7 Manfaat Buah Bacang yang Tidak Banyak Orang Tahu

0
240

Koran.id – Sebagian dari kalian mungkin masih agak asing dengan jenis buah yang mirip dengan buah mangga ini, yakni buah bacang. Buah bacang sekilah memang hampir sama dengan mangga, hanya saja rasa yang dimilikinya jelas berbeda. Selain itu, dari bentuk dan warnanya juga agak berbeda, di mana buah bacang cenderung lebih bulat dan berwarna kuning pucat. Hampir sama dengan buah mangga, manfaat buah bacang juga cukup banyak bagi tubuh.

Manfaat dari buah bacang ini sendiri tidak terlepas dari kandungan zat baik yang ada di dalamnya. Mengonsumsi buah bacang secara rutin akan memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat buah bacang bagi kesehatan tubuh? Lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini!

Ragam Manfaat Buah Bacang yang Jarang Orang Tahu

Buah bacang memiliki nama lain Mangifera Foetida Lour dan memang masih ada hubungan saudara dengan buah mangga yang sudah cukup populer. Manfaat yang cukup banyak dimiliki oleh buah bacang dikarenakan zat-zat yang ada di dalamnya. Adapun kandungan zat yang ada di dalam buah bacang, di antaranya protein, lemak, karbohidrat, air, kalsium, fosfor, kalori, serta vitamin A, B1 dan C.

Ragam Manfaat Buah Bacang

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah bacang untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Baik untuk Program Diet

Manfaat buah bacang bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah bisa membantu menyukseskan program diet yang sedang kamu jalani. Buah bacang dengan kandungannya bisa menjaga berat badan agar tidak naik secara drastis. Mengonsumsi buah bacang selama menjalani program diet akan membantu kamu dalam menurunkan berat badan hingga lebih ideal.

Buah bacang sendiri merupakan salah satu buah sumber energi baik bagi tubuh. Ini karena kandungan kalori yang ada di dalamnya, di mana kalori sendiri berfungsi sebagai bahan bakar. Meski begitu, buah bacang ternyata memiliki kandungan lemak yang cukup rendah sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

2. Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Selain sebagai sumber energi, buah bacang juga kaya akan kandungan air yang jumlahnya mencapai 72.2 gram. Kandungan air yang cukup tinggi ini akan mampu mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak akan lagi mengalami yang namanya kekurangan cairan atau disebut juga dengan dehidrasi.

Mengonsumsi buah bacang secara rutin juga diperbolehkan, bahkan ini juga bisa membuat seseorang terhindar dari yang namanya dehidrasi. Saat mengalami dehidrasi, ada beberapa gejala yang dialami oleh tubuh, seperti merasa lemas, lelah, pusing, dan kurang bersemangat. Jangan biarkan hal tersebut terjadi secara terus-menerus karena bisa membahayakan kesehatan tubuh.

3. Menjaga dan Merawat Fungsi Otak

Mengonsumsi buah bacang secara rutin juga dipercaya mampu menjaga dan merawat fungsi otak agar tetap dalam kondisi optimal. Buah bacang dengan kandungan baik di dalamnya akan mampu berperan sebagai vitamin otak yang baik dan disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya itu, buah bacang juga memiliki kemampuan mencegah berbagai gangguan pada otak seperti Alzheimer, tumor otak dan lain sebagainya.

Di dalam buah bacang terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi yakni mencapai 56 miligram. Kandungan vitamin C inilah yang berperan sebagai antioksidan alami untuk mencegah dan melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel otak.

4. Menjaga Stamina Tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, buah bacang merupakan salah satu sumber energi yang baik untuk tubuh. Buah bacang ini sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi yakni mencapai 24.4 gram. Mengonsumsi buah bacang secara rutin akan membuat stamina tubuh tetap terjaga sehingga kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat.

Agar lebih efektif lagi, imbangi juga pengonsumsian buah bacang dengan jenis makanan yang juga menjadi sumber energi tubuh. Tidak lupa juga menerapkan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah bacang bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah mampu menjaga dan juga mengoptimalkan sistem imun tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah bacang. Peranan vitamin C dalam tubuh yakni untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit yang menyerang.

Seperti yang kita tahu, tubuh yang sakit dan menderita penyakit tertentu itu disebabkan oleh mikroorganisme jahat yang masuk ke dalam tubuh, seperti virus, jamur dan juga bakteri. Karena itulah, sebelum hal tersebut kamu alami maka perkuat sistem kekebalan tubuh dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

6. Sebagai Penetral Racun Dalam Tubuh

Seseorang yang rutin mengonsumsi buah bacang bisa membuatnya tahan terhadap serangan penyakit dan juga racun. Khususnya untuk racun, yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan dinetralisir oleh organ hati yakni Liver. Nah, mengonsumsi buah bacang membuat meningkatkan kinerja organ tersebut, sehingga membuatnya lebih efektif dalam menetralkan racun di dalam tubuh.

Meski begitu, manfaat ini masih belum dipastikan kebenarannya dikarenakan belum adanya penelitian yang lebih lanjut. Hanya saja, mengonsumsi buah bacang secara rutin memang akan membantu menjaga dan merawat fungsi organ hati.

7. Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat buah bacang selanjutnya bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Saat masa kehamilan, tubuh akan membutuhkan lebih banyak asupan vitamin dan nutris untuk menjaga tubuhnya dan bayi yang dikandung. Kekurangan nutrisi dan vitamin akan berpengaruh terhadap perkembangan janin yang ada dalam perut ibu.

Ibu hamil yang mengonsumsi buah bacang akan membuatnya mendapat banyak sekali manfaat. Manfaat baik buah bacang bagi ibu hamil, di antaranya sebagai sumber energi, sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh, dan juga untuk mengoptimalkan perkembangan janin.

Selain beberapa manfaat di atas, masih ada banyak lagi manfaat buah bacang bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga dan merawat paru-paru, menyehatkan mata, melancarkan peredaran darah, hingga merawat dan menjaga kesehatan gigi serta tulang.

Itulah tadi beberapa manfaat buah bacang bagi kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu. Selain rasanya yang enak, ternyata buah bacang yang merupakan saudara dari mangga ini punya banyak sekali manfaat baik. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini