10 Kuliner Khas Semarang yang Paling Enak dan Wajib Dicoba

0
4417

Koran.idSemarang mayoritas penduduknya dari etnis suku Jawa ini ternyata sangat akrab sekali dengan julukanya yaitu Kota Lumpia, wilayah Kota Semarang sendiri sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, jumlah penduduknya mencapai lebih dari 2 juta jiwa. Ini menandakan Kota Semarang salah satu kota terbesar ke 5 di Indonesia, jika dilihat dari kesibukan di Kota ini pastinya sangat ramai sekali. namun hal tersebut kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui kuliner khas Semarang yang paling enak dan wajib dicoba.

Sejak dulu memang Semarang menghasilkan cita rasa makanan yang khas Kota ini, seperti halnya pada makanan lumpia dengan gabungan dari budaya Jawa dan China sehingga makanan lumpia menjadi ciri khas Kota Semarang. Pada jaman modern sekarang ini mulailah kuliner khas Kota Semarang itu mulai di  kembangkan, banyak sekali beraneka ragam makanan baik itu yang berkuah maupun yang kering. Untuk melihat daftar kuliner khas Semarang, yuk langsung saja simak rekomendasinya di bawah ini :

10 Kuliner Khas Semarang yang Paling Enak dan Wajib Dicoba

1. Kuliner Bandeng Presto

Instagram.com/asahid_tehyung

Pertama yang harus dicoba kuliner khas Semarang yaitu bandeng presto, kuliner ini terbuat dari bahan olahan ikan segar jenis bandeng yang dimasak dengan cara di presto. Hal ini bertujuan untuk melunakkan semua tekstur daging ikan dan sekaligus menghilangkan duri ikan bandeng, sehingga para penikmat kuliner akan leluasa ketika menyantapnya tanpa harus di pilah lagi.

Penyajian bandeng presto khas Semarang ikan bandeng yang di presto tadi dilumuri bumbu yang nikmat sekali, sekaligus ada tambahan sayuran, sambal khas Semarang dan siap untuk dihidangkan biasanya menggunakan piring agar lebih leluasa saat makan.

2. Kuliner Nasi Ayam Semarang

Instagram.com/e_ndro

Selanjutnya yang harus diingat ketika berada di Semarang adalah kuliner nasi ayamnya, sajian kuliner ini berisikan telur rebus, nasi liwet, suwiran ayam plus dicampur kuah opor,  dan sambal jipan untuk menambah cita rasa kuliner ini.

Kuliner nasi ayam Semarang ini hampir di sudut Kota Semarang sudah ada, namun sajian kuliner ini berbeda sekali dengan nasi ayam di kota lainya. Karena andalan kuliner nasi ayam ini disajikan dengan kuah opor berwarna kuning dan biasanya lauk pelengkapnya seperti telur puyuh sunduk, usus goreng dan minuman teh hangat.

3. Kuliner Tahu Gimbal

Instagram.com/dyodoran

Mendengar dari namanya saja membuat penasaran ya pastinya, tahu gimbal bahan dasarnya terbuat dari tahu yang disajikan dengan cara gimbal. Menariknya kuliner ini ditambahkan sejumlah lonting dan kol yang diberi bumbu kacang campur petis sehingga kuliner tahu gimbal membuat lidah ini tak ingin berhenti menikmatinya.

Nama gimbal itu sendiri sejenis olahan udang yang dibuatnya dengan menggunakan tepung, cara penyajian tahu gimbal agar lebih menarik penikmat kuliner biasanya ditambahkan kerupuk udang sehingga menambah makanan ini menjadi gurih dan lezat.

4. Kuliner Mie Kopyok

Instagram.com/stay.fanie

Salah satu kuliner yang sudah lama populernya di Kota Semarang dengan menu mie Kopyok, bahan dasar yang dibuat yakni mie yang ditambahkan daging untuk lauknya. Biasanya semangkuk mie kopyok ini diberi kerupuk gendar gurih.

Namun masyarakat sekitar menyebut me kopyok ini sebagai mie lontong atau mie teng-teng, karena alasannya pedagang kerap kali jika berkeliling ke kampung menyuarakanya dengan menggunakan suara teng-teng, sedangkan untuk sebutan mie lontong karena biasanya penyajianya menggunakan campuran lontong.

5. Kuliner Soto Bangkong

Instagram.com/bungamiranti

Soto Bangkong merupakan salah satu kuliner khas Semarang paling enak dan sampai saat ini sebagai makanan terfavorit di Kota ini, biasanya kuliner soto bangkong bisa kamu dapatkan di rumah makan lokasinya tepat di Jalan Brigjen Katamso.  Sangking larisnya kuliner khas Semarang ini, rumah makan ini sudah membuka cabang d berbagai daerah wilayah Semarang.

Penyajian Soto Bangkong biasanya di letakkan di mangkuk kecil lalu ditambahkan sejumlah suwiran ayam, irisan tomat, tauge, dan agar semakin menambah nikmat ditaburi suwiran bawang putih dan bawang merah. Untuk rasanya sendiri tidak diragukan lagi, sehingga tak jarang yang ingin tambah karena ketagihan.

6. Kuliner Nasi Goreng Babat Gongso

Instagram.com/verlianoni

Cita rasa nasi goreng tambahan babat gongso sangat khas sekali rasanya, karena sajian menu nasi goreng ini dilengkapi babat yang di potong-potong , sekaligus bumbu tambahanya terdapat terasi, kecap, cabai merah, bawang putih dan merah membuat kuliner khas Semarang ini seakan memanjakan lidah untuk selalu menikmati terus.

Biasanya pengunjung juga meminta untuk tambah lauk seperti telur rebus, limpa goreng, paru rebus dan tambahan kerupuk agar lebih nikmat. Meski kuliner satu ini terbilang legendaris namun masyarakat selalu menjadikan kuliner ini yang terbaik.

7. Makanan Lumpia Semarang

Instagram.com/jogjabikinlaper

Makanan yang akrab di Kota Semarang ini dengan rasanya yang begitu gurih, bahan utama adonan lumpia ini dari tepung berkualitas yang di sebelumnya diberi isian lalu digulung selanjutnya di celupkan di penggorengan.

Isi dari lumpia itu bervariasi yang dicampurkan berupaa daging ayam, potongan sayuran, ebi dan rebung. Dari perpaduan yang pas membuat rasa lumpia Semarang ini selalu dicari wisatawan ketika berkunjung ke Kota Semarang, maka tak heran jika makanan lumpia ini dijadikan sebagai oleh-oleh.

8. Kuliner Tahu Pong

Instagram.com/e_ndro

Bahan dasar dari tahu seperti biasanya, dengan penyajianya di campuri udang segar plus cabe rawit sehingga kuliner makanan tahu pong rasanya lebih nikmat dari makanan tahu lainya. Selain rasanya menggoda teksturnya yang bulat dan empuk menjadikan tahu pong ini banyak diburu para pecinta kuliner khususnya di Kota Semarang.

9. Kuliner Gudangan

Instagram.com/kulinerjogja

Ciri kuliner khas Semarang melekat pada makanan Gudangan, karena tampilanya yang klasik biasanya disajikan di sebuah piring beralaskan daun pisang dan untuk menambah kenikmatan makanan gudangan ini di berikan kerupuk kecil-kecil, telur rebus, rempeyek dan tempe goreng.

Untuk bahan peracikanya mulai dari sayuran sebagai urapan, parutan kelapa, bumbu sedap bawang merah dan putih, hingga jeruk perut. Sajian makanan gudangan lebih nikmat lagi apabila keadaan nasinya yang hangat sekaligus sambelnya diratakan agar lebih lezat.

10. Makanan Kue Moaci

Instagram.com/indosnacks123

Kue yang bentuknya bulat dengan bahan dasar terbuat dari tepung ketan, untuk campuran isi yakni gula karamel kacang atau bisa juga di isi kacang ijo. Bentuknya memang tak jauh beda dengan kue onde-onde yang tampilanya di beri wijen.

Namun yang membedakan kue moaci ini yaitu aneka rasa dan warnanya yang bervariasi mulai dari warna hijau, merah, kuning, cokelat dan original. Sedangkan untuk varian rasa seperti strawberry, durian, pandan, kacang karamel. Untuk harga kemasanya yang berisikan 4 kue biasanya di beli dengan harga 3 ribu rupiah, jadi selain hemat dikantong juga bisa menikmati kuliner khas Semarang.

Nah, itulah tadi beberapa tentang 10 Kuliner Khas Semarang yang Paling Enak dan Wajib Dicoba. Jadi buat kalian yang ada di Kota Semarang saat ini jangan sampai ya melewatkan sejumlah kuliner diatas, dan semoga referensi ini bermanfaat buat kalian semua.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini