10 Oleh-oleh Khas Semarang Paling Rekomended Dibawa Pulang

0
1131

Koran.idSemarang sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah memang dikenal dengan kota yang kaya akan kuliner, aneka ragam cita rasa masakan khas Semarang memang tercipta dari sejak dulu dengan menerapkan akuturasi budaya Jawa, Eropa dan Tionghoa. Tak hanya tentang kuliner saja yang tersedia, namun ada berbagai oleh-oleh khas Semarang paling rekomended di bawa pulang.

Kota Semarang memang begitu akrab dengan para wisatawan, maka dari itu wisatawan yang sedang berada di sana tentunya rugi jika tidak membawa oleh-oleh untuk di bawa pulang. Namun kalian pastinya bingung untuk menentukan buah tangan apa yang paling rekomended, nah agar tak penasaran lagi langsung saja mari simak selengkapnya daftar oleh-oleh khas Semarang di bawah ini :

10 Oleh-oleh Khas Semarang Paling Rekomended Dibawa Pulang

1. Kue Lumpia Semarang

instagram.com/jogjabikinlaper

Oleh-oleh khas Semarang paling rekomended yang pertama adalah kue Lumpia, kue ini berisikan campuran seperti telur, ayam, udang dan rebung bambu muda. Bentuknya yang khas mirip dengan roulade, biasannya cara sajiannya dimakan dengan tambahan saus, bawang merah segar dan cabai bijian.

Untuk mendapatkan kue lumpia yang gurih dan enak ini, kamu wajib mengunjungi seperti lumpia Mataram, Lumpia Gang Lombok, Loenpia Express dan toko Loenpia Mbak Lien. Hargannya pun cukup terjangkau ya? cocok dengan kantong para wisatawan yang akan membawa pulang kerumah untuk dijadikan buah tangan.

2. Jajanan Wingko Babat

instagram.com/dhiahoddie

Berikutnya jajanan paling rekomended untuk di jadikan oleh-oleh yaitu wingko Babat, kue wingko dengen bentuknya yang bulat ramping bahan dasarnya terbuat dari bahan kelapa yang di parut dengan campuran bahan beras keta. Cara mematangkannya di bangkar menggunakan alat khusus hingga warnanya seperti kecoklatan muda, selanjutnya di sajikan dengan bingkisan kertas anti minyak di bawahnya.

Jika kamu ingin membelinya bisa memilih varian rasa seperti nangka, durian dan coklat. Cita rasannya begitu khas seperti variannya, namun tingkat gurih dan lembutnya mingko membuat lidah tak ingin berhenti untuk mencicipi terus. Untuk mendapatkan wingko babat untuk di bawa pulang biasanya lokasi penjual berada di stasiun, bandara, terminal serta di sepanjang jalan Pandanaran.

3. Kue Moaci Wijen

instagram.com/oiyyumy_semarang

Kue Moaci memang menjadi favorit oleh warga Semarang khususnya, namun di sisi lain kue Moaci wijen ternyata banyak dijadikan oleh-oleh untuk di bawa pulang pleh para wisatawan. Ada 2 varian cita rasa kue moaci wijen dengan rasa original dan buah durian, biasannya kue moaci disajikan dengan bungkusan kotak dari berbagai ukuran tergantung porsi pembeli.

Kue Moaci wijen memang begitu tepat untuk di bawa pulang, pasalnya jajanan jenis ini ketahananya lumayan lama. Apalagi jika dibungkus untuk di bawa pulang kampung, untuk mencari kue moaci wijen di Semarang kalian bisa berkunjung di penjual oleh-oleh yang lokasinya di sepanjang jalan Pandanaran.

4. Jajanan Tahu Pong

instagram.com/ninabanget

Di Semarang oleh-oleh paling rekomended selanjutnya seperti jajanan tahu pong, kuliner tahu pong ini memang sudah sejak lama sudah populer. Sajian lezat tahu pong biasanya di padukan dengan telor serta rempeyek besar lalu di iris kecil yang disiram dengan kuah sambal petis, untuk mendapatkan tahu pong kalian bisa mengunjungi di Jalan Gajah Mada kota Semarang.

Harga seporsi tahu pong cukup murah meriah, yang dulunya jenis jajanan ini sederhana namun sekarang ini sudah di bentuk dengan olahan yang menarik seperti isian tahu dipisahkan dengan kuah bumbunya sehingga tahu pong menjadi awet dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Makanan Ayam Tulang Lunak

instagram.com/berbagi_resepmasakan

Salah satu oleh-oleh paling rekomended untuk dibawa pulang yaitu ayam tulang lunak, maksud dari tulang lunak ini dimasak dengan presto agar hasil tulang menjadi lunak aau gembuk. Untuk bisa mencicipi dan membawa pulang kuliner satu ini kamu bisa mengunjungi Rumah makan Ayam tulang lunak Kraton-Kranggan yang berada di Jalan Wahid Hasyim.

Harga satu ekor ayam lunak terbilang standart meski ukurannya besar ayamnya, jika ingin dibawa pulang biasannya menggunakan bungkusan kotak lengkap dengan bumbu didalamnya. Nah buat kamu yang saat ini di Semarang jangan lewatkan sajian lezat dan terenak ya di kota Semarang.

6. Kue Roti Ganjel Rel

instagram.com/myllur

Mungkin sepintas mendengar namanya jajanan satu ini aneh, namun roti ganjel rel hcita rasanya sangat istimewa. Bahan roti yang terbuat dari tepung tapioka yang di beri santan, gula, air nira dan tambahan kayu manis. Jika roti ganjel rel sudah matang dan terbentuk, tinggal menaburi wijen pada permukaannya sampai merata.

Bentuk roti yang lonjong dengan tekstur sedikit keras memang sebagai ciri utama dari jajanan satu ini, meski warnanya agak kecoklatan tetapi rasa kue ini terbilang manis. Mungkin buat kamu yang akan memborong jajanan ini untuk dijadikan oleh-oleh bisa mengunjungi di pusat oleh-oleh yang terletak di Jalan Pndanaran.

7. Kain Batik Semarang

instagram.com/batik_marfisa

Semarang tak hanya terkenal dengan beragam kuinernya saja, namun di daerah ini ternyata memiliki andalan untuk dijadikan oleh-oleh seperti kain batik. Keunikan motif batik Semarang memang berbeda dengan batik yang ada di daerah lainnya, tema yang diusung batik Semarangan mengangkat gambar bangunan khas Semarang sendiri.

Jika kalian menginginkan batik Semarang ini bisa membelinya di Kamung batik yang letaknya di jalan batik Semarang. Di tempat produksi ini kalian tak hanya bisa melihat model, namun juga bisa mengetahui proses pembuatannya mulai dari awal hingga sampai selesainnya. Buat kamu yang ingin mencobanya bisa belajar membatik, sekaligus di pandu dengan senimannya.

8. Ikan Bandeng Juwana

instagram.com/soloinfo

Cocok sekali buat kalian yang suka dengan olahan ikan bandeng, kalian bisa membelinya untuk di jadikan oleh-oleh lokasinya di jalan Pandanaran 57 dan juga bisa di jalan Pamularsih No. 70 Kota Semarang. Ikan bandeng juwana rasannya begitu lezat, tekstur dagingnya lunak membuat kuliner satu ini bikin ketagihan.

Mungkin buat pengunjung yang datang mengunjungi tempat penjual oleh-oleh ikan bandeng juwana, bisa memilih olahan berbeda yang tersaji di tempat penjual ini. olahan lain bandeng yang tersedia seperti bandeng tauco, sate bandeng dan gudeg bandeng, dimana setiap menu harganya berbeda dan pastinya murah meriah.

9. Brillian Super Cake Semarang

instagram.com/istanaoleholehbrillian

Jenis jajanan yang paling banyak diminati wisatawan dan dijadikan oleh-oleh yaitu Brillian super cake, kue roti satu ini bisa kalian dapatkan di jalan simpang lima, kota Semarang. Keistimewaan dari roti brillian super cake pembuatannya masih memakai proses terdahulu, sehingga terjaga resep maupun rasannya.

Nikmatnya roti super cake ternyata memiliki aneka varian rasa mulai dari coklat, almond, kismis dan keju, jadi kalian tak perlu khawatir untuk membawannya pulang. Pasalnya kue brillian ini tahan lama meski sampai berhari-hari, yang terpenting kemasannya masih tetap terjaga dengan baik.

10. Jajanan Tahu Baxo

instagram.com/smgfood_

Kuliner satu ini memang terlihat sederhana, bahan utamannya terbuat dari olahan tahu namun sangking banyaknya peminat jajanan ini sering dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang kerumah. Bermula dari populernya jajanan tahu saat ini dikenal dengan sebutan tahu baxo, yang berarti tahu tersebut di buat untuk campuran bakso.

Pembuatan tahu biasanya dibentuk seperti pada umumnya yaitu kotak, namun didalamnya terisi seperti campuran daging dan bahan bumbu pembuatan bakso. Jika kalian penasaran untuk memborong tahu baxo, bisa berkunjung ke toko oleh-oleh di Jalan Pandanaran, Semarang. Kalian juga tak perlu khawatir akan ketahanan tahu baxo, karena di packingnya sangat baik sehingga kamu bisa menikmati perjalanan pulang dengan tenang.

Nah itulah tadi beberapa tentang 10 Oleh-oleh Khas Semarang Paling Rekomended Dibawa Pulang. Semoga rekomendasi di atas bermanfaat ya buat kalian semuanya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini