Mau Tanggal Tua! Ini Tips Makan Siang Irit Tapi Tetap Nikmat

0
709

Koran.idMau tanggal tua? Pastinya kamu harus serba irit nih termasuk dalam hal makan, belum lagi di waktu makan siang hari setelah beristirahat bekerja setidaknya kamu harus membawa bekal sendiri, karena untuk membeli makanan di luar saja harus menahan terlebih dahulu. Membawa bekal dari rumah memang solusi tepat untuk tidak membuat kantong terkuras, dan kamu juga bisa melakukan ini tips makan siang irit tapi tetap nikmat.

Sebenarnya ada banyak cara yang dilakukan untuk kamu buat di rumah menu makanan, selain membuatnya simpel dan mudah untuk masalah rasa nikmat pastinya tak kalah dari menu olahan makanan yang dibeli diluaran. Buat kalian yang penasaran nih, yuk langsung saja mari bersama-sama intip tentang tips dibawah ini :

Ini Tips Makan Siang Irit Tapi Tetap Nikmat

1. Makanan Tumis Tempe Saus Tiram

Tumis Tempe Saus Tiram
mymilk.com

Pertama agar makan siang kamu tetap irit tapi tetap nikmat, bawalah bekal dari rumah dengan memasak tumis tempe saus tiram, menu satu ini memang mudah sekali untuk dibuat. Apalagi saat memasaknya pun tidak butuh waktu yang lama, hanya saja menunggu berselang beberapa menit untuk mematangkannya.

Bahan yang diperlukan ketika memasak makanan tumis tempe saus tiram, seperti jenis bawang-bawangan merah dan putih, merica, garam, kecap dan tambahan saus tiram sebagai penyedap makanan. Selera rasa tergantung lidah yang akan menikmatinya jika ingin makanan lebih pedas, tambahilah cabai secukupnya sesuai keinginan.

2. Memasak Lauk Tempe Bacem

Tempe Bacem
masakapahariini.com

Berikutnya, jika kalian ingin membawa bekal di tanggal tua maka siapkan menu seperti tempe bacem, masakan satu ini memang kerap kali di olah untuk bekal baik itu ketika di bawa ke kantor maupun sedang liburan. Pasalnya gorengan tempe ini merupakan salah satu alternatif paling simple, namun rasanya tetap nikmat.

Di samping itu menu tempe bacem juga ketahanannya terbilang lama, tak mudah bau ketika di bawa kemana-mana. Meski bahan dasar hanya dari tempe namun asupan proteinnya tinggi, sehingga sangat baik untuk kamu yang sedang sibuk beraktivitas di sepanjang hari selama di kantor. Karena ketahuilah protein yang ada pada tempe, dapat menambahkan energi untuk tubuh.

3. Masakan Tempe Mendoan

Tempe Mendoan
beritagar.id

Tak banyak berbeda dengan tempe bacem tadi, hanya saja tempe mendoan ini jenis gorengan yang cara masaknya hanya setengah matang atau teksturnya tidak renyah namun lembek. Tempe medoan sangat nikmat untuk sajian di siang hari apalagi tempe mendoan dimakan dengan tambahan kecap sambal maupun cabe rawit.

Selagi tanggal tua menu ini menjadi solusi paling efektif, tak banyak membeli bahan membuatnya hanya dibutuhkan seperti tempe, tepung beras dan kecap manis. Sajian tempe mendoan bisa dinikmati dengan nasi maupun langsung di makan, meski menu makanan ini dari tempe namun dapat membuat kenyang perut dan bekerja menjadi lebih fokus kembali.

4. Masakan Tempe Kering Kecap

blog.nuhun.online

Menu masakan satu ini begitu nikmat jika disajikan dengan tambahan nasi putih, tempeh yang diolah dengan kecap manis plus cabai hijau selanjutnya di goreng sampai benar-benar matang. Ketika mencium aroma masakan ini pasti kamu sudah lapar, begitu menyengat sekali bau bumbunya yang pasti gurih dan nikmat.

Agar makanan ini tetap bertahan lama ketika di bungkus untuk di jadikan bekal, ada baiknya kamu membukannya terlebih dahulu pada wadah bekal tadi. Agar nantinya masakan tempe kering kecap yang masih panas tidak cepat bau ketika di bawa ke kantor, cukup kamu bawa nasi saja selagi masakan yang dibuat ini bisa dijadikan lauk plus esengan.

5. Janganan Lodeh

Janganan Lodeh
idntimes.com

Bekal makanan di siang hari ketika dikantor paling nikmat dengan janganan lodeh, meski di akhir bulan atau katakan tanggal tua kamu akan tetap enjoy dengan rasa lezatnya menu lodeh ini. adapun janganan lodeh ini dibuat biasanya dari ketewel atau nangka muda, tempe, irisan terong dan masih banyak lagi isian lainnya.

Nikmatnya janganan lodeh ini terbuat dari campuran isian sayuran, ditambah santan dan sekaligus bumbu olahan lodeh. Nikmatnya makanan ini jika dimakan dengan nasi jagung, di tambah lauk seperti gorengan tempe, kerupuk maupun ikan asin. Harga lauk tersebut tentunya murah, namun kenikmatannya tak kalah dari makanan di luar lainnya.

6. Sayuran Sop Bening

Sayuran Sop Bening
food.detik.com

Sama halnya dengan janganan lodeh tadi, hanya saja sayuran sob bening ini kuahnya putih dan rasannya nikmat menyegarkan. Cara masaknya pun simple tinggal memotong isian sayurannya seperti buncis, gubis, wortel dan kentang. Biasannya isian ini tersedia di tempat jualan depan rumah atau bisa dibilang penjual sayuran atau mlijo.

Mengingat sayuran bening ini dikatakan banyak kuahnya, otomatis kamu membawa wadah yang khusus untuk air atau tempat janganan seperti plastik bening. Nikmatnya sayuran sop bening paling lezat biasannya dimakan dengan kerupuk atau tempe goreng, meski modalnya menu makanan ini tidak terlalu banyak namun proteinnya untuk tubuh sangat baik.

7. Kuliner Ketoprak

Kuliner Ketoprak
wajibbaca.com

Buat kalian yang bosan masakan buatan sendiri ada kalanya ingin membeli makanan diluar, maka pilihlah kuliner yang mengenyangkan namun tetap nikmat dan murah. Kuliner tersebut adalah ketoprak, sekilas kuliner satu ini hampir mirip dengan tahu campur yang sama menyediakan ketupat sebagai pelengkapnya.

Kuliner ketupat dikatakan sebagai jajanan yang di jual dengan menggunakan kereta dorong atau gerobak kaki lima, nikmatnya ketoprak tak lepas dari bumbu olahanya yang khas dengan sentuhan kacang dan kecap manis. Nikmatnya sajian satu ini biasannya dikonsumsi dengan tambahan kerupuk plus bawang goreng.

Nah, itu tadi tentang Tips Makan Siang Irit Tapi Tetap Nikmat. Jadi kalian bisa melihat referensi mengenai menu makanan di atas yang tak banyak menguras kantong, selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini