Jenis-jenis Sepatu Roda yang Bagus dan Banyak Dijual di Pasaran

0
77

Koran.id – Apa kamu termasuk salah seorang yang suka bermain sepatu roda? Sepatu roda merupakan salah satu jenis sepatu modern yang mana sering digunakan sebagai sarana rekreasi dan olahraga. Sepatu roda ini sendiri tidak hanya dipakai oleh anak-anak saja, melainkan semua kalangan baik itu balita, remaja hingga dewasa. Berbicara sepatu roda, jenis-jenisnya juga beragam. Jenis-jenis sepatu roda yang bagus dan nyaman dikenakan pasti menjadi incaran banyak orang.

Hanya saja tidak semua orang tahu apa saja jenis-jenis sepatu roda yang nyaman dan bagus tersebut. Tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan untuk kalian apa saja jenis-jenis sepatu roda yang banyak dijual di pasaran sekarang ini. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Jenis-jenis Sepatu Roda yang Bagus dan Banyak Dijual di Pasaran

Secara umum, sepatu roda dibagi menjadi 2 macam yakni sepatu roda roller dan sepatu roda inline. Perbedaan keduanya terletak pada penggunaan roda beserta posisinya. Sepatu roda roller umumnya memiliki 4 roda dan pemosisiannya mirip seperti mobil beroda empat. Sementara untuk sepatu roda inline biasanya menggunakan 3 hingga roda dengan pemosisiannya sejajar berada di tengah sepatu roda.

Macam-Macam Sepatu Roda Roller yang Ada di Pasaran

Sepatu Roda Roller
Sepatu Roda Roller

1. Sepatu Roda Outdoor dan Indoor

Sepatu roda outdoor merupakan jenis sepatu roda yang penggunaannya dikhususkan untuk luar ruangan. Sepatu roda jenis ini biasanya dibekali dengan roda berstruktur lembut dan kuat, bertujuan agar sepatu roda bisa meluncur lebih mulus di berbagai jenis medan. Sepatu jenis ini biasanya disediakan dalam 2 pilihan yakni bot atas tinggi dan bot atas rendah.

Berbeda dengan sepatu roda indoor, di mana penggunaannya khusus di dalam ruangan. Sepatu jenis ini juga memiliki banyak sebutan, yakni sepatu roda artistik, sepatu roda tradisional atau juga sepatu roda rekreasi.

2. Sepatu Roda Speed

Selanjutnya ada jenis sepatu roda speed yang menjadi salah satu jenis sepatu roda paling populer di dunia. Sesuai dengan namanya, sepatu ini mengusung desain khusus yang membuat penggunanya mampu melaju dengan sangat cepat.

Di bagian bawahnya terdapat 4 roda dan bantalan yang fleksibel sehingga membuat penggunanya lebih bebas dalam bergerak. Karena desain dan strukturnya ini membuat sepatu roda speed sangat pas digunakan untuk skating.

3. Sepatu Roda Roller Derby

Jenis sepatu roda yang bagus dan banyak ditemukan di pasaran berikutnya adalah sepatu roda derby. Sepatu roda jenis ini biasanya didesain dengan bot berpotongan rendah serta yang dibuat lebih lekat.

Roda yang dibekalkan juga punya ketahanan yang sangat bagus baik saat jalan lurus maupun tikungan, serta juga punya kemampuan melaju yang lebih cepat. Sesuai dengan namanya, jenis sepatu roda satu ini digunakan untuk kegiatan olahraga Roller Derby.

4. Sepatu Roda Anak

Sesuai dengan namanya, jenis sepatu roda roller satu ini dikhususkan untuk anak-anak saja. Berbeda dengan jenis sepatu roda untuk orang dewasa, sepatu roda untuk anak ini didesain agar tidak terlalu melaju cepat saat dikenakan.

Selain itu, desain dan strukturnya juga dibuat khusus menyesuaikan kenyamanan serta keamanan bagi anak ketika menggunakannya. Dibandingkan dengan sepatu roda dewasa, sepatu roda jenis ini biasanya dibanderol dengan harga lebih murah.

Macam-Macam Sepatu Roda Inline

Sepatu Roda Inline
Sepatu Roda Inline

Jenis sepatu roda inline bisa dibilang lebih beragam dibandingkan dengan sepatu roda roller. Selain itu, jenis inline ini juga cukup banyak diminati karena selain nyaman digunakan juga terbilang tangguh. Adapun macam-macam sepatu roda inline, di antaranya:

1. Sepatu Roda Inline Rekreasi

Sepatu roda inline jenis ini bisa dibilang yang paling banyak diminati oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaha hingga dewasa. Penggunaanya yang mudah membuat pengguna lebih nyaman saat berjalan-jalan keluar atau ke tempat rekreasi. Selain itu, penggunaan yang lama juga membuat penggunanya tetap nyaman.

Sepatu roda inline jenis ini biasanya didesain dengan bot agak tinggi dengan tujuan untuk menunjang kaki dan pergelangan kaki. Bagi pemula mungkin awal-awal akan susah menjaga keseimbangan tubuhnya. Jadi, perlu latihan khusus agar lebih mahir menggunakan sepatu roda jenis ini.

2. Sepatu Roda Inline Racing

Sesuai dengan namanya, sepatu roda inline jenis ini mengusung desain khusus agar bisa melaju dengan sangat cepat. Berbagai elemen sepatu dibuat pas dengan kaki pengguna yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan serta mengurangi hambatan angi supaya bisa melaju cepat.

Sepatu roda jenis ini bisa digunakan untuk outdoor maupun indoor, makanya roda-rodanya bisa dilepas dan ditukar menyesuaikan medan yang akan dilalui.

3. Sepatu Roda Inline Fitness

Sekilas sepatu roda inline fitness hampir sama dengan sepatu roda inline rekreasi. Memang benar, sejatinya sepatu roda jenis ini sama dengan jenis rekreasi, hanya saja kinerjanya yang lebih ditingkatkan.

Perbedaan yang paling mencolok adalah pada bagian desain yang dibuat khusus untuk memberikan kenyamanan dalam hal fitness atau kebugaran. Roda yang dihadirkan berukuran lebih besar serta bagian bantalannya dibuat lebih cepat.

4. Sepatu Roda Inline Urban

Dikenal juga dengan sepatu roda inline street, sepatu roda inline jenis ini merupakan gabungan dari sepatu roda rekreasi dan sepatu roda dengan ketahanan tinggi. Bagian roda dan bantalannya sama seperti sepatu roda rekreasi. Sementara untuk desain botnya dibuat khusus agar memiliki ketahanan kuat saat digunakan untuk melompat, melakukan trik khusus, serta juga bantingan.

Jenis sepatu roda inline satu ini merupakan jenis baru dan sekarang ini eksistensinya sudah semakin populer. Desainnya yang tangguh membuatnya sangat nyaman digunakan saat menyusuri jalanan perkotaan dengan berbagai medan.

5. Sepatu Roda Inline Roller Hockey

Suka bermain olahraga roller hockey? Sepatu roda inline roller hockey ini didesain khusus untuk jenis olahraga tersebut. Dibandingkan dengan jenis sepatu roda inline lainnya, sepatu roda inline roller hockey ini bisa dibilang paling kuat dan kokoh.

Bagian rodanya didesain khusus agar lebih kuat menahan agresifitas pengguna saat bertanding. Sementara untuk bagian botnya biasanya dibuat dari bahan kulit, biasanya juga menggunakan campuran serat karbon dan plastic agar semakin kuat. Dan terakhir untuk bagian frame-nya, biasanya menggunakan material aluminium tingkat pesawat yang dikenal ringan serta kuat.

Itulah tadi jenis-jenis sepatu roda yang bagus dan sering ditemukan di pasaran. Sebelum membeli sepatu roda, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhanmu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini