10 Tempat Wisata di Lumajang Terbaru yang Paling Hits 2019

0
51

Koran.idKabupaten Lumajang yang saat ini menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata untuk liburan akhir pekan, memang keindahan alam di Lumajang ini sangat mempesona. Wilayahnya yang dikelilingi oleh gunung aktif seperti Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan, membuat potensi di Lumajang semakin populer. Buat kalian yang merencanakan weekend di Lumajang, disini ada referensi tentang tempat wisata di Lumajang terbaru yang paling hits 2019.

Lumajang juga sangat akrab sekali dengan sebutan penghasil buah pisang terbaik di Indonesia, bahkan akhir-akhir ini Kabupaten Lumajang juga sering dijuluki sebagai negeri di atas awan. Maka tak heran jika di Lumajang ini begitu akrab dengan para traveller, selain pesona alamnya indah juga suhu di Lumajang juga sejuk. Nah agar tidak berlama-lama lagi, untuk kamu yang saat ini akan liburan di Lumajang ada baiknya untuk menyimak terlebih dahulu daftar tempat wisata di bawah ini :

10 Tempat Wisata di Lumajang Terbaru yang Paling Hits 2019

1. Wisata Pendakian Gunung Semeru


Instagram.com/uunk.bdhylhr

Pertama tempat wisata di Lumajang yang paling hits adalah Gunung Semeru, sebutan nama lain gunung ini yakni Mahameru yang mengartikan puncak tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggian gunung semeru pada puncaknya mencapai 3676 Mdpl, yang termasuk di dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Destinasi wisata pendakian Gunung Semeru akhir-akhir ini sangat populer dan hits, terutama bagi kamu yang memiliki media sosial seperti Instagram foto-nya sudah banyak sekali bertebaran. Banyak sekali wisatawan lokal dari luar Kabupaten Lumajang maupun mancanegara yang ingin menaklukan tingginya gunung Semeru, pemandangannya yang eksotis serta suhu-nya sangat dingin membuat wisatawan semakin tertantang untuk datang.

2. Wisata Ranu Kumbolo

Instagram.com/dj.agha11

Berikutnya tempat wisata ter-hits di Lumajang yaitu Ranu Kumbolo, lokasi wisata ini juga berada satu Kawasan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ketinggian Ranu Kumbolo mencapai 2.400 Mdpl dengan keluasan sekitar 15 ha. Obyek wisata satu ini memang satu jalur dengan pendakian ke Gunung Semeru, namun Ranu Kumbolo tempatnya para istirahat wisatawan yang ingin melanjutkan ke puncak Gunung Semeru dengan mendirikan tenda atau camping.

Jika kalian berhasrat ingin berangkat pendakian ke Ranu Kumbolo di sarankan untuk berangkat lebih pagi, perjalanan dari gerbang pendakian membutuhkan waktu sekitar kurang lebih lima jam untuk sampai ke Ranu Kumbolo. Meski perjalanan ini terasa sangat capek, akan tetapi sesampai di lokasi Danau Ranu Kumbolo akan disuguhkan pemandangan yang indah nan mempesona.

Kebersihannya pun terjaga, sehingga Ranu Kumbolo terlihat cantik. Maka dari itu rugi jika kalian berada disini jika tidak menyiapkan kamera untuk berfoto, dengan mencari spot terbaik seperti di danau, tanjakan cinta, pepohonan dan lain sebagainnya.

3. Wisata Puncak B-29

Instagram.com/meygakartikasari

Salah satu obyek wisata alam yang keindahannya sangat eksotis di Kabupaten Lumajang, puncak B-29 disebut juga sebagai puncak negeri di atas awan. Lokasi wisata B-29 terletak di Desa Argosari , Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Di sebelah tenggara Gunung Bromo.  Jika berangkat dari pusat Kota Lumajang sekitar 40 Km, rute jalan yang ditempuhnya cukup baik untuk dilewati kendaraan roda dua.

Ketinggian puncak B-29 sekitar 2900 Mdpl dengan suhu yang sangat dingin, ketika berada di puncak B-29 kalian akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Pasalnya kalian seolah-olah akan berdiri di atas awan dan sangat rugi bila momen ini tidak kalian abadikan melalui kamera untuk di upload di media Sosial.

4. Wisata Ranu Pani

Instagram.com/yha_qie

Lokasi wisata ranu pani berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), alamatnya di Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Destinasi alam yang berupa ranu ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik itu dari luar Kota hingga Mancanegara, pemandangannya yang mempesona dengan suhunya yang sejuk membuat wisata di Ranu Pani semakin di favoritkan di akhir pekan.

Aktivitas yang bisa kalian lakukan di Ranu pani ini selain di manjakan dengan pesona alam yang indah, kamu akan melihat pemandangan dari dekat view Gunung Tertinggi di Pulau Jawa. Karena rute jalan ke Ranu Pani merupakan satu arah untuk mendaki ke puncak Gunung Semeru, dan area ini satu-satunya paling aman untuk pendakian.

5. Wisata Ranu Regulo

Instagram.com/nbl.charis

Rugi sekali bagi kalian yang sudah berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), pasalnya obyek wisata Ranu regulo letaknya berdekatan dengan wisata lainnya seperti Ranu Pani dan Ranu Kumbolo. Ranu regulo memiliki luas sekitar 0,75 ha yag berada di ketinggian 2.200 di atas permukaan laut.

Keindahan view ranu Regulo tak bisa di pandang sebelah mata seperti wisata ranu di Kabupaten Lumajang, ada banyak sekali sebenarnya spot andalan di ranu Regulo yang bisa kalian abadikan ntuk di foto. Selain pemandangan kokohnya Gunung Semeru, kamu juga bisa mengambil foto di tepi ranu yang terdapat papan yang saat ini memang populer di Instagram.

6. Wisata Pendakian Gunung Lemongan

Instagram.com/pendaki.cupu

Salah satu gunung berapi tipe maar (istirahat) yang berada di Kabupaten Lumajang, memiliki ketinggian puncak sekitar 1676 Mdpl diatas permukaan laut. Pendakian ke Gunung Lemongan pas sekali untuk kategori pemula, meski gunung ini tidak tinggi seperti Gunung Semeru yang ada di Lumajang. Namun kamu tetap harus berhati-hati, pasalnya rute pendakian banyak melewati bebatuan yang bisa licin suatu saat.

Jalur trek yang begitu ekstrim tidak membuat para traveller mengurungkan niat untuk melakukan pendakian, malah sebaliknya di wisata pendakian gunung Lemongan selalu ramai oleh wisatawan dari berbagai kota yang penasaran sekali ingin melihat pemandangan dari atas ketinggian gunung Lemongan dan tak lupa juga selfie sambil memegang tulisan puncak gunung Lemongan.

7. Wisata Pura Mandhara Giri Semeru Agung

Instagram.com/kane_trip

Jika kalian berkunjung ke Kabupaten Lumajang jangan lupa untuk mampir dan berwisata di Pura Mandhara Giri Semeru, Lumajang tak hanya dikenal dari pesona alamnya yang eksotis, namun juga wisata sejarah yaitu pura yang pas buat kamu untuk mengenalnya. Pura atau candi ini peninggalan Hindu Kuno dengan arsitektur bangunan luar biasa, tempat pura Mandhara Giri Semeru terletak di Jalan Serma Dohir, Sumberagung, Senduro, Kabupaten Lumajang.

Keistimewaan Pura Mandhara Giri Semeru Agung oleh umat Hindu dipercaya sebagai pusat peribadatannya, karena pura yang ada di Lumajang ini tertua yang ada di Indonesia tercinta. Tak hanyak itu saja jika ada acara adat yang di gelar di Pura Agung, banyak sekali warga Bali yang berdatangan untuk melakukan sembahyang. Tak lupa dari wisatawan umum biasanya jika pura ini tak ada acara, sering kali dijadikan liburan akhir pekan.

8. Wisata Hutan Bambu Lumajang

Instagram.com/reviga_maulina_s

Lokasinya terletak di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang terdapat wisata alam dengan view hutam bambu yang alami, menarik sekali bagi kalian yang berada di Lumajang untuk tidak melewatkan obyek wisata alam yang indah ini. fasilitasnya pun begitu lengkap seperti kolam pemandian, gazebo, kamar mandi dan warung makan.

Aktivitas yang kalian lakukan ketika berada di Hutan Bambu ini, bisa berfoto bersama keluarga maupun teman-teman kamu. So menariknya di hutan bambu ada banyak sekali seekor monyet yang akan menyambut kehadiran kalian, tapi tenang saja monyet yang ada di sana tidak nakal dan sudah bersahabat sama manusia.

9. Wisata Pantai Watu Pecak Lumajang

Instagram.com/wiliargo

Salah satu tempat wisata di Lumajang yang menyajikan keindahan pantai, lokasinya wisata ini berada di Desa Selok Awar-awar, Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Jika kamu berada di Kota Lumajang jaraknya sekitar 18 Km untuk menuju pantai Watu Pecak. Pantai ini memang dekat dengan pantai lainnya seperti pantai Bambang, namun dalam segi pengelolaan pantai watu pecak lebih baik.

Fasilitas yang disediakan pengelola di pantai Watu Pecak terdapat kuliner ikan yang langsung dari hasil nelayan setempat, karena bisa kalian ketahui watu pecak juga tempat nelayan banyak mencari ikan oleh karena itu tak heran jika pantai ini selalu banyak perahu nelayan. Meski begitu kamu rugi bila datang jauh-jauh kesini tidak mengajak ramai-ramai teman kamu loh.

10. Wisata Air Terjun Coban Sewu

Instagram.com/indopejalan.co

Merupakan tempat wisata favorit oleh wisatawan baik warga Lumajang hingga Luar Kota, coban sewu sudah sangat populer sekali namannya. Air terjunnya yang deras indah ketika jatuh dipermukaan, uniknya air terjun satu ini berbeda dengan lainnya karena airnya mengalir secara menyebar pada dinding bebatuan.

Lokasi air terjun Coban sewu berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Rute ke tempat wisata ini pun cukup baik jalannya, karena melewati jalur utama Kota Lumajang menuju ke Kabupaten Malang. wisata alam satu ini sangat pas buat kalian yang ingin menenangkan diri, sembari menikmati suasana di dekat air terjun yang sejuk sekali.

Nah, itu tadi beberapa 10 Tempat Wisata di Lumajang Terbaru yang Paling Hits 2019. Mana wisata favorit kalian? Jadi manfaatkan waktu sebaik mungkin ketika berada di Lumajang ya, agar kalian bisa berkunjung ke semua tempat wisata yang lagi hits saat ini.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini