10 Oleh-oleh Khas Solo yang Wajib Dibawa Pulang

0
1975

Koran.id – Solo juga menjadi salah satu daerah di Indonesia yang cukup populer dijadikan tujuan wisata menarik. Di sana terdapat berbagai jenis wisata unik yang memang wajib untuk dikunjungi. Selain tempat wisata, berkunjung ke Solo kurang lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Ada banyak sekali jenis oleh-oleh khas Solo yang bisa kamu beli untuk nantinya di bawa pula.

Tidak perlu mahal, yang terpenting adalah oleh-oleh tersebut cukup berkesan dan menggambarkan Solo secara umum. Jika masih bingung mencari oleh-oleh khas Solo yang paling pas untuk di bawa pulang, berikut ini saya sudah memilihkan beberapa rekomendasinya untuk kalian semua. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

10 Oleh-oleh Khas Solo yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh-oleh khas Solo yang bisa kamu bawang pulang ada banyak sekali jenisnya, baik itu berupa barang kerajinan hingga makanan atau cemilan. Harga banderolnya juga tidak terlalu mahal, sehingga kamu bisa membelinya dalam jumlah yang banyak sekaligus. Adapun jenis oleh-oleh khas Kota Solo tersebut, di antaranya:

1. Roti Kecik Solo

Roti Kecik Solo
resepnusantara.id

Pilihan oleh-oleh khas Solo paling pas dibawa pulang yang pertama adalah Roti Kecik Solo. Roti Kecik Solo ini sendiri memiliki bentuk yang cukup unik dan merupakan roti favorit Raja Sinuhun Pakubuwono X pada waktu dulu. Diberi nama kecik dikarenakan bentuk dari roti ini yang mirip kecik atau isi dari buah sawo. Kecik sendiri berarti isi buah sawo dalam Bahasa Jawa.

Selain bentuknya yang unik, Roti Kecik Solo juga punya rasa yang nikmat dan membuat siapa saja ketagihan saat pertama kali mencobanya. Berbeda dengan roti pada umumnya, Roti Kecik Solo ini dibuat dari bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan bahan lainnya. Bedanya dengan jaman dulu, Roti Kecik Solo masih diolah dengan menggunakan alat-alat sederhana yang tentunya cukup rumit.

2. Serbat Jahe Solo

Serbat Jahe Solo
instagram.com/luthfiahandayani

Selanjutnya ada juga Serbat Jahe Solo yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Serbat Jahe Solo bukanlah sebutan untuk jenis makanan, melainkan sebuah minuman khas yang cuma bisa ditemukan di Solo. Yang membuat Serbat Jahe Solo unik adalah pada segi penyajiannya, di mana masih dengan bentuk ukuran tablet.

Sesuai dengan namanya, Serbat Jahe Solo terbuat dari bahan dasar jahe yang dicampur dengan bahan rempah lain sehingga membuat rasanya semakin bervariasi. Serbat Jahe Solo bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di Solo, pastinya dengan banderol harga yang murah. Paling pas Serbat Jahe Solo ini diminum saat pagi hari dan malam hari ketika musim hujan atau saat cuaca dingin.

3. Klengkam Solo

Klengkam Solo
instagram.com/dodolanesuci

Serbat Jahe Solo bisa dibilang cukup sulit ditemukan di kota-kota lain di Indonesia, kecuali di Solo. Kamu bisa menemukan Serbat Jahe Solo ini diberbagai toko atau pusat oleh-oleh di sana. Serbat Jahe Solo sendiri bisa kamu santap saat bersantai sebagai cemilan atau bisa juga dijadikan sebagai teman makan nasi dan lauk.

Jenis makanan satu ini dibuat dari bahan utama kentang yang digoreng yang kemudian dicampur dengan bumbu rempah khusus sehingga membuat cita rasanya menjadi nikmat serta gurih. Tidak hanya itu, cemilan ini juga sangat disukai oleh semua kalangan baik itu anak-anak, remaja hingga dewasa. Jadi, wajib rasanya berburu Serbat Jahe Solo untuk oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Solo.

4. Intip Solo

Intip Solo
instagram.com/solothok

Intip sejatinya merupakan cemilan favorit masyarakat pedesaan di jaman dulu. Namun, sekarang Intip tersebut sudah semakin populer dan disukai bahkan masyarakat kota sekalipun. Intip bisa ditemukan diberbagai daerah di Indonesia, termasuk juga di Solo. Kamu bisa menemukan Intip Solo tersebut di berbagai toko atau pusat oleh-oleh di sana.

Intip ini sendiri merupakan kerak nasi yang dijemur hingga kering lalu digoreng hingga teksturnya mengeras dan renyah. Sebagai penambah cita rasanya, intip tersebut akan dicampur dengan gula merah atau garam. Selain bisa dijadikan cemilan saat santai, intip biasanya juga sering dijadikan teman makan bakso, soto, dan juga mie ayam. Perlu kamu tahu, dalam pembuatan intip ini tidak menggunakan bahan MSG. Meski begitu, cita rasanya tetap enak dan gurih.

5. Sambal Kering Solo

Sambal Kering Solo
makananoleholeh.com

Bagi kamu pecinta makanan pedas, Sambal Kering Solo wajib untuk kamu buru dan dijadikan sebagai oleh-oleh. Sambal Kering khas Solo ini tentunya berbeda dengan sambal pada umumnya. Sambal Kering ini dibuat dari campuran bahan khusus yang menghasilkan cita rasa mantap dan nikmat. Paling pas disantap bersama cemilan atau juga sebagai teman makan nasi.

Sambal Kering Solo ini terdiri dari berbagai jenis dengan bahan utama yang berbeda-beda, mulai dari Sambal Kering Ikan Asin, Sambal Kering Pindang Tongkol, Sambal Bawang Kering, Sambal Kering Terasi Rebon, Sambal Kering Udah, Sambal Kering Ayam Suwir, Sambal Kering Oncom, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Kue Mandarijn Solo

Kue Mandarijn Solo
instagram.com/rmnusaindah

Oleh-oleh khas Solo yang wajib untuk dibawa pulang berikutnya adalah Kue Mandarijn atau Roti Mandarijn. Kue Mandarijn Solo ini sendiri merupakan salah satu jenis roti legendaris yang sudah ada sejak tahun 1930 silam. Kue Mandarijn bukanlah roti pada umumnya, di mana cita rasa Kue Mandarijn sangat enak dan bikin ketagihan.

Kue Mandarijn juga memiliki 3 varian yang bisa kamu pilih sesuai keinginan, yakni Kue Mandarijn Orion Biasa, Kue Mandarijn Orion Kismis dan Kue Mandarijn Orion Spesial. Tekstur rotinya tersebut sangat empuk dengan rasa khas yang membuat siapa saja ingin mencobanya lagi dan lagi. Menariknya lagi, Kue Mandarijn bisa bertahan hingga 1 minggu lamanya.

7. Rambak Petis Solo

Rambak Petis Solo
instagram.com/elveramolle

Tidak jauh dengan cemilan rambak lainnya, Rambak Petis Solo juga dibuat dari bahan dasar kulit sapi atau kerbau. Meski terbuat dari kulit sapi, cita rasa dari Rambak Petis Solo ini cukup renyah dan enak, cocok untuk semua lidah. Untuk cara pembuatannya sendiri juga berbeda dengan kerupuk rambak pada umumnya, sehingga rasa yang dihasilkan juga berbeda.

Pertama-tama kulit sapi atau kerbau dipotong-potong kemudian dijemur hingga benar-benar kering. Setelah itu, potongan kulit sapi atau kerbau yang sudah kering tersebut diberi bumbu terlebih dahulu sebelum nantinya digoreng, yakni dengan cara direndam. Selanjutnya digoreng dengan minyak panas hingga menjadi kerupuk. Disantap bersama petis, membuat rasa dari Rambak tersebut semakin enak dan gurih.

8. Karak Khas Solo

Karak Khas Solo
instagram.com/snc.solo

Satu lagi jenis kerupuk khas Solo yang juga paling pas untuk dijadikan oleh-oleh yakni Karak. Karak merupakan sejenis kerupuk yang dibuat dari bahan dasar nasi. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya sangat disukai oleh banyak orang. Selain bisa dijadikan cemilan saat santai, Karak juga umumnya disantap bersama nasi sebagai lauk tambahan.

Dalam pembuatannya, nasi terlebih dahulu diberi bumbu khusus seperti bawang putih dan juga garam secukupnya. Nasi yang sudah diberi bumbu nantinya ditumbuk halus lalu dibantuk tipis-tipis, kemudian dijemur hingga kering. Kalau sudah kering, Karak siap untuk digoreng dan disantap.

9. Emping Mlinjo Khas Solo

Emping Mlinjo Khas Solo
instagram.com/elenseptianti

Pilihan oleh-oleh khas Kota Solo paling favorit berikutnya adalah Emping Mlinjo. Emping Mlinjo ini sendiri memang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah. Namun, untuk Emping Mlinjo khas Solo punya rasa yang berbeda dengan emping mlinjo pada umumnya.

Emping Mlinjo khas Solo ini sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko serta pusat oleh-oleh di Solo. Harganya juga tidak terlalu mahal, kamu bisa membelinya dengan jumlah yang banyak namun tetap bisa hemat. 

10. Ampyang Khas Solo

Ampyang Khas Solo
instagram.com/dhanisatyadharma

Oleh-oleh khas Solo yang terakhir wajib kamu bawa pulang adalah Ampyang. Ampyang merupakan salah satu cemilan manis yang terbuat dari bahan dasar kacang, gula merah dan juga sedikit jahe. Saat dimakan, Ampyang akan memberikan rasa yang legit serta agak hangat dikarenakan penggunaan jahe sebagai campurannya.

Paling pas Ampyang dinikmati saat santai bersama secangkir kopi atau teh panas. Ampyang ini sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di toko oleh-oleh di Solo, pastinya dengan harga cukup terjangkau.

Itulah tadi beberapa pilihan oleh-oleh khas Solo yang wajib kamu bawa pulang jika berkunjung ke sana. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini