10 Jenis Oleh-oleh Khas Bantul yang Paling Terkenal

0
1432
Jenis Oleh-oleh Khas Bantul
pbs.twimg.com

Koran.id – Berencana pergi liburan ke Bantul dalam waktu dekat ini? Jika iya, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas kota tersebut saat akan pulang nanti. Berbicara soal oleh-oleh, ada banyak sekali jenis oleh-oleh khas Bantul yang bisa kalian bawa pulang. Baik itu dalam bentuk kuliner khas, souvenir atau yang lain sebagainya. Yang pasti tidaklah sulit mencari oleh-oleh dari Bantul yang cocok untuk dibawa pulang. Kamu tinggal mengunjungi berbagai toko atau pusat oleh-oleh yang ada di kota tersebut.

Selain itu, hampir semua oleh-oleh yang bisa ditemukan di Bantul dibanderol dengan harga yang bisa dibilang lumayan murah. Dengan begitu kamu bisa membeli oleh-oleh dalam jumlah yang banyak agar bisa dibagikan ke sanak saudara atau tetangga di tempat tinggal. Adapun rekomendasi oleh-oleh khas Kota Bantul yang bisa kamu bawa pulang selengkapnya, bisa disimak di bawah ini.

10 Jenis Oleh-oleh Khas Bantul yang Paling Terkenal

1. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk
https://www.instagram.com/jogjascrummy/

Jenis oleh-oleh khas Bantul yang pertama wajib untuk dibawa pulang adalah peyek tumpuk. Sebenarnya peyek tumpuk tidak berbeda dengan cemilan peyek pada umumnya. Hanya saja bentuk dari peyek tumpuk ini yang membuatnya berbeda dan unik. Kalau peyek pada umumnya memiliki bentuk pipih dan tipis, peyek tumpuk lebih terlihat tebal dan nyaris berbentuk bulat tak beraturan.

Isiannya menggunakan kacang, di mana kacangnya tersebut bertumpuk-tumpuk. Karena inilah akhirnya peyek kha Bantul ini diberi nama peyek tumpuk. Untuk soal rasa sangat gurih dan nikmat. Selain bisa dijadikan cemilan, bisa juga dijadikan teman makan bersama nasi serta lauk pauk lainnya.

2. Kue Adrem

Kue Adrem
instagram.com/dapursatu

Jika kamu mencari oleh-oleh khas Bantul yang punya cita rasa yang manis legit, kue adrem paling pas untuk kamu beli dan bawa pulang. Kue adrem punya bentuk yang unik, yang mana masyarakat sekitar sering menamainya dengan Tholpit atau yang memiliki kepanjangan K*nt*l Kejepit. Namanya memang sedikit jorok, tetapi inilah nama yang familiar di Bantul.

Kue Adrem sendiri terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan gula jawa merah sebagai pencipta rasa manisnya. Kue Adrem sangat pas disantap saat pagi atau sore hari dengan ditemani segelas teh hangat atau kopi pahit panas. Harganya lumayan murah, jadi tidak akan membuat kantong jebol meski membelinya dalam jumlah banyak.

3. Kue Geplak

instagram.com/jogjascrummy

Geplak menjadi salah satu kue tradisional khas Jogja yang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Tidak heran kue yang punya cita rasa manis ini sering diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Berbentuk bulat kecil-kecil dengan warna cantik, serta memiliki rasa manis dan bikin nagih.

Kue geplak ini sendiri dibuat dari campuran tepung, kelapa parut, dan gula serta diberi pewarna agar tampilannya semakin unik dan menarik. Kue geplak sendiri bisa kamu temukan dengan mudah diberbagai toko pusat oleh-oleh di Jogja, khususnya di Bantul. Harganya juga lumayan murah, jadi kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak tanpa takut dompet terkuras banyak.

4. Bakpia Pathuk

Bakpia Patuk
instagram.com/chefeddry

Berkunjung ke Jogja atau lebih tepatnya Bantul kurang lengkap rasanya kalau tidak membawa oleh-oleh bakpia. Bakpia merupakan cemilan enak khas Jogja yang paling diburu oleh para pelancong. Cita rasanya yang manis dan tersedia untuk banyak varian rasa, membuat banyak orang menyukai cemilan manis satu ini.

Dulunya bakpia hanya tersedia dengan isian kacang hijau, tetapi sekarang ini sudah cukup beragam. Mulai dari varian dengan rasa cokelat, red velvet, keju, durian dan masih banyak lagi yang lainnya. Bakpia pathuk sangat mudah dijumpai di berbagai toko pusat oleh-oleh di Jogja khususnya.

5. Gudeg

Gudeg
instagram.com/warung_mbak_sop

Gudeg merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang paling populer, bahkan menjadi incaran favorit para wisatawan yang berkunjung ke sana. Bukan hanya wisatawan lokal saja, bahkan juga wisatawan dari luar negeri banyak yang menyukainya.

Selain tersedia dalam wadah tradisional, gudeg sekarang ini juga tersedia dalam bentuk kalengan. Wadahnya yang lebih praktis membuatnya mudah untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk soal rasa tidak berbeda jauh dengan gudeg dengan wadah besek atau kendil. Gudeg kalengan diklaim lebih tahan lama dibandingkan dengan gudeg wadah tradisional tersebut.

6. Yangko

Yangko
instagram.com/dapoersikoko

Apa kamu salah seorang yang suka banget nyemil moci? Saat berkunjung ke Jogja khususnya Bantul kamu akan menemukan jenis cemilan unik mirip moci ini. Namanya yangko yang merupakan makanan tradisional khas Jogja. Yangko memiliki cita rasa yang enak dengan tampilan warna-warni yang sangat unik.

Yangko dibuat dari bahan utama tepung ketan dan di bagian luarnya dibaluri dengan tepung biasa. Tekstur dari yangko sendiri memang mirip seperti moci, yakni lembek dan kenyal. Yangko sangat pas dijadikan cemilan saat santai bersama keluarga.

7. Gatot Bantul

Gatot Bantul
outingjogja.com

Gatot merupakan cemilan ringan yang terbuat dari singkong dan biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Yang unik dari gatot adalah singkong yang digunakan diolah terlebih dahulu dengan cara dikupas kemudin dikeringkat selama beberapa hari.

Tekstur dari gatot sendiri agak kenyal dan bikin siapa saja ketagihan saat pertama kali mencobanya. Gatot bisa dijumpai di hampir semua pulau Jawa, namun gatot asli Bantul ini punya cita rasa yang berbeda pastinya. Gatot Bantul juga sangat pas unuk kamu jadikan oleh-oleh.

8. Krecek

Krecek
instagram.com/stasiuntuguyogyakarta

Bagi kamu yang suka dengan kuliner gudeg, pasti juga tidak asing dengan kuliner satu ini. Sambal krecek umumnya memang dihidangkan bersama gudeg sehigga membuat cita rasanya menjadi lebih nikmat saat disantap. Karena itulah, jika kamu membeli oleh-oleh gudeg untuk dibawa pulang, jangan lupa untuk melengkapinya dengan krecek ini.

Sambal krecek sendiri memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, rasanya menjadi lebih nikmat saat dicampur dengan rasa manis dari gudeg. Tidak heran banyak orang yang suka dengan kuliner khas Jogja satu ini.

9. Batik Khas Jogja

Batik Khas Jogja
instagram.com/tjokrosuharto

Jenis oleh-oleh khas Bantul yang wajib untuk kamu bawa pulang selanjutnya adalah batik. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tidak membeli oleh-oleh baju batik khas di sana. Baju batik khas Jogja ini bisa kamu temukan di berbagai pusat perbelanjaan yang ada di sana, di pasar misalnya yang mana selain kainnya bagus juga dibanderol dengan harga lumayan murah.

Tidak hanya dalam bentuk baju, batik jogja biasanya juga dijadikan bentuk lainnya seperti tas, daster, dan lain sebagainya.

10. Bakpia Kukus

Bakpia Kukus
instagram.com/bakpiatugujogja/

Berbeda dengan bakpia pathuk, kue unik yang ikonik satu ini punya tekstur yang lebih lembut serta dengan cita rasa manis dan enak. Bakpia kukus ini sendiri bisa dibilang masih baru, namun namanya sudah sangat terkenal dan menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

Itulah tadi beberapa jenis oleh-oleh khas Bantul yang wajib untuk dibeli dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Siap untuk liburan ke Bantul?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini