Jenis Makanan Pencegah Penuaan Dini Paling Efektif

0
611
Jenis Makanan Pencegah Penuaan Dini

Koran.id – Penuaan dini merupakan kondisi yang paling ditakuti oleh banyak orang, khususnya wanita. Penuaan dini hanya akan membuat penampilan seorang wanita menjadi tidak cantik lagi. Meskipun seiring bertambahnya usia, semua pasti akan mengalami yang namanya penuaan. Karena dianggap mengganggu penampilan, beberapa wanita biasanya melakukan banyak hal untuk mengatasinya. Tetapi, sebelum semua itu terjadi kamu bisa loh melakukan pencegahan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Ada beberapa jenis makanan pencegah penuaan dini paling efektif yang sebaiknya kamu konsumsi secara rutin.

Beberapa jenis makanan ini memiliki kemampuan untuk melawan penuaan dini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya. Khasiat anti-aging yang dikandungan akan mampu membuat kulit lebih sehat dan menunda penuaan dini.

Jenis Makanan Pencegah Penuaan Dini yang Efektif Wajib Dikonsumsi

1. Alpukat

Jenis Makanan Pencegah Penuaan Dini

Jenis makanan pencegah penuan dini yang paling efektif pertama adalah buah alpukat. Buah alpukat menjadi salah satu buah penunda penuaan dini dikarenakan kandungan Vitamin E yang ada di dalamnya. Vitamin E ini sendiri berkhasiat untuk membantu merangsang produksi kolagen. Seperti yang kita tahu, kolagen sendiri berperan penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat, kenyal, cerah dan juga terhindar dari keriput.

Selain kandungan tersebut, alpukat ternyata juga punya kandungan kalium serta lemak jenuh tak tunggal. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan juga mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Buah Berry

Selain alpukat, buah berry juga menjadi salah satu buah yang paling efektif mencegah penuaan dini pada kulit. Di dalam buah berry ini sendiri terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan baik dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas ini sendiri biasanya menyerang lewat polusi, sinar matahari atau dari bahan kimia berbahaya.

Tidak hanya itu saja, buah berry juga punya kandungan vitamin dan nutrisi cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut berperan penting untuk mencegah kerusakan sel pada tubuh. Konsumsi buah berry secara rutin agar masalah penuaan dini tidak pernah menghampirimu.

3. Delima Merah

Satu lagi jenis buah pencegah penuaan dini yang wajib untuk dikonsumsi yakni delima merah. Mengkonsumsi buah delima merah diklaim akan membantu kamu mencegah timbulnya garis halus atau keriput di area wajah. Ini karena di dalam buah delima terdapat kandungan Polifenol yang berperan penting untuk melawan radikal bebas.

Selain itu, ada pula kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana vitamin ini mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Dan juga ada senyawa Pulicanagin yang mana berperan penting dalam membantu tubuh menyimpan kolagen serta membuat jaringan kulit tetap sehat terjaga.

4. Kacang-kacangan

Jenis makanan pencegah penuaan dini yang efektif selanjutnya adalah kacang-kacangan. Mulai dari kacang tanah, kacang almond hingga kacang mete, semua jenis tersebut berkhasiat baik untuk mencegah munculnya penuaan dini di kulit.

Manfaat tersebut didapat dari kandungan serat, protein dan juga Omega 3 cukup tinggi yang ada di dalam kacang. Mengkonsumi kacang-kacangan secara rutin akan membuat fungsi otak tetap terjaga dan juga terhindar dari serangan radikal bebas. Jika kamu lebih suka nyemil cemilan asin, sebaiknya mulai sekarang ganti dengan cemilan kacang-kacangan agar lebih sehat.

5. Ikan

Ikan juga menjadi salah satu rekomendasi jenis makanan pencegah penuaan dini yang baik dan efektif. Beberapa jenis ikan yang berhabitat di suhu dingin seperti ikan salmon dan juga ikan sarden memiliki kandungan asam lemak Omega 3 yang cukup tinggi. Mengonsumsi ikan jenis ini akan membantu memperkuat membran-membran sel yang ada di kulit. Dengan begitu, kulit akan senantiasa lembut dan lembab serta terhindar dari yang namanya penuaan dini.

Mulai sekarang jangan sampai kamu melewatkan untuk mengonsumsi jenis ikan ini agar penampilanmu tetap cantik terjaga meskipun sudah bertambahnya usia.

Baca Juga: 5 Jenis Masker Anti Penuaan Kulit Pilihan Banyak Wanita

6. Yogurt

Yogurt sering dimanfaatkan para wanita untuk perawatan kecantikan maupun sebagai sarana diet. Di dalam yogurt ini sendiri terdapat kandungan kalium serta nutrisi lain yang cukup kaya. Berbagai kandungan tersebut berperan penting menjaga kesehatan tubuh agar tetap segar bugar meski di usia tua.

Kandungan bakteri baik yang ada di dalam yogurt akan mampu menjaga sistem pencernaan dan juga sistem imun tubuh. Dengan begitu risiko terjadinya penuaan dini akan lebih ditekan dengan baik.

7. Cokelat

Banyak yang bilang mengkonsumsi cokelat akan mampu merubah mood seseorang menjadi lebih bahagia. Ketika seseorang selalu bahagia dalam menjalani hidupnya, yang demikian pastinya akan membuat ia lebih awet muda.

Tidak hanya itu saja, di dalam cokelat terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, kandungan antioksidan ini mampu membuat kita terhindar dari yang namanya penuaan dini. Namun yang perlu kamu ingat, jenis cokelat yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah dark cokelat atau cokelat pahit.

Itulah tadi beberapa jenis makanan pencegah penuaan dini paling efektif yang disarankan untuk dikonsumsi. Konsumsi beberapa jenis makanan di atas secara rutin agar kamu tetap tampil cantik sempurna meskipun sudah bertambahnya usia.

Artikel SebelumnyaTips Agar Suami Istri Tetap Mesra Meski Berjauhan Saat Puasa
Artikel SelanjutnyaGak Usah Takut Batal, Ini Dia Tips Liburan Saat Puasa yang Harus Kamu Tahu
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini