Anti Stress! Begini Cara Meningkatkan Hormon Bahagia Tubuh Secara Alami

0
596
cara meningkatkan hormon bahagia tubuh secara alami
cara meningkatkan hormon bahagia tubuh secara alami

Koran.idBerbicara tentang hormon memang mempengaruhi tingkat emosi yang ada di dalam tubuh, hal itu karena kondisi mental sedang menurun akibat kurang terkontrolnya. Di samping itu jika hormon di dalam tubuh terus menerus buruk, maka yang terjadi akan membuat kamu murung dan sedih. Bagaimana solusinya? Begini cara meningkatkan hormon bahagia tubuh secara alami.

Hormon pada tubuh manusia juga memiliki jenis hormon yang membuat bahagia seseorang, hal ini terbukti mendapatkan peran sangat penting untuk tingkat bahagia setiap orang. Adapun hormon tersebut diantarannya seperti dopamin, oksitosin, progresteron, estrogen dan serotonin. Agar kalian bisa diliputi oleh hormon bahagia di atas, ada baiknya untuk melakukan dengan cara alami berikut di bawah ini :

Begini Cara Meningkatkan Hormon Bahagia Tubuh Secara Alami

cara meningkatkan hormon bahagia

1. Olahraga Rutin

Yang pertama, cara meningkatkan hormon bahagia tubuh secara alami dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin, baik melakukannya di waktu pagi hari maupun sore hari selama kamu berada dirumah. Untuk membantu olahraga ini semakin maksimal dan manfaatnya terpenuhi, mak setidaknya lakukan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Jadi usahakan rutinnya waktu olahragamu sesuai dengan waktu yang ditentukan ya?

Melakukan olahraga secara rutin begitu nyata, adapun beberapa manfaat seperti menjauhkan pikiran negatif, bahkan suasana hati kamu menjadi tenang dan membuat istirahat lebih sempurna. Selain itu olahraga juga dapat memberikan energi di dalam tubuh, ketika kondisi tubuh ini fit maka akan bermanfaat terhadap kondisi hati yang bahagia.

2. Melakukan Meditas dan Senam Yoga

Berikutnya agar hormon di dalam tubuh meningkat maka lakukanlah cara meditasi maupun senam yoga, tips satu ini merupakan yang paling ampuh untuk mendapatkan dan sekaligus meningkatkan hormon bahagia. Latihan meditasi begitu besar dampaknya, jika itu dilakukan selama kurang lebih 10 menit maka tubuh akan menjadi lebih nyaman dan bahagia.

Pengaruh adanya hormon bahagia ketika sedang melakukan meditasi dan senam yoga akan membangkitkan hormon hipotalamus karena adanya pelepasan endorfin asal mula dari kelenjar pituitari. Dari adanya hormon bahagia yang terus meningkat tadi, maka akan berfungsi juga menenangkan pikiran menjadi rileks.

3. Pengaruh Sinar Matahari

Salah satu cara meningkatkan hormon bahagia yang paling mudah dilakukan di kehidupan sehari-hari adalah menjemur diri dengan cahaya matahari. Pengaruh hormon baik ini ketika terjadi sentuhan sinar matahari pada tubuh, maka kadar yang ada di dalam tubuh bernama serotonin akan meningkat secara sempurna.

Menikmati cahaya matahari yang paling baik ketika di pagi hari, kalian bisa melakukan gerakan kecil seperti berjalan kaki atau menjemur diri di teras depan rumah. Maksimalkan cahaya matahari ini sebelum menjelang siang yang pastinya akan menyengat dan membuat energi kamu terkuras, lakukan di waktu pagi kurang lebih selama 15 menit saja maka mood kamu akan jauh lebih baik.

4. Makanan Mengandung Vitamin B

Jika kamu tak ingin ditakuti perasaan stres pada pikiran yang seharian penuh melakukan aktivitas di kantor, kamu bisa memanfaatkan asupan makanan yang banyak mengandung vitamin B. Seiring dari kondisi tubuh kamu yang lemah dan banyak hilang soal konsentrasi, berarti kamu wajib membutuhkan asupan vitamin B.

Vitamin B yang mengandung unsur hormon bahagia akan meningkatkan produksi pada serotonin, dopamin serta norepinefrin, ada jenis makanan yang bisa kalian konsumsi di kesehariannya meliputi sayuran hijau, brokoli, bayam, beras merah, dan makanan sejenis ubi. Meski tidak dilakukan setiap hari, namun kamu bisa mengkonsumsinya di hari yang berbeda.

5. Mencoba Hal Baru

Meningkatkan hormon bahagia tak hanya dilakukan dengan memanjakan tubuh maupun mengkonsumsi makanan bervitamin, cara alami yang bisa kamu coba yakni menjalani keseharian dengan hal baru. Maksud melakukan kegiatan baru disini, melaksanakan yang biasannya belum pernah kamu coba. Kamu bisa bersantai sembari pergi menonton hiburan musik, atau beraktivitas dengan hoby yang sebelumnya jarang dijalani.

Dari mencoba pengalaman baru seperti itu maka tubuh kamu akan memperoleh hormon oksitosin yang meningkat, dimana manfaatnya seperti memudahkan kamu untuk berkonsentrasi, dan bahkan perasaan lebih senang anti stres. Cara ini memang sudah banyak di manfaatkan oleh setiap orang ketika dirinya sedang terpuruk perasaannya, untuk meluapkannya agar lupa pada buruknya kondisi maka menghibur diri pada pengalaman baru.

6. Rileksasi atau Pijatan Tubuh

Biasannya ketika badan ini terasa capek maka yang di dapatkan akan lesuh, letih, lemas dan kurang gairah untuk mengerjakan aktivitas. Solusi terbaik yang bisa kamu putuskan yaitu rileksasi dengan meminta bantuan pijatan pada tubuh yang pegal, dengan memijat tubuh maka otot akan menjadi rileks kembali dan tidak tegang hal tersebut dapat melancarkan peredaran darah.

Selain itu tubuh yang dipijat tadi dengan sentuhan lembutnya akan mempengaruhi produksi hormon oksitosin lebih meningkat, ada baiknya pijatan tersebut dilakukan bersama pasanganmu yang tentu sudah berumah tangga ya? manfaat tersebut begitu besar bagi kedua pasangan, selain memanjakan diri kepadanya juga suasana menjadi semakin harmonis.

7. Bermain Handphone

Di era sekarang ini tentu saja HP bukan hanya menjadi alat untuk berkomunikasi saja, namun juga bermanfaat terhadap diri seseorang untuk mengetahui dunia maya lebih jauh dengan melihat pemandangan, mendengarkan musik bahkan juga bisa stalking sosmed seseorang.

Kesenangan secara personal itu akan sangat baik untuk dapat meningkatkan kadar hormon menjadi bahagia, secara yang dilakukan dalam aktivitas sehari ini akan lebih memudahkan kamu ketika kondisi hormon di bawah performa atau sedang sedih.

Nah, itulah tadi mngenai Cara Meningkatkan Hormon Bahagia Tubuh Secara Alami. Jadikan diri kamu yang lebih berkualitas ya? yang selalu bahagia sepanjang hari dan semoga referensi yang singkat ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini