10 Wisata Air Terjun di Lumajang, dari Tersembunyi Hingga yang Populer!

0
60

Koran.idLumajang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur sebagai salah satu penghasil buah pisang terbanyak di Jawa Timur, Kabupaten Lumajang terletak di kawasan Tapal Kuda mempunyai potensi alam yang mempesona. Mulai dari wisata gunung, wisata pantai maupun wisata air terjunnya, buat kalian yang ingin sekali merencanakan akhir pekan untuk berkunjung ke wisata air terjun di Lumajang, dari tersembunyi hingga yang populer pas sekali untuk menyimak pada referensi ini.

Letak yang strategis Kabupaten Lumajang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Jember, Probolinggo, dan Malang. Menjadikan potensi parawisatanya berkembang begitu pesat, tak heran jika wisatawan lokal maupun mancanegara di Kabupaten Lumajang ini selalu datang untuk menikmati objek wisata seperti halnya air terjun.

Suhunya yang begitu sejuk dan keeksotisan alam yang mendukung membuat satu-satunya Kabupaten ini selalu diminati banyak wisatawan. Nah untuk kalian yang tak sabar ingin tahu tentang rekomendasi wisata air terjun di Lumajang, yuk langsung saja simak di bawah ini :

10 Wisata Air Terjun di Lumajang, dari Tersembunyi Hingga yang Populer!

1. Wisata Air Terjun Sobyok Manggisan

Instagram.com/mas_rudi_setiawan

Wisata air terjun yang pertama di Lumajang yang tersembunyi adalah sobyok Manggisan, lokasi air terjun satu ini berada di Daerah Senduro tepat di Desa Kandangan jarak tempuh dari Kota Lumajang sekitar 22 Km. Wisata air terjun ini memang keberadaannya masih minim di kunjungi oleh wisatawan, namun seiring dari adanya media sosial di Instagram air terjun ini mulai diketahui dan makin populer.

Aktivitas yang banyak dilakukan di wisata air terjun manggisan pengunjung bisa bermain air seperti mandi, berfoto di dekat pancuran air terjun dan spot terbaik lainnya. Tinggi pancuran air terjun ini mencapai 21 meter, derasnya air yang jatuh ke permukaan membuat air terjun ini indah dipandang. Suasananya yang jauh dari suara kendaraan, cocok sekali untuk kamu yang ingin melakukan refreshing untuk menghilangkan penat.

2. Wisata Air Terjun Coban Pawon

Instagram.com/marmaria1708

Air terjun pawon berlokasi di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Lumajang. Dari pusat Kota Lumajang jaraknya sekitar kurang lebih 20 Km saja. Air terjun ini memiliki keunikan dan berbeda dari tampilan air terjun pada umumnya, dimana bentuknya melingkar bukit di air terjun ini sehingga seperti tampilan pawon atau nama lainnya tempat memasak tradisional.

Keindahan air terjun begitu indah ketika percikan air yang jatuh terurai kemana-mana alias tak beraturan, air terjun ini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai penyembuhan untuk mengobati penyakit kulit. Jadi kalian disini selain bisa bermain air, juga berfoto ria sembari di upload di media sosial.

3. Wisata Antrukan Bodang

Instagram.com/iyand96

Antrukan yang berarti air terjun dan Bodang sebuah Desa, sebutan ini sudah melekat bagi warga Lumajang. Wisata antrukan Bodang lokasinya berada di Desa Bodang, Kecamatang Padang, Lumajang pesona alamnya cukup menjajikan. Pasalnya ketinggian air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter dengan 3 alur air terjun yang dikenal dengan nama Bodang 1, Bodang 2 serta air terjun Sumber irung.

Rute lokasi wisata antrukan Bodang ini kalian akan melewati sebuah pedesaan dengan suasana yang tenang, disamping itu ketika sampai di pintu wisata antrukan kamu bisa parkir dahulu di kediaman warga sekalian untuk membayar jasanya. Meski tidak membayar tiket masuk di antrukan Bodang namun pemandangannya luar biasa, namun yang perlu diperhatikan kamu harus berhati-hati karena jalan licin.

4. Wisata Air Terjun Kedung Guo

Instagram.com/mas_rudi_setiawan

Air terjun di Lumajang yang masih tersembunyi yang lokasinya di Kecamatan Pasru Jambe, Kabupaten Lumajang, air terjun kedung Guo disebut juga sebagai kedung yang artinya bendungan air dan guo berarti Goa. Memang di air terjun ini terdapat sebuah goa yang berdindingkan dari batu.

Wisata air terjun satu ini jalur untuk menuju ke lokasi tak terlalu sulit, namun jalan yang masih alami sehingga kalian tertantang meski air terjun satu ini sudah dikelola warga sekitar. Suasana pedesaan menjadi nilai lebih, dengan melewati sejumlah pepohonan rindang membuat pengunjung yang datang akan terpesona melihatnya.

5. Wisata Air Terjun Carang Kuning

Salah satu wisata air terjun di Lumajang yang masih tersembunyi yakni Carang Kuning, letak lokasi wisata ini berada di Desa Jambekumbuh, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Tampilan air terjun yang indah tersususun dinding bebatuan yang rapi bertingkat dengan ketinggian mencapai kurang lebih 15 meter.

Sebutan warga sekitar Carang Kuning ini artinya carang yang berarti ranting bambu sedangkan kuning merupakan warna dari sebuah bambu tersebut. Pengambilan nama air terjun carang kuning, di ambil dari cerita bersejarah yaitu putri Raja Majapahit yang seringkali memanfaatkan air terjun sebagai tempat mandi.

6. Wisata Air Terjun Watu Lapis

Instagram.com/semestakristiawan

Lokasi wisata air terjun berada di Dusun Tawonsongo, Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasru Jambe, Kabupaten Lumajang. Jika kalian berangkat dari Kota Lumajang jaraknya sekitar kurang lebih 30 Km saja, jalannya pun sangat mudah untuk ditempuh dengan mobil maupun sepeda motor hanya membutuhkan waktu 1 jam lamannya.

sebelum sampai di wisata air terjun watu lapis kalian bisa cuci mata sembari melihat pemandangan yang asri, dari kanan kiri terlihat kebun kopi yang begitu luas sekali. nah ketika berada di pintu wisata air terjun kamu bisa membayar jasa parkir penitipan kendaraan dahulu dan tiket masu, kemudian perlu diperhatikan jalan di area air terjun watu lapis begitu licin dan pengunjung di harapkan lebih hai-hati.

7. Wisata Air Terjun Kabut Pelangi

Instagram.com/muhammadanwarmusa

Salah satu wisata air terjun yang makin populer di Lumajang yaitu Kabut Pelangi, wisata ini masuk dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ketinggian puncak air terjun ini sekitar 100 meter dan debit airnya cukup deras yang jatuh kepermukaan, sebenarnya di area tempat wisata ini ada dua air terjun yang satunya merupakan air terjun anak pelangi dengan artian sebagai cabang dari air terjun utama kabut pelangi.

Untuk ke lokasi air terjun satu ini begitu mudah ketika di tempuh menggunakan roda empat dan dua, selain itu sesampai di wisata air terjun ini kalian berhak membayar jasa parkir dan tiket masuk yang murah. Karea fasilitas yang tersedia di wisata ini cukup lengkap terdapat tempat istirahat gazebo, mushola, kamar mandi dan buat kalian yang ingin menginap bisa berkemah di wisata air terjun kabut pelangi.

8. Wisata Coban Sriti

Instagram.com/dailyhijabtraveller

Wisata coban Sriti kini semakin populer di Kabupaten Lumajang, letaknya berada di Dusun Jagokereng, Desa Taman Ayu, Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Memiliki ketinggian air terjun mencapai kurang lebih 150 Meter, meski wisata ini masih belum maksimal dalam pengelolaannya namun pengunjung tak sedikit yang penasaran akan keindahan coban Sriti Lumajang.

Akses menuju ke Coban Sriti penuh tantangan, karena jalur ini merupakan tempatnya aliran lahar Gunung Semeru. Namun meski suitnya jalan dengan melewati bebatuan yang besar, namun rasa itu akan hilang seketika karena area jalan air terjun kanan kiri terdapat tebing yang banyak ditumbuhi dedaunan yang hijau dan disarankan jika kalian ke tempat ini harus membutuhkan stamina yang fit.

9. Wisata Air Terjun Goa Tetes

Instagram.com/infiatravel

Salah satu objek wisata di Kabupaten Lumajang yang memiliki keunikan dengan memadukan antara gua dan air terjun, lokasi air terjun Goa Tetes berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Untuk rutenya mudah ditempuh dengan menggunakan roda empat dan roda dua, Goa Tetes sudah lama menjadi tempat rekreasi di Lumajang yang sampai sekarang menjadi terfavorit.

Aktivitas yang bisa dilakukan disana kalian harus siap menerima tantangan selain jalannya yang begitu licin karena berair, juga kamu harus basah-basahan oleh karena itu buat kalian yang gak betah dingin untuk membawa pakaian ganti atau jaket anti air. Namun terkadang pengunjung lupa akan hal itu karena keseruan di goa tetes ini salah satunya bermain air dengan bermaksud basah-basahan.

10. Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Instagram.com/taskokene

Objek wisata yang sekarang ini sebagai icon Kabupaten Lumajang, wisata satu ini sudah dikelola dengan baik. Lokasinya berada di antara perbatasan Kecamatan Pronojiwo, Kbupaten Lumajang dengan Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. tampilan air terjun ini dilihat dari jarak jauh layaknya seperti Air Terjun Niagara.

Disebut sebagai air terjun Tumpak Sewu alasannya karena sumber air sangat banyak dengan mengalir begitu indah di tebing padas yang di selimuti lumut dan dedaunan hijau, maka dari itu jadilah nama yang cukup terkenal saat ini Tumpak Sewu. Maka rugi sekali bagi kalian yang tidak menyiapkan kamera dari rumah, karena pemandangannya yang eksotis pantas sekali background tumpak sewu dipamerkan di media sosial kamu seperti Instagram.

Nah, itulah beberapa tentang 10 Wisata Air Terjun di Lumajang, dari Tersembunyi Hingga yang Populer! Apakah kalian tertarik untuk berwisata di sana? Semoga rekomendasi air terjun di atas dapat memberikan manfaat buat kalian yang datang ke Lumajang. Selamat Berakhir pekan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini