Wajib Tahu! Ini 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Menyusui

0
268

Koran.id – Seorang ibu menyusui sudah sepatutnya untuk memperhatikan setiap asupan makanan yang akan dikonsumsi. Pastikan jenis makanan tersebut memiliki nilai kandungan nutrisi yang baik dan sehat. Hal ini dikarenakan setiap makanan yang dikonsumsi ibu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi. Apalagi bayi yang masih dalam masa pemberian ASI eksklusif. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui dikarenakan dampak negatif yang bisa ditimbulkannya.

Dampak negatif yang bisa dialami oleh bayi ketika ibu mengonsumsi makanan yang salah seperti, munculnya ruam, alergi, sering rewel dan lain sebagainya. Adapun jenis-jenis makanan terlarang bagi ibu menyusui tersebut, bisa disimak di bawah ini.

Jenis-jenis Makanan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu menyusui juga akan berpengaruh terhadap bayinya. Perlu berhati-hati dalam memilih jenis makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Alih-alih ingin tubuh sehat, tetapi justru membuat kesehatan bayi terganggu. Berikut jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui, di antaranya:

1. Buah Jeruk

Makanan yang Harus Dihindari Oleh Ibu

Jeruk merupakan salah satu jenis buah segar yang kaya kandungan vitamin C dan memiliki sifat antioksidan yang cukup baik dalam melindungi tubuh. Selain itu, ibu menyusui yang mengonsumsi buah jeruk akan membuat energinya meningkat. Tetapi ternyata, ada efek negatif yang bisa ditimbulkan jika ibu menyusui sering mengonsumsi buah jeruk. Efek samping tersebut yakni bisa membuat sistem pencernaan bayi terganggu. Hal ini tidak lain karena kandungan asam cukup tinggi di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, ibu menyusui yang mengonsumsi buah jeruk secara berlebihan akan memberikan dampak bayi rewel dan juga mengalami ruam popok. Meski begitu, ibu menyusui tetap harus mendapatkan asupan vitamin C yang banyak. Alternatifnya adalah dengan mengonsumsi jenis buah kaya vitamin C lainnya seperti, jambu merah, pepaya, mangga dan lain sebagainya.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas sudah sangat familiar dengan lidah orang Indonesia, di mana sensasi pedas yang diberikan membuat makan lebih lahap serta menggoyang lidah. Saat masa menyusui, sebaiknya hindari dulu jenis makanan pedas apalagi bersantan. Makanan pedas yang dikonsumsi tidak hanya berdampak negatif terhadap bayi, melainkan juga terhadap tubuh ibu sendiri.

Rasa pedas dari sebuah hidangan akan memicu terganggunya saluran pencernaan si bayi. Selain itu, jika saluran pencernaan ibu cukup sensitif terhadap makanan pedas, hal ini tentu akan membuat perutnya terasa mulas bahkan sakit. Mengonsumsi makanan pedas juga akan mempengaruhi rasa dari ASI, yakni ASI juga terasa pedas.

3. Brokoli

Jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui berikutnya adalah brokoli. Brokoli memang termasuk salah satu jenis sayuran yang punya kandungan nutrisi cukup tinggi. Di dalamnya terdapat kandungan antioksidan tinggi yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi sayangnya, brokoli ternyata punya dampak negatif terhadap bayi.

Ibu menyusui yang mengonsumsi brokoli bahkan dalam jumlah yang banyak akan membuat perut bayi mulas dan kembung. Hal ini dikarenakan efek gas yang ditimbulkan oleh brokoli atau kembang kol tersebut. Sebaiknya minimalkan mengonsumsi brokoli atau menghindarinya juga lebih baik. Konsumsi saja jenis sayuran lain yang juga kaya akan nutrisi bagi bagi tubuh ibu dan bayi seperti, wortel, bayam dan lain sebagainya.

4. Bawang Putih

Bawang putih sering digunakan sebagai bumbu rempah untuk sebuah masakan. Penggunaan bawang putih di dalam sebuah masakan akan membuat cita rasanya semakin menggoda dan makan pun lebih berselera. Hanya saja, hal sebaliknya sering dialami oleh seorang bayi.

Ibu yang terlalu banyak memasukkan bawang putih pada hidangannya, membuat ASI juga memiliki aroma menyengat bawang putih. Aroma bawang putih yang menyengat dari ASI tersebut biasanya kurang disukai oleh bayi. Dalam merespon hal tersebut, bayi biasanya sering rewel dan enggan untuk menyusu.

5. Gandum

Jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui berikutnya adalah gandum. Gandum menjadi pantangan ibu menyusui apabila setelah mengonsumsi gandum tersebut, bayi sering rewel bahkan tinja yang dikeluarkan terdapat darah. Jika hal ini dialami oleh bayi, kemungkinan besar bayi memiliki alergi terhadap gandum. Sebaiknya segera bawa bayi ke dokter agar bisa mendapatkan penangan yang tepat.

Dibalik itu semua, gandum sebenarnya memiliki kandungan asam folat dan juga serta cukup tinggi. Di mana kedua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh agar kesehatan dan pertumbuhan terjaga dengan baik.

6. Telur

Telur termasuk sumber protein alami yang mampu mencukupi kebutuhan protein harian tubuh. Selain itu, pada kuning telur terdapat kandungan vitamin D yang cukup tinggi, di mana vitamin D tersebut sangat dibutuhkan bayi untuk membantu pertumbuhan tulang dan membuatnya lebih kuat.

Tetapi sayangnya, tidak jarang bayi mengalami alergi terhadap telur yang kaya manfaat tersebut. Tanda-tanda bayi alergi terhadap telur adalah perutnya terasa kembung dan sering rewel. Sebaiknya hindari mengonsumsi telur jika hal ini dialami oleh bayi.

7. Makanan Pemicu Alergi

Semua jenis makanan yang bisa memicu alergi sebaiknya jangan dulu dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ini berlaku untuk seorang ibu atau ayah yang memang punya alergi terhadap suatu makanan serta minuman. Karena biasanya alergi yang dialami ayah atau ibu juga akan diturunkan terhadap anaknya.

Ketika mengonsumsi makanan pemicu alergi, bayi yang juga mengalami alergi akan mengalami berbagai gejala seperti munculnya ruam, gatal-gatal, dan lain sebagainya. Jika hal ini dialami oleh bayi, sebaiknya hentikan atau hindari mengonsumsi jenis makanan yang menjadi penyebab alergi tersebut. Periksakan bayi ke dokter jika gejala alergi yang dialaminya tidak kunjung menghilang.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui. Perlu lebih berhati-hati lagi seorang ibu yang sedang menyusui dalam memilih jenis makanan serta minuman yang akan dikonsumsi. Karena bisa saja hal tersebut berdampak serius terhadap kesehatan bayi. Selain makanan, ada pula beberapa jenis minuman yang harus dihindari oleh ibu menyusui seperti minuman bersoda, minuman berkafein, susu sapi (jika bayi alergi), dan lain sebagainya. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini