Tips Cerdas Mengelola Uang THR Agar Lebih Bermanfaat

0
279
Tips Cerdas Mengelola Uang THR

Koran.idPada bulan Ramadan yang penuh dengan keberkahan ini merupakan momen yang dinanti oleh banyak pekerja, karena salah satunya yang ditunggu-tunggu yakni uang THR atau disebut juga Tunjangan Hari Raya. Uang THR memang di cairkan pada setiap tahunya ketika sebelum lebaran, namun ada satu hal yang bisa kamu perhatikan untuk mengelola uang THR ini. ada beberapa tips cerdas mengelola uang THR agar lebih bermanfaat untuk kamu ketahui, supaya uang tunjangan hari raya kamu tidak cepat habis.

Dengan adanya uang THR sebagai tambahan pendapatan di hari raya lebaran memang sungguh ironis sekali jika keliru dalam menggunakanya, karena di hari raya kamu akan menghadapi pengeluara-oengeluaran yang pasti untuk liburan hari raya. Maka jangan sampai uang THR yang sudah ada di tangan habis tak bermanfaat, bagaimana dengan kamu apakah sudah mengelolanya dengan cerdas?

Tips Cerdas Mengelola Uang THR Agar Lebih Bermanfaat

Agar uang THR kamu benar-benar bermanfaat, maka kamu harus mengetahui tips cerdas mengelola uang THR. Faktor penting yang utama untuk bisa membagi pengeluaran uang THR, kamu harus merencanakan terlebih dahulu pada anggaran yang dibuat, prioritaskan faktor tersebut dengan menggunakan presentase agar kamu sukses saat mengelolanya. Kalian juga bisa sebelum adanya pengeluaran terjadi pada uang THR, alangkah baiknya untuk menyisihkan agar uang THR tidak semuanya habis. Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari yuk simak berikut dibawah ini.

1. Kebutuhan Dana Lebaran

Pada hari raya lebaran kebutuhanya sangat banyak sekali, tetapi kamu harus cerdas dalam setiap mengelola pengeluaran uangnya. Gunakanlah uang THR secukupnya tanpa kamu ambil semua uang tersebut ketika akan belanja baju baru, kue lebaran dan minuman. Hal ini bertujuan agar ketika sedang belanja, kamu beli barangnya sesuai anggaran yang sudah ditentukan. Jadi dengan adanya rekapan yang sudah direncanakan dengan baik, kamu pasti tidak tertarik lagi membeli barang yang tidak ada anggaranya.

Untuk membelanjakan kebutuhan pokok lebaran usahakan kamu jangan sungkan-sungkan mencari barang yang berdiskon, selain itu kamu bisa membandingkan harga barang yang ingin dibeli di tempat toko lain hal ini agar kamu mendapatkan harga paling murah dengan kualitas yang sama.

2. Dana Bagi-bagi THR

Secara umum kamu sudah berhak untuk saling berbagi rejeki ke sesama, tak lain kewajiban itu bisa kamu gunakan dengan mengeluarkan zakat, dan menyiapkan dana untuk THR saudara-saudara dirumah. Dengan menggunakan tips cerdas usahakan kamu untuk merekap terlebih dahulu nama-nama ponakan yang akan di bagikan uang lebaran dan sesuaikan jiga beserta besarnya nominal.

Sedangkan untuk kamu yang sedang menggunakan jasa- jasa mereka di dalam kesibukan seperti pembantu rumah, sopir, dan sebagainya, kamu harus merekap sesuai kewajiban yang di dapatkanya. Jadi pengelolaan yang cerdas seperti, maka uang THR yang kamu miliki akan aman dan lebih bermanfaat.

3. Dana Mudik Lebaran

Selama lebaran hari raya mudik sudah menjadi rutinitas ketika berada di luar kota, hal ini otomatis akan membutuhkan biaya untuk membeli tiket selama perjalanan, atau kamu juga bisa sebelumnya merencakan mudik tersebut pada jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket. Biasanya dengan adanya tiket yang habis, bisa saja nanti tiket tambahan berikutnya menjadi lebih mahal. dan untuk menghindarinya kamu bisa beli tiket melalui online terlebih dahulu.

Kamu juga bisa juga loh memanfaatkan momen mudik gratis yang biasanya digelar pada saat hari raya lebaran, dengan diadakanya mudik tanpa membayar sepeser uang pun kamu bisa menghemat pengeluaran uang THR.

4. Dana Simpanan

Uang THR merupakan pendapatan tambahan yang beda dari perolehan setiap bulanya, dengan adanya pemasukan yang dikatakan tambahan ini bisa kamu manfaatkan baik untuk menaruh atau cadangan sebagai dana simpanan. Hal ini selagi dijadikan sebagai tabungan, juga bisa dipergunakan sebagai dana kebutuhan mendadak.

Biasakan mengelola dana tambahan ini kamu gunakan untuk kebutuhan yang tidak direncanakan, jangan sampai hal ini berbanding terbalik seperti dana THR sebagai kebutuhan utama maka dari sinilah bisa jadi dana terencana kamu akan mudah keluar juga. hal penting lagi untuk kalian ketahui mengenai anggaran THR yang bisa kamu rekap untuk keperluan, jika tidak mencukupi maka ambilah dana THR simpanan sebagai tambahnya.

5. Pengeluaran Wajib

Mengelola uang THR tidak semudah menggunakan uang gaji bulanan, karena disisi lain uang THR ini sebagai pendapatan atau bonus di akhir tahun jadi biasanya kalau ada pendapatan tambahan maka pengeluaran kebanyakan akan bertambah. untuk hal ini tidak terjadi kamu bisa menyisihkan antara uang bulanan dengan pendapatan tambahan ini untuk keperluan yang berbeda, begitu pula sebaliknya.

Nah untuk pendapatan atau gaji rutin kamu bisa digunakan untuk keperluaan biasanya, sedangkan untuk pendapatan tambahan uang THR kamu bisa gunakan misalnya tagihan kredit kalau punya tanggungan, pinjaman uang dan lain sebagainya.

Nah itulah tadi mengenai Tips Cerdas Mengelola Uang THR Agar Lebih Bermanfaat, semoga setelah kamu melihat dari beberapa tips di atas bisa menggunakan uang THR sebaik-baiknya dan menjadi berkah.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini