7 Manfaat Tidak Terduga Minyak Alpukat yang Harus Kamu Tahu

0
389
Manfaat Tidak Terduga Minyak Alpukat

Koran.id – Kalian pasti sudah sangat familiar dengan salah satu jenis buah kaya manfaat satu ini. Ya, alpukat tidak hanya punya rasa yang enak tapi juga punya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain dikonsumsi secara langsung, alpukat juga bisa diekstraksi untuk diambil minyaknya. Manfaat tidak terduga minyak alpukat mungkin masih jarang orang yang tahu. Minyak alpukat biasa digunakan untuk berbagai hal, sama halnya dengan minyak zaitun.

Minyak alpukat juga menjadi salah satu jenis minyak essensial yang paling banyak dicari. Ini karena manfaat yang diberikannya cukup banyak dan efektif untuk perawatan kulit. Adapun manfaat minyak alpukat untuk kesehatan dan kecantikan kulit selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Manfaat Tidak Terduga Minyak Alpukat yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Minyak Alpukat untuk Kulit

1. Sebagai pencegah dan penyembuh jerawat

Salah satu manfaat tidak terduga minyak alpukat yakni mampu mengatasi sekaligus mencegah jerawat membandel di wajah. Penggunaan minyak alpukat secara rutin akan membuat kulit tetap lembab tanpa kesan berminyak. Kulit wajah akan terhidrasi dengan baik dan mengurangi risiko munculnya jerawat.

Minyak alpukat juga punya kandungan antiradang, yang mana senyawa ini memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan kemerahan akibat jerawat. Untuk memanfaatkan minyak alpukat sebagai pencegah dan penghilang jerawat, kamu bisa mengoleskannya pada wajah secara menyeluruh. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat setelahnya. Lakukan secara rutin agar wajah terhindar dari jerawat yang membandel.

2. Menghaluskan dan mencerahkan wajah

Manfaat tidak terduga minyak alpukat lainnya adalah mampu membuat kulit terasa lebih halus dan cerah merona. Tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah, namun juga untuk kulit seluruh tubuh. Minyak alpukat ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang ingin tampil pede dengan kulit yang halus dan cerah bersinar.

Tidak susah untuk memanfaatkan minyak alpukat dalam menghaluskan dan mencerahkan kulit. Kamu cukup mengoleskan minyak alpukat pada kulit, lalu gosok-gosok secara perlahan agar kulit lebih halus dan cerah. Kotoran dan juga sel kulit mati yang ada di kulit akan terangkat dengan mudah sehingga membuatnya menjadi lebih bersih dan cerah.

3. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Munculnya garis halus atau kerutan di wajah merupakan hal yang paling dibenci oleh banyak wanita. Efek seperti ini merupakan tanda-tanda penuaan yang harus kamu tangani dengan cepat dan tepat. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan minyak alpukat sebagai perawatannya. Diklaim sangat ampuh mengatasi tanda-tanda penuaan dikarenakan minyak alpukat punya kandungan sterolin. Sterolin ini sendiri merupakan steroid alami yang memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen. Seperti yang kita tahu, kolagen punya peranan yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Selain kandungan sterolin, minyak alpukat juga punya kandungan lesitin yang sangat tinggi. Lesitin ini sendiri berperan sebagai pengantar nutrisi langsung ke aliran darah dan lapisan kulit terdalam. Gunakan minyak alpukat sebagai perawatan kulit wajah agar wajah terhindar dari penuaan.

4. Sebagai pencegah kanker

Selain bermanfaat untuk kulit, minyak alpukat ternyata juga berkhasiat sebagai pencegah kanker. Bagaimana bisa? Ya, ini karena minyak alpukat punya kandungan antioksidan aktif membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Karena penggunaannya yang sering diaplikasikan pada permukaan kulit, maka minyak alpukat bisa mencegah kanker kulit.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan juga minyak alpukat bisa mencegah jenis kanker lainnya. Mengaplikasikan minyak alpukat ke seluruh permukaan kulit tidak hanya mencegah kanker, juga akan membuat kulit bersih, halus dan terhidrasi dengan baik.

5. Menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh

Kolesterol tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling banyak dialami oleh masyarakat kita. Salah satu penyebab terbesarnya adalah jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Jika tidak dikontrol, kolesterol tinggi bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain dan ini sangat berbahaya tentunya.

Jika tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri kamu, cobalah untuk lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Selain itu, manfaatkan juga minyak alpukat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil. Kamu bisa mencampurkan minyak kelapa ke makanan yang ingin dikonsumsi. Minyak alpukat punya peranan untuk menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Dengan begitu, kadar kolesterol akan tetap terkontrol dengan baik.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat tidak terduga minyak alpukat lainnya adalah mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Ini karena di dalam minyak alpukat terdapat kandungan asam lemak esensial dan asam oleat yang mampu mempercepat sintesis kolagen dalam membantu penutupan luka.

Selain itu, minyak alpukat juga memiliki sifat antiradang yang juga bisa membantu selama proses penyembuhan luka. Dengan begitu, luka terbuka bisa lebih cepat sembuh secara alami.

7. Sebagai perawatan kulit kepala

Selama ini kita mungkin hanya tahu minyak kelapa saja yang bermanfaat sebagai perawatan kulit kepala. Ternyata, minyak alpukat juga punya khasiat yang sama dengan minyak kelapa yakni menjaga kesehatan kulit kepala. Minyak alpukat ini sendiri memiliki kemampuan mencegah ketombe, kulit kepala kering hingga bersisik. Tidak hanya itu saja, minyak alpukat juga berperan sebagai pelembab rambut alami yang ampuh.

Untuk memanfaatkan minyak alpukat untuk perawatan kulit kepala dan rambut sangat mudah. Kamu tinggal mengoleskan minyak alpukat mulai dari ujung hingga akar rambut, kemudian tutup dengan menggunakan handuk hangat. Penggunaan handuk hangat bertujuan agar minyak lebih meresap ke dalam kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air biasa.

Itulah tadi beberapa manfaat tidak terduga minyak alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini