10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

0
883

Koran.idMerencanakan liburan akhir pekan di Semarang memang menjadi pilihan yang tepat bagi kamu, pasalnya Semarang salah satu kota terbesar di Jawa Tengah yang memiliki kawasan industri serta menyimpan pesona alam yang indah. Disamping itu ada beberapa tempat wisata di Semarang yang wajib kamu kunjungi, karena objek wisata ini paling populer sampai saat ini.

Ada banyak pilihan tempat wisata menarik di Semarang mulai dari wisata sejarah, budaya, wisaa alam hingga wisata religi. Sehingga tidak perlu khawatir ketika berada di Semarang untuk berkunjung ke salah satu tempat tersebut. Untuk mengetahui rekomendasi mengenai tempat wisata di Semarang, yuk mari simak secara seksama daftar tempat wisata di Semarang berikut di bawah ini :

Table Of Contents

10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Wisata Ayana Gedong Songo

instagram.com/poetrawibowo

Rekomendasi pertama mengenai tempat wisata di Semarang adalah Ayana Gedong Songo, wisata ini lokasinya berada di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang. Dimana objek wisata satu ini menawarkan pemandangan yang indah sembari menikmati beragam spot yang tersedia, untuk kalian yang suka berfoto untuk mengisi galeri di sosial media seperti Instagram pilihan latar belakang di wisata ini sangat layak sekali untuk di pamerkan.

Ada banyak sekali spot cantik yang di sediakan pengelola wisata Ayana untuk berfoto diantaranya terdapat balon udara, tempat tongkrongan di tengah air, bubble tent, dan hammock. Selain disini aktivitasnya berfoto-foto kalian juga menikmati suasana kawasan wisata Ayana yang begitu sejuk dan cocok sekali untuk melepas penat.

2. Wisata Klenteng Sam Po Kong

instagram.com/wisata.sampookong

Selanjutnya referensi tempat wisata di Semarang yang wajib kamu kunjungi seperti Klenteng Sam Po Kong, wisata sejarah ini lokasinya di Jalan Simongan, Bongsari, Semarang Barat. Memang belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tapi tidak main ke tempat wisata Klenteng Sam Po Kong.

Dulunya tempat bersejarah ini bekas dari persinggahan dari Laksamana Negeri China yang menganut agama islam, dari nama muslimnya sampai sekarang ini dikenal baik dengan sebutan Cheng Ho. Aktivitas ketika berada di klenteng kalian rugi jika tidak membawa kamera, karena ada beberapa spot andalan di tempat yang instagramable. Kalian juga bisa loh menyewa kostum ala negeri China yang sudah disewakan oleh pengelola Klenteng.

3. Wisata Vanaprastha Gedong Songo Park

instagram.com/diahamalianti

Salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam menakjubkan, lokasi wisata Vanaprastha tak jauh dari wisata Ayana di kawasan Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan Semarang. Ketika kamu berada di kawasan tempat wisata ini yang banyak dikelilingi pepohonan pinus, suasananya begitu hening dan sejuk jadi pas sekali untuk dijadikan refreshing.

Aktivitas yang bisa dilakukan ketika di Vanaprastha kamu bisa berjalan-jalan sembari melihat hijaunya tumbuhan, bahkan kamu juga bisa menikmati bangunan buatan dari kayu yang dibentuk seperti rumah. Murahnya harga tiket masuk wisata Vanaprastha menjadikan salah satu wisata ini paling ramai dikunjungi setiap harinya.

4. Wisata Pagoda Avalokitesvara

instagram.com/liviaalukito

Merupakan objek wisata yang ada di Semarang dengan menampilkan bangunan setinggi 45 meter, dimana bangunan ini dulunya telah dibangun di tahun 1955 yang terdiri dari 7 lantai. Uniknya bangunan di pagoda ini setiap ruanganya terdapat empat buah patung Dewi Kwan Im yang sama-sama menghadap ke arah penjuru mata angin.

Wisata Pagoda ini lokasinya berada di Kalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang. Meski objek wisata ini hanya berbentuk bangunan Pagoda namun pengunjung yang datang selalu ramai, karena tak sedikit yang memamerkan kameranya untuk mengambil beberapa spot yang dianggapnya menarik dan pas sekali untuk menambah isi galerimu.

5. Wisata New Sabana Rawa Pening

instagram.com/artbdsurd_production

Salah satu wisata alam terbaik yang ada di Semarang yang saat ini semakin populer, sebenarnya kawasan ini mrupakan bekas danau yang saat ini airnya mulai berkurang sampai mengering. Uniknya kawasan ini banyak ditumbuhi rerumputan yang hijau dan segar, sehingga tak jarang pengunjung yang datang banyak berfoto di luasnya sabana itu.

Namun untuk kalian yang akan berkunjung ke wisata alam satu ini, untuk disarankan pada cuaca yang cerah atau tidak sedang hujan. Karena ketika pada musim hujan tiba maka area yang bekas danau ini banyak kemungkinan di penuhi air, sehingga kalian menjadi gagal untuk mengambil spot sabana tadi seperti layaknya di Luar negeri.

6. Wisata Watu Gunung

instagram.com/wisatasemarang

Semarang memang tak ada habisnya dengan menunjuknya objek wisata alamnya begitu menakjubkan, seperti wisata satu ini yaitu watu gunung yang menampilkan backround kealamian alam yang hijau ditambah gemercik air terjunya yang manja seakan ingin sekali menyentuhnya dengan berenang.

Objek wisata satu ini lokasinya berada di Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Tempatnya yang amat strategis menjadikan tempat wisata alam ini menjadi populer sampai sekarang. Suasana di kawasan alam wisata watu gunung jauh dari rutinitas seperti kendaraan, sehingga ketika kalian berada di sini pasti akan betah dengan serunya alam yang memanjakan mata.

7. Wisata Setiya Aji Flower Farm

instagram.com/semarangexplore

Jika kalian hobi banget dengan berfoto tempat satu ini cocok sekali untuk dijadikan referensinya, pemandanganya yang indah instagramable banget menjadikan wisata di Semarang ini semakin populer terutama di kalangan anak muda. Banyak sekali jenis bungan yang tertanam di area wisata Setiya ini, dengan corak warna-warninya begitu segar ketika dipandang dengan mata.

Berkunjung di tempat wisata ini lokasinya berada di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Cukup murah loh untuk harga tiket masuknya, kalian cukup membayar tujuh ribu rupiah per orang dan kamu bisa leluasa untuk mengabadikanya bunga yang indah nan mewangi itu.

8. Wisata Kota Lama Semarang

instagram.com/wisatasemarang

Salah satu wisata di Semarang paling hits dan menjadi satunya icon di Semarang, wisata kota lama Semarang memiliki spot bangunan tua gaya ala negara Eropa klasik. Ketika kalian berada di kawasan Kota Lama Semarang akan menjumpai Gereja Blendhuk, uniknya bangunan itu atapnya seperti bentuk kubah dan menjadikan spot bangunan tersebut paling diburu oleh fotografer untuk diabadikan di media sosialnya.

Fasilitas lainnya yang tersedia di area Kota Lama Semarang ada tempat kuliner yang memiliki keunikan serta bangunanya ala jaman dulu, selain itu deretan dari tempat kuliner tersebut ada beberapa kafe yang juga mempunyai bentuk bangunan ala jaman kolonial diantaranya seperti Tekodeko, Kafe Nuris maupun Retro Cafe.

9. Wisata Lawang Sewu Semarang

instagram.com/anita.irayani

Bagi kalian yang berakhir pekan di Semarang tak lengkap apabila tidak berangkat ke wisata lawang sewu, begitu akrab sekali bangunan ini dengan keangkeranya meski begitu bangunan tua ini ternyata masih memiliki fungsi yang baik dan dijadikan kantor Pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). Bangunan tua ini telah dibangun sejak tahun 1904 yang sebagai ciri khasnya pintu dan jendela sangat banyak.

Uniknya masyarakat sekitar di Semarang menyebut bangunan tua ini menjadi Lawang Sewu atau pintu seribu, sangking terlihat banyaknya gedung tua ini sering dijadikan berfoto ria oleh wisatawan yang datang dan tak heran jika wisata lawang sewu sering dijadikan tampilan background untuk foto prewedding di nikahan.

10. Wisata Kampung Pelangi Semarang

instagram.com/an_noor_safdhinar

Tempat wisata di Semarang yang wajib untuk kalian kunjungi, karena salah satu wisata unik ini menampilkan suasanan perkampungan dimana warna rumahnya dicat warna-warni yang begitu cantik sekali. wisata kampung warna-warni ini tak berbeda jauh dengan wisata Jodipan yang ada di Malang, meski begitu wisata di Semarang ini banyak sekali peminat yang datang untuk berfoto.

Kampung warna-warni yang ada di Semarang di juluki dengan sebutan Kampung Gunung Brintik, yang dulunya memang kampung ini begitu kumuh sehingga saat ini dengan perawatan yang sangat baik menjadikan kampung yang ada di Semarang menjadi indah. Tak heran jika pengunjung yang datang penasaran akan berubahnya kampung yang dulunya kumuh dan saat ini menjadi sangat cantik, agar liburan kamu tambah seru ajak teman beserta kerabatmu untuk berfoto di kampung pelangi.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi  10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi. Ada yang pernah dikunjungi kalian? Semoga referensi mengenai tempat wisata yang ada di Semarang bermanfaat untuk kalian semua dan selamat liburan.

Artikel SebelumnyaRekomendasi 7 Game iPhone Gratis Terbaik, Dijamin Bikin Kamu Ketagihan
Artikel Selanjutnya10 Tempat Wisata di Banten yang Lagi Hits dan Ramai Dikunjungi
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini