seorang perempuan setelah melahirkan akan mengalami badan menjadi melar atau berat badan menjadi naik, hal ini bukan hanya terjadi pada badan yang gemuk saja tetapi juga akan mempengaruhi tubuh seorang perempuan dengan tubuh idealnya. Maka dari itu kalau tidak melakukan diet maka akan merasa kurang percaya diri, dan untuk melakukanya ada baiknya untuk melihat dari beberapa tips diet untuk ibu menyusui yang sehat dan aman.

Mengembalikan kondisi bentuk tubuh yang ideal memang harus hati-hati, karena tidak semudah untuk melakukan diet pada saat tidak menyusui. Jika tidak seimbang asupan nutrisi pada tubuh, maka yang terjadi akan mengakibatkan pasokan gizi ASI kurang berkualitas pada si bayi. Nah untuk mengetahui lebih detailnya mengenai tips diet ibu menyusui, yuk langsung saja simak kelanjutanya di bawah ini.

7 Tips Diet untuk Ibu Menyusui yang Sehat dan Aman

Melakukan diet sehat dan aman pada saat menyusui, sebenarnya bukanlah hal yang sangat sulit. Yang terpenting kondisi pada ASI tetap terjaga gizi-nya, karena selain diet penting untuk dicapai juga porsi asupan si bayi tetap terjaga dengan baik. Untuk mengetahui secara detailnya, yuk langsung simak penjelasanya berikut ini :

1. Jadwal Makan Teratur

Pertama tips diet untuk ibu menyusui yang sehat dan aman yakni melaksanakan dengan membuat jadwal makan menjadi teratur, hal ini harus wajib dilakukan dan jangan sampai menunda-nunda asupan ketika makan yang tentunya akan mengganggu gizi dari kualitas ASI. Ketika si bayi tetap menyusui pada bunda, namun tak lupa untuk melaksanakan diet sehat juga.

Perlu diperhatikan oleh bunda pada saat mengkonsumsi makanan, usahakan menu yang dipilih yang memiliki gizi seimbang. Seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Jadi jangan sampai mengkonsumsi makanan yang siap saji meskipun disukainya, ada baiknya mengkonsumsi makanan buatan sendiri dirumah yang menyehatkan.

2. Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Melaksanakan diet pada ibu yang menyusui memang sudah sepantasnya dilakukan, namun hal ini harus diimbangi dengan kebutuhan cairan pada tubuh si ibu. Karena kebutuhan cairan pada si ibu yang menyusui setidaknya membutuhkan 16 gelas air putih dalam sehari, selain air putih ini solusi lain bisa memanfaatkan makanan yang banyak mengandung mineral seperti sayuran segar, dan buah-buahan.

Jika asupan cairan ibu yang menyusui ini tercukupi maka sangat baik untuk gizi si bayi, tak hanya itu saja kondisi metabolisme pada tubuh ibu semakin membaik untuk perkembanganya. Jadi jangan sampai ya ketika ibu meskipun lagi menyusui kondisinya menjadi lemas, karena hal ini disebabkan dehidrasi kekurangan cairan.

3. Istirahat secukupnya

Ibu menyusui tidak hanya memperhatikan dari segi kualitas menu makananya saja, namun juga kondisi fisik yang harus sehat. Agar tubuh pada ibu tidak mudah lemas, kecapekan maka harus sering melakukan pemanasan dengan olahraga baik di pagi hari maupun sore hari. Hal ini untuk membantu badan jika sering bergerak maka akan terjaga dengan baik yang membuat semakin ideal.

Disisi lain mengatur istirahat di waktu yang tepat akan menjauhkan dari adanya hormon kortisol yang membuat ibu mudah stres sehingga menyebabkan berat badan mudah naik, dengan solusi yang tepat ketika tidur di malam hari setidaknya kurang lebih 7 – 8 jam lamanya. Jika rencana ini gagal biasanya si bayi malamnya rewel, ada baiknya untuk ibu tidur lebih cepat di jam yang sudah di buat.

4. Hindari Kandungan Kafein

Biasanya ibu yang suka dengan kebiasaan minuman mengandung kafein dan sejenisnya, ketika menyusui alangkah baiknya untuk di hindari ya? jenis makanan serta minuman yang terkandung kafein maupun kandungan terlarang lainya seperti kopi, soda, teh serta cokelat. Jadi usahakan ya untuk tidak mengkonsumsi sejenis kandungan seperti minuman tadi, selama ibu sedang menyusui si bayi.

Untuk kandungan sejenis kafein yang sama dilarangnya ketika ibu sedang dalam proses menyusui seperti alkohol, alasanya kandungan yang tertera di dalamnya akan mudah menghambat pada hormon oksitosin dimana akibatnya produksi ASI akan mengalami gangguan atau kualitasnya tidak baik, hambatan lainya pada kandungan alkohol ini dapat menyebabkan si bayi sulit untuk menerima ASI karena baunya yang kurang sedap pada bayi.

5. Olahraga Ringan

Ibu menyusui juga wajib melakukan olahraga, baik di waktu pagi hari maupun di sore hari. Hal ini untuk mendapatkan otot yang normal kembali, selama waktu melahirkan akibat mengendur.  Dengan berolahraga kondisi ibu juga menjadi bugar, sekaligus dengan adanya sinar cahaya yang menyinari memberikan tubuh menjadi fit.

Karena biasanya ibu yang habis melahirkan kebanyakan posisinya berada di dalam rumah, maka dari itu dalam beberapa hari perlu untuk melakukan gerakan kecil di luar rumah agar mendapatkan angin segar sekaligus ibu badanya tidak mudah lemas.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi jenis makanan sehat dengan porsi yang normal tidak terlalu sedikit namun juga tidak banyak akan memberikan tubuh pada ibu menyusui menjadi ideal, dengan melakukan diet sehat seperti ini memang pada dasarnya mudah ya bu? Yang terpenting jangan sampai telat dalam waktu makan, hal itu tidak akan berdampak baik bagi diet yang tepat.

Menu makanan yang jenisnya baik serta sehat seperti  beras merah, buah-buahan, daging segar, kacang-kacangan, susu bebas lemak, ikan salmon segar, roti gandum, sayur-mayur dan sereal. Menu yang sudah kalian perhatikan harus sebanding ya dengan cara pengolahanya jika biasanya suka di goreng maka saat ini gantilah dengan cara merebusnya.

7. Konsultasi Kepada Ahlinya

Pada saat setelah menyusui pasti si ibu secepat mungkin untuk melakukan diet sehat dan aman, solusi yang tepat bisa ibu konsultasi kepada ahlinya dokter kesehatan gizi selama proses sesudah melahirkan. Hal ini agar langkah diet menjadi mulus dan tidak berbahaya selama menjalani penurunan berat badan, jadi selama konsultasi ini bisa dilakukan selama seminggu sekali atau juga sekali dalam sebulan tergantung pada porsi yang diinginkanya menjadi ideal.

Nah, itulah tadi beberapa 7 Tips Diet untuk Ibu Menyusui yang Sehat dan Aman. Jadi yang terpenting si ibu selalu bersemangat ya ketika melahirkan dan biasanya dalam pasca pemulihanya selama kurang lebih 8 bulan lamanya.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini