10 Tempat Wisata di Bantul yang Wajib Dikunjungi

0
81
Tempat Wisata di Bantul yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Bantul yang Wajib Dikunjungi

Koran.idMerencanakan akhir pekan indah bersama keluarga maupun pasangan, paling rekomendasi salah satunya di Bantul. Karena ketahuilah Bantul yang berada di Jogjakarta ini merupakan daerah sejuta kenangan, dimana banyak sekali obyek wisata yang menyuguhkan keindahan alam, namun sebelum liburan ada baiknya anda mengetahui lebih dulu tempat wisata di Bantul yang wajib dikunjungi.

Kabupaten Bantul yang letaknya berada di Povinsi Yogyakarta ini tepatnya sebelah Selatan dari kota Yogyakarta, memang sudah banyak di jadikan pilihan oleh para wisatawan ketika liburan. Pasalnya daerahnya yang sangat strategis sehingga Bantul memiliki aneka ragam destinasi wisata unggulan, baik itu wisata pantai, wisata bukit dan lain sebagainnya. Nah, buat anda yang masih penasaran mengenai wisata di Bantul yang selalu menjadi pilihan para wisatawan. Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :

10 Tempat Wisata di Bantul yang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Puncak Becici

Wisata Puncak Becici
Instagram.com/lingkarjogjakarta

Pertama, obyek wisata unggulan di daerah Bantul yang saat ini sedang hits adalah puncak becici. View andalan puncak becici ini berada di atas bukitnya, dimana pemandangan alamnya yang indah dan eksotis. Bila anda ingin datang ke tempat ini alangkah baiknya di sore hari, pasalnya anda akan di sapa oleh senja yang indah.

Di samping itu aktifitas yang bisa dilakukan di saat berada puncak becici, pengunjung bisa duduk santai di gazebo untuk istirahat sejenak. Selanjutnya pengunjung bisa mengabadikan dengan memanfaatkan latar belakang yang mempesona, agar liburan anda seru di tempat ini maka ajaklah semua kerabat atau sanak saudaramu. Letak puncak becici sendiri berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo.

2. Wisata Bukit Lintang Sewu Mangunan

Wisata Bukit Lintang Sewu Mangunan
Wisata Bukit Lintang Sewu Mangunan

Berikutnya, obyek wisata di Bantul yang harus anda datangi yaitu bukit lintang sewu. Nama ini di ambil dari Lintang artinya bintang sedangkan Sewu yang artinya seribu. Jika di pahami sebuah nama tersebut memiliki arti nama bukit seribu bintang. Menariknya di wisata alam ini pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Joga dari atas, bila ingin melihat hamparan bintang maka datanglah di waktu malam hari.

Lokasi bukit lintang sewu Mangunan ini terletak di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul Yogyakarta. Jadi jika kalian ingin refreshing ke bukit lintang jangan sampai lupa untuk membawa kamera, pasalnya anda yang hobi selfie nanti bisa berkesempatan untuk mengambil latar belakang sunset dan sunrise. Jadi jangan sampai ragu ketempat yang penuh kenangan ini, pastinya anda akan ketagihan.

3. Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Seribu Batu Songgo Langit
Instagram.com/rianamnrng

Salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan nan eksotis dan mempesona, nama songgo langit yang mengartikan penyangga langit ini memang memiliki daya tarik sendiri. Di atas puncak bukit ini terdapat sebuah spot seperti bebatuan alami, rumah kurcaci, dan rumah hobbit.

Selain itu anda juga bisa berkesempatan untuk foto resmi maupun santai disini, karena juga tak heran apabila ada pengunjung yang terkadang untuk foto pre-wedding. Keistimewaan tempat ini memang pas sekali jika dijadikan tempat untuk berkumpulnya keluarga dan lokasinya seribu batu songgo langit ini terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta.

4. Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo
Instagram.com/jogjaimages

Buat anda yang hobi berselancar maka referensi paling tepat yaitu berkunjung ke gumuk Pasir Parangkusumo, lokasinya berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul Yogyakarta. Menariknya wisata satu ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan, karena letaknya yang strategis di kawasan pantai Parangtritis membuat gumuk pasir Parangkusumo selalu ramai dikunjungi.

Gumuk pasir parangkusumo yang memiliki ketinggian kurang lebih 5 sampai 15 meter ini memang cukup populer di kalangan para wisatawan, dan ketika anda di gumuk pasir Parangkusumo seakan-akan berasa seperti di padang pasir Afrika. Jadi kalian meski tak jago banget dengan olahraga sandboarding ini, nantinya bisa mengaambil gambar dengan background hamparan pasir yang lembut dan bersih ini.

5. Wisata Pantai Parangtritis

Wisata Pantai Parangtritis
Instagram.com/jogjaimages

Salah satu wisata pantai terfavorit yang ada di Bantul, yang menawarkan pesona air lautnya yang indah juga memiliki hamparan pasir putih yang lembut sekali. letak pantai Parangtritis ini berada di Jalan Parangtritis km 28, Bantul Yogyakarta.

Menariknya dipantai Parangtritis fasilitasnya begitu memadai, karena pihak pengelola selalu memperhatikan keluhan dari para pengunjung yang datang. Karena kepuasan wisatawan memang diperlukan, selain itu di pantai Prangtritis terdapat wahana berkuda yang trek-nya melewati pasir di bibir pantai.

6. Wisata Hutan Pinus Mangunan

Wisata Hutan Pinus Mangunan
Instagram.com/burtuqoli

Liburan ke tempat yang suasana sejuk memang pas sekali, salah satunya yang ada di Bantul ini yang menyajikan hutan pinus yang sangat mempesona pemandanganya. Di samping itu juga Hutan Pinus mangunan termasuk bagian dari RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan.

Selain terkenal dengan nama hutan pinus Mangunan, ternyata memiliki sebutan lain yakni hutan pinus Imogiri. Lokasinya obyek wisata ini terletak di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta. Buat anda yang instragamabel cocok sekali apabila mengambil latar belakang di pepohonan pinus ini, karena pesona kawasan di hutan pinus ini sangat menakjubkan sekali.

7. Wisata Goa Cemara Beach

Wisata Goa Cemara Beach
Instagram.com/burtuqoli

Pantai Goa Cemara terletak di Jalan Lintas Selatan Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Merupakan obyek wisata terindah di Bantul. Menariknya di area pantai goa cemara terdapat spot andalan berupa pohon cemara yang terbentu seperti goa atau pun sebuah lorong.

Jadi disini pengunjung bisa berkesempatan untuk mengambil foto yang dibelakangnya pohon cemara berbentuk lubang goa. Suasana di pantai satu ini juga begitu pas untuk refreshing, anginnya yang sepoi-sepoi membuat pengunjung betah untuk berlama-lama bersantai di pantai goa cemara, anda juga bisa loh bermain air dan tiduran di pasir putihnya yang bersih di bawah rindangnya pohon cemara.

8. Wisata Pinus Pengger

Wisata Pinus Pengger
Instagram.com/burtuqoli

Buat anda yang suka sekali dengan suasana menenangkan sekaligus hawa sejuknya, maka rekomendasi paling tepat adalah pinus pengger. Meski obyek wisata ini terbilang baru dibandingkan wisata pinus Mangunan dan Becici, namun spot dan pemandangannya tak kalah bagusnya loh.

Spot andalan yang bisa dijadikan foto di pinus pengger terdapat sebuah akar kayu yang dibentuk sedemikian rupa seperti tangan raksasa, adapun juga bentuk segitiga dari akar pohon dimana posisi tengahnya berlubang.nah buat anda yang sudah merencanakan liburan ke pinus pengger, lokasinya berada di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul Yogyakarta.

9. Wisata Kebun Bunga Celosia

Wisata Kebun Bunga Celosia
Instagram.com/altawiguna

Wisata yang lagi populer di Bantul, Yogyakarta adalah kebun bunga Celosia. Obyek wisata ini menyajikan beraneka ragam jenis bunga yang di tanam di kebun, dengan warna yang indah nan mempesona. Selain itu di sini pengunjung bisa mengetahui lebih dekat dengan bunga, sekaligus bisa mengabadikan langsung untuk di upload di instagram.

Lokasinya kebun bunga celosia berada di Dusun Tegalsari, Sanden, Bantul Yogyakarta. Jadi fasilitas di kawasan kebun bunga ini pengunjung tak hanya di sajikan hamparan bunga yang warna warni saja, namun juga pengelola menyediakan fasilitas spot andalan untuk berfoto seperti halnya sepeda mini, tempat duduk yang lucu dan lain sebagainnya.

10. Wisata Pantai Baros

Wisata Pantai Baros
Instagram.com/toobangadoo

Pantai baros kini menjadikan pilihan favorit para wisatawan yang berada di Yogyakarta, menariknya pantai baros ini lokasinya begitu strategis sekali sehingga bisa menyaksikan secara langsung sunset secara jelas, dan pengunjung bisa berkesempatan untuk mengabadikannya untuk di foto sekaligus di posting di sosial media.

Letak pantai Baros berlokasi di Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Bantul Yogyakarta. Jika anda berjalan menyusuri keindahan pantai Baros, maka akan melihat kawasan hutan mangrove yang mempesona. Anda juga bisa langsung untuk mencobanya sekalian memburu spot di dalamnya dengan kealamian hutan mangrove yang indah.

Nah, itulah tadi tentang 10 Tempat Wisata di Bantul yang Wajib Dikunjungi. Bagaimana anda tertariknya? Semoga rekomendasi di atas bermanfaat dan selamat liburan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini