7 Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

0
149

Koran.id – Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan cairan sehingga bisa menyebabkan berbagai gejala seperti, lemas, pusing, kurang bersemangat dan lain sebagainya. Meskipun tampak sepele, bahaya dehidrasi bagi kesehatan akan semakin parah jika tidak ditangani dengan segera. Bahkan beberapa kasus dehidrasi kronis sampai menyebabkan kematian bagi seseorang.

Mengingat bahaya yang ditimbulkan cukup parah tersebut, sudah seharusnya kita menjaga cairan tubuh agar selalu terpenuhi. Cara paling gampangnya adalah dengan banyak minum air putih dan juga jenis makanan yang kaya akan cairan. Adapun bahaya dehidrasi bagi tubuh selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

7 Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan Tubuh

Umumnya dehidrasi akan langsung sembuh ketika seseorang sudah meminum air yang banyak. Tetapi, ada pula kondisi dehidrasi kronis yang bisa berlangsung sangat lama dengan keadaan yang cukup memprihatinkan. Ketika sudah seperti ini, akan ada banyak bahaya dehidrasi bagi kesehatan yang bisa dialami penderita. Bahaya dehidrasi terhadap tubuh tersebut, di antaranya:

1. buh Lemas dan Teras Sangat Lelah

Bahaya dehidrasi bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah bisa menyebabkan tubuh lemas dan mudah merasa lelah. Kondisi ini bahkan bisa juga terjadi ketika seseorang tidak melakukan aktivitas berat sekalipun.

Saat tubuh kekurangan cairan, hal ini akan memberikan dampak terhadap otot yang lebih mudah kram, menurunnya tekanan darah, hingga mempercepat detak jantung sehingga memicu rasa lelah dan lemas. Segera cukupi cairan tubuh dengan minum air putih agar kondisi tubuh kembali bugar.

2. Berdampak pada Kesehatan Ginjal

Selain membuat tubuh mudah lelah, kekurangan cairan juga bisa berdampak terhadap kesehatan ginjal. Kondisi dehidrasi yang parah dan terjadi secara terus-menerus akan membuat organ ginjal menjadi rusak. Hal ini dikarenakan saat tubuh kekurangan cairan, maka akan membuat darah lebih mengental yang akhirnya memaksa ginjal bekerja lebih keras.

Selain itu, kekurangan cairan juga berdampak terhadap tenakanan darah yang menurun sehingga juga menurunkan aliran darah ke ginjal dan organ vital lainnya. Jika dibiarkan terus-menerus maka hal ini akan semakin memperburuk kondisi ginjal.

3. Memicu Infeksi Saluran Kemih

Bahaya dehidrasi bagi kesehatan tubuh yang juga harus diwaspadai adalah Infeksi Saluran Kemih atau yang sering disingkat ISK. ISK ini sendiri termasuk infeksi ringan yang umumnya bukan menjadi kondisi yang serius. Tetapi, jika infeksi ini tidak segera ditangani maka akan menjalar ke organ ginjal. Jika sudah seperti ini maka akan menjadi kondisi medis yang semakin serius.

Infeksi Saluran Kemih atau ISK juga cukup menyakitkan bagi penderitanya. Karena itulah, jika tidak ingin kondisi ini kamu alami, sebaiknya cukupi kebutuhan cairan tubuh harian dengan memperbanyak minum air putih dan juga jenis makanan kaya air.

4. Menyebabkan Pusing dan Pusing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tubuh yang mengalami kekurangan cairan akan memberikan dampak menurunnya tekanan darah. Tekanan darah yang turun drastis akan menyebabkan seseorang mengalami pusing. Bahkan lebih parahnya lagi, dehidrasi yang cukup serius akan menyebabkan pingsan.

Tekanan darah yang menurun juga akan menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak. Kondisi seperti ini akan memicu sakita kepala dan migrain. Agar tidak semakin parah, sebaiknya penuhi cairan tubuh dengan meminum air putih 8 gelas per hari agar kebutuhan cairan harian bisa tercukupi.

5. Memicu Kejang

Bahaya dehidrasi bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah bisa memicu tubuh mengalami kejang atau bahkan kehilangan kesadaran. Tubuh yang kekurangan cairan akan berdampak terhadap tidak seimbangnya elektrolit di dalam tubuh. Elektrolit yang tidak seimbang akan menyebabkan kontraksi otot tak sadar.

6. Sulit untuk Berkonsentrasi

Saat tubuh mengalami kekurangan cairan maka juga akan berdampak pada sistem kerja otak. Cairan tubuh yang tidak tercukupi mengakibatkan otak lebih lambat dalam merespon sesuatu, sehingga membuatnya sulit untuk konsentrasi.

Jika ingin membuktikannya, cobalah untuk langsung pergi ke kantor tanpa minum air sama sekali. Konsentrasimu pasti akan mudah pecah sehingga akan sulit untuk berkonsentrasi dengan baik. Lebih disarankan lagi ketika bangun tidur, langsung teguk segelas air putih agar cairan tubuh yang terkuras selama tidur bisa dipenuhi kembali.

7. Membuat Kulit Menjadi Kering

Dan bahaya dehidrasi bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah berdampak terhadap kesehatan kulit. Tubuh yang kekurangan cairan akan menghilangkan kelembapan kulit sehingga membuatnya sangat kering dan pecah-pecah. Kondisi ini bisa memicu penyusutan drastis pada sel-sel kulit dan menjadi penyebab kondisi kulit tersebut.

Kulit yang kering dan kusam pastinya akan membuat penampilan seseorang menjadi kurang maksimal. Apalagi bagi kamu para wanita yang sangat memperhatikan penampilan, kondisi ini pasti menjadi petaka yang paling menakutkan.

Itulah tadi beberapa bahaya dehidrasi bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu waspadai. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini