Cara Membuat Blog dengan Tumblr yang Mudah [Update Terbaru 2019]

0
312
Cara Membuat Blog dengan Tumblr yang Mudah [Update Terbaru 2019]

Koran.id – Ketika kamu menemukan cara membuat blog dengan Tumblr, pastinya hal pertama yang terlintas dalam pikiranmu adalah memang cara tersebut masih work untuk dilakukan saat ini? Tak perlu khawatir, sekarang kamu sudah bisa kok membuat blog dengan Tumblr, dijamin 100 work!

Ya, seperti yang kita tahu bersama bahwa di tahun 2018 kemarin, Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informasi) memang sempat blokir situs Tumblr. Tentu saja yang demikian tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, Tumblr dinyatakan memiliki cukup banyak konten – konten yang sebenarnya tak layak untuk dilihat, yakni konten pornografi. Ini tentu saja akan sangat berbahaya sekali, sebab bisa memicu timbulnya tindak kejahatan.

Tapi yang ada ternyata kejadian tersebut malah menjadi sorotan bagi semua orang, dan pengguna Tumblr yang kebanyakan adalah anak muda, mereka bersama – sama mengajukan protes. Alhasil Kemkominfo mencabut blokir tersebut, sekarang situs Tumblr bisa diakses kembali. Tumblr sendiri merupakan sebuah situs atau website yang serupa dengan blog, tetapi yang membedakannya di sini, Tumblr hadir juga untuk sosial media.

Sangat familiar sekali di kalangan anak muda, berikut cara membuat blog dengan Tumblr yang mudah bisa dicoba.

Cara Membuat Blog dengan Tumblr yang Mudah

Cara Membuat Blog dengan Tumblr yang Mudah

1. Sign Up dengan Mudah

Tak perlu khawatir, sebab cara membuat blog dengan Tumblr ini sebetulnya mudah sekali, bahkan bagi orang awam sekalipun. Tidak jauh berbeda seperti awal – awal untuk memiliki akun di sebuah website, langkah pertama yang perlu kamu lakukan di sini adalah Sign-Up terlebih dulu.

Tumblr pun hanya membutuhkan User Name, Email, dan Password atau Kata Kunci untuk bisa masuk. Tanpa perlu menunggu yang terlalu lama kamu nanti akan langsung memiliki akun Tumblr. Menariknya, kini kamu tak hanya bisa melakukan pendaftaran di website resminya saja, tetapi juga bisa via aplikasi di smartphone.

Dengan membuat akun di Tumblr, itu artinya kamu sekaligus membuat blog Tumblr. User Name yang dimasukkan tadi akan menjadi nama Url Websitemu. Ini tentu saja sangat berbeda sekali ketika kamu membuat judul untuk blog. Di sini kamu bahkan juga bisa memilih apa mau blog di public atau private.

2. Bisa Desain Blog Sesuai Keinginan

Pada dasarnya ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan membuat blog gratis di Tumblr, salah satunya adalah kamu akan dimudahkan ketika ingin mendesain blog sesuai keinginan. Ya, Tumblr juga memiliki template sendiri, tetapi jika kamu memang ingin ubah tampilannya, maka sah – sah saja. Di Tumblr ada banyak sekali pilihan template yang bisa dipilih, baik itu yang gratis atau berbayar.

Tumblr bahkan bisa dibilang hampir mirip dengan kegunaan WordPress dan Wix, di sini kamu bisa bebas menentukan sendiri template apa yang kamu inginkan. Luar biasanya lagi, ternyata untuk mencari tampilan blog yang terbaik tidak hanya sebatas dihadirkan oleh Tumblr, tetapi kamu juga bisa ubah sendiri dengan cara mengotak – atik html untuk blogmu.

Namun demikian, ada hal yang penting sekali untuk kamu tahu dan ingat, bahwasannya tampilan ketika orang membuka blog Tumblr di website browser PC dengan smartphone pastinya akan berbeda. Jadi, jangan sampai lupa untuk menghias keduanya.

3. Beragam Bentuk Postingan Bisa di Post di Blogmu

Memiliki sebuah blog atau website pada dasarnya diidentikan dengan tulisan, video, foto, dan link. Tetapi lain halnya di Tumblr ini yang menyediakan bentuk post yang lebih banyak, seperti Chat, Audio, dan Quote.

Umumnya fitur Quote di Tumblr digunakan untuk kata – kata mutiara yang ingin dibagikan. Sementara itu untuk fitur Chat sendiri digunakan ketika kamu ingin bercerita dengan tampilan orang chat pada umumnya. Lalu ada Audio yang digunakan saat berbagi lagu atau podcast di sebuah blog. Salah satu hal yang paling disukai para pengguna Tumblr adalah gambar tipe GIF.

4. Punya Blog di Tumblr Tak Harus Bikin Konten

Memiliki blog di Tumblr ternyata tidak mengharuskan kamu untuk membuat konten agar ada yang di post di blogmu. Di sini kamu juga bisa kok membuat postingan dengan cara melakukan Reblog. Apabila kamu klik lambang dua panah, maka kamu bisa Reblog dan menambah komentarmu sendiri di post tersebut.

Tapi jika kamu memang tidak menginginkan hal tersebut, untuk di PC kamu bisa kok menekan Alt – klik kiri Mouse. Sementara itu untuk di aplikasi sendiri kamu hanya perlu menekan lambang Reblog.

5. Mengenalkan dengan Like, Komentar, dan Notes

Tidak hanya aplikasi sosial media satu ini saja, Facebook, tetapi di Tumblr kamu juga bisa kok hanya Like suatu postingan. Apabila kamu memang merasa tidak ingin Reblog, tapi kamu suka sekali dengan postingan tersebut maka kamu bisa memberikan Like.

Tak perlu khawatir, sebab postingan yang di Like tidak akan masuk di halaman utama blogmu. Bagusnya lagi, kamu bahkan juga bisa atur apa Followersmu bisa lihat postingan yang kamu Like atau tidak. Dalam suatu postingan, juga ada kolom Komentar. Nah, di situlah kamu bisa mengaturnya juga. Setidaknya ada tiga pilihan untuk atur privasi kolom Komentar, yakni semua orang bisa membalas, akun yang kamu follow dan memfollow kamu, dan akun yang hanya di follow saja.

Sementara itu di bagian kiri bawah suatu postingan yang kamu lihat pada Dashboard ada Notes. Nah, pada Notes inilah juga hadir agar kamu bisa pantau siapa saja yang Reblog dan Like postinganmu.

6. Ingin Punya Lebih dari Satu Blog Tumblr? Nggak Masalah!

Melihat ulasan di atas, tips buat blog di Tumblr ini memang gampang banget, bahkan bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun. Menariknya, di Tumblr kamu juga bisa membuat blog lebih dari satu. Itu berarti satu akun tidak dibatasi hanya satu blog saja. Dengan begitu kamu bisa lebih bebas lagi membuat berbagai jenis dan tema blog di Tumblr dengan mudah.

Nah, itulah cara membuat blog dengan Tumblr yang mudah. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan dirimu dan buat blog sekeren mungkin di Tumblr sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini