10 Wisata Air Terjun di Bantul yang Paling Indah

0
940
Wisata Air Terjun di Bantul
bosndeso.com

Koran.id – Salah satu cara untuk melepas penat di pikiran adalah dengan traveling atau liburan. Berkunjung ke tempat wisata alam yang indah dan menenangkan bisa kamu jadikan pilihan, misalnya saja menunjungi wisata air terjun. Jika kebetulan kamu tinggal atau tidak jauh dari Bantul, bisa mencoba berkunjung ke wisata air terjun yang ada di sana. Wisata air terjun di Bantul cukup banyak jumlahnya, dan semua air terjunnya tersebut punya keindahan yang luar biasa.

Selain keindahannya, air terjun di Bantul juga punya keunikan masing-masing dan tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Dengan berkunjung ke wisata air terjun seperti ini, tidak hanya akan membuat bahagia tetapi juga mampu menyingkirkan beban pikiran yang sedang melanda. Adapun rekomendasi wisata air terjun di Kabupaten Bantul paling indah bisa kalian simak di bawah ini.

10 Wisata Air Terjun di Bantul yang Paling Indah

Berwisata ke air terjun selalu tidak mudah untuk bisa mencapainya. Tetapi, rasa lelah di perjalanan akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang disuguhkannya. Selain bersantai, banyak dari pengunjung mengabadikan momen dengan hunting foto di beberapa spot unik yang telah disediakan. Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, di Bantul kamu juga bisa menemukan wisata air terjun unik dengan keindahan menakjubkan, di antaranya:

1. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari
instagram.com/jogjakartaid

Wisata air terjun di Bantul paling populer dan ramai dikunjungi yang pertama adalah Air Terjun Randusari. Air terjun satu ini cukup unik, di mana memiliki 2 sumber air terjun yang berdampingan. Air yang jatuh tampak semakin indah karena harus melewati tebing batu sehingga menciptakan motif tersendiri.

Air terjun Randusari ini sendiri punya ketinggian sekitar 12 hingga 15 meter. Di bawahnya juga terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman mencapai 1 hingga 3 meter. Para pengunjung biasanya memanfaatkan kolamnya ini untuk berenang seru.

Lokasi: air terjun randusariJl. Randusari, Banyuurip, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Air Terjun Kedung Pengilon

Air Terjun Kedung Pengilon
instagram.com/blusukanbantul

Sama seperti air terjun sebelumnya, Air Terjun Kedung Pengilon ini juga punya kolam alami di bawahnya. Kolamnya tersebut punya air yang sangat jernih, bahkan saking jernihnya kamu bisa berkaca di air tersebut. Seru-seruan bareng teman dengan bermain air dan berendam di kolam tersebut adalah aktivitas yang paling disukai pengunjung di wisata air terjun ini.

Air Terjun Kedung Pengilon juga menjadi salah satu wisata hits di Jogja yang sering dikunjungi para muda-mudi di sana. Sementara untuk air terjunnya sendiri memang tidak terlalu tinggi, debit air juga kadang deras dan kadang juga sedikit menyesuaikan musim.

Lokasi: Petung, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo
instagram.com/iwank_markzaid

Berikutnya ada wisata Grojogan Lepo Dlingo yang juga lagi hits di kalangan muda-mudi di Bantul. Grojogan Lepo Dlingo juga punya air yang sangat jernih dengan debitnya agar deras. Di bawahnya juga terdapat kedung atau yang lebih dikenal dengan kolam jernih dengan airnya yang tampak kehijauan.

Di sekeliling air terjun terdapat tumbuhan hijau yang semakin menambah keindahan tempat ini. Beberapa spot foto juga bisa ditemukan di tempat ini, sangat cocok untuk menciptakan hasil jepretan yang dramatis dan kekinian.

Lokasi: Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo
instagram.com/jogjascrummy

Wisata air terjun paling indah di Bantul berikutnya yang juga wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Tuwondo. Air terjun satu ini punya keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lain di Bantul. Di aman airnya melewati bebatuan bertingkat sebelum akhirnya sampai di kolam alami di bagian bawahnya.

Hal seperti ini menciptakan pemandangan unik tersendiri, tidak heran banyak muda-muda yang hunting foto di tempat ini. untuk kolamnya sendiri punya air yang sangat jernih dengan kedalaman sekitar 3 meter.

Lokasi: Lemah Abang, Banyakan 3, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Grojogan Pucung

Grojogan Pucung
instagram.com/rentalmotorjogja

Mencari tempat yang tenang dengan keindahan alam menakjubkan? kalau begitu kamu kunjungi saja wisata air terjun bernama Grojogan Pucung ini. Air Terjun Pucung atau Grojogan Pucung menguguhkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan udaranya yang masih asri.

Air terjunnya sangat jernih dengan debit air cukup deras, serta di bagian bawah terdapat kolam alami yang cocok dijadikan tempat berendam atau bermain air. Di sekeliling air terjun terdapat tumbuhan hijau yang semakin membuat tempat ini tampak sangat indah.

Lokasi: Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Curug Pulosari

Curug Pulosari
instagram.com/jogja.istimewa

Curug Pulosari juga merupakan salah satu wisata air terjun di Bantul yang paling hits dan sering dikunjungi muda-mudi di sana. Pasalnya, air terjun satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Air terjunnya sendiri tidak terlalu tinggi, namun airnya sangat jernih. Airnya sendiri berasal dari sungai yang ada di kawasan perbukitan tidak jauh dari tempat tersebut.

Di bawah air terjun juga terdapat kedung atau kolam alami yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang atau berendam. Lokasinya sendiri berada di tengah kawasan perbukitan, sudah pasti suasana di tempat ini sangat sejuk dan memenangkan.

Lokasi: Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Curug Banyunibo

Curug Banyunibo
instagram.com/pesonaimogiri

Keunikan air terjun di Bantul satu ini sudah terlihat saat pengunjung pertama kali sampai di lokasi tersebut. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Curug Banyunibo punya air yang jernih dan melewati bebatuan bertingkat. Air yang melewati bebatuan ini menciptakan keunikan tersendiri yang pastinya jarang ditemukan di tempat lain.

Beberapa spot unik bisa kamu temukan di tempat ini, pastinya paling pas untuk dijadikan tempat hunting foto unik dan kekinian. Wisata satu ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore.

Lokasi: Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Air Terjun Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu
instagram.com/pesonaimogiri

Wisata air terjun di Bantul yang paling indah berikutnya wajib untuk dikunjungi adalah Air Terjun Seribu Batu. Masyarkat di sana juga sering menyebut air terjun ini dengan nama Curug Cengkehan atau Curug Seribu Batu. Diberi nama seribu batu mungkin karena di lokasi ini yang memang terdapat banyak sekali bebatuan.

Air terjunnay tersebut melewati bebatuan tersebut, membuatnya tampak indah. Para pengunjung biasanya datang ke tempat ini untuk sekedar bersantai atau hunting foto di beberapa spot yang ada di lokasi tersebut.

Lokasi: Cengkehan, Wukirsari, Kec. Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Air Terjun Kedung Tolok

Air Terjun Kedung Tolok
instagram.com/ayodolan

Wisata air terjun berikutnya ini sering disebut juga dengan nama Grojokan Kedung Tolok. Berada di kawasan wisata alam yang dikelola oleh warga dusun siluk, sekarang air terjun ini menjadi salah satu yang cukup populer di Bantul.

Airnya sangat jernih, tidak heran karena air tersebut sumbernya berasal dari kawasan Goa Cerme. Di bawah air terjun terdapat sebuah kedung atau kolam dengan airnya yang sangat jernih, paling pas untuk dijadikan tempat berendam sambil bersantai menikmat keindahan alam yang disuguhkan di lokasi tersebut.

Lokasi: Kampung Godean, Dusun Siluk, Desa Selopamioro, Kecamtan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

10. Air Terjun Parangendog

Air Terjun Parangendog
instagram.com/jogjakartaid

Dan rekomendasi wisata air terjun paling indah di Bantul yang terakhir adalah Air Terjun Parangendog. Masyarakat di sana juga sering menyebut air terjun satu ini dengan nama Air Terjun Dadakan. Diberi nama Air Terjun Dadakan mungkin karena air terjun ini yang hanya ada saat musim hujan.

Saat kemarau airnya sangat kecil atau bahkan tidak mengalir sama sekali. Berbeda saat memasuki musim penghujan, di mana debit airnya sangat deras dan menjadi salah satu pilihan wisata paling unik. Air terjun satu ini lokasinya masih berada di kawasan Pantai Parangtritis, di mana airnya tersebut memang jatuhnya sangat dekat dengan pantai. Pemandangan alam di lokasi ini juga sangat menkjubkan, membuatmu betah berlama-lama di tempat ini.

Lokasi: Sebelah Timur Pantai Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Itulah tadi beberapa rekomendasi wisata air terjun di Bantul yang paling indah dan wajib untuk dikunjungi. Jika kebetulan kamu berada di Bantul, jangan lupa untuk mampir di beberapa air terjun indah tersebut ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini