7 Manfaat Daun Bidara Bagi Tubuh yang Harus Kamu Tahu

0
6373
Manfaat Daun Bidara Bagi Tubuh
Manfaat Daun Bidara Bagi Tubuh

Koran.id – Sebagian dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman kaya manfaat satu ini. Belakangan ini tanaman bidara memang sedang ramai diperbincangkan, dan banyak pula yang tertarik untuk menanamnya di halaman atau pekarangan rumah. Tidak lain karena tanaman satu ini punya banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain buahnya, manfaat daun bidara bagi tubuh juga sangat banyak, khususnya untuk kesehatan.

Manfaat ini sendiri didapat dari beberapa kandungan zat yang memang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh selengkapnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

7 Manfaat Daun Bidara Bagi Tubuh yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Daun Bidara untuk Tubuh
Manfaat Daun Bidara untuk Tubuh

Daun bidara punya khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh dikarenakan daun tersebut mempunyai sifat antioksidan, sitoprotektif, imunostimulan, hepatoprotektor dan sifat penting lainnya. Ini tentu di dapat dari beberapa kandungan zat alami yang ada di dalamnya seperti, flafonoid, alkanoid, asam amino, protein, saponin, terpenoid, glikosida, tanin, serat dan juga senyawa fenolik.

Tanaman bidara ini sendiri memiliki nama latin ziziphus mauritiana, di mana tanaman ini umumnya tumbuh di daerah yang kering. Meski begitu, bukan berarti tanaman bidara tidak cocok di tanam di Indonesia. Sudah banyak kok yang membudidayakan tanaman bidara yang kaya manfaat satu ini. Adapun manfaat daun bidara bagi tubuh yang perlu kamu tahu, antara lain:

1. Merawat dan Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun bidara bagi tubuh yang pertama adalah memiliki kemampuan menjaga dan merawat jantung agar tetap dalam kondisi sehat. Berbagai gangguan atau penyakit jantung akan mampu di atas serta dicegah oleh daun bidara ini. Dengan begitu, jantung akan mampu melakukan fungsinya dengan baik tanpa terkendala apapun.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun bidara bagi kesehatan jantung tidaklah sulit. Cukup kamu siapkan beberapa helai daun bidara, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, kamu rebus daun bidara dengan air secukupnya. Kamu bisa meminum air rebusan daun bidara tersebut secara rutin.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi menjadi salah satu kondisi yang cukup sering dialami banyak orang sekarang ini. Sala satu penyebabnya adalah pola makan yang tidak sehat serta jarangnya melakukan aktivitas fisik, olahraga misalnya. Kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan jantung dan stroke. Karena itulah, sangat penting untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil.

Salah satunya caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi serat yang larut ke dalam air. Dan serat semacam ini bisa kamu temukan pada air rebusan daun bidara. Ya, kamu bisa mencuci beberapa helai daun bidara lalu merebusnya. Minum air rebusan daun bidara tersebut secara rutin agar kadar LDL dalam tubuh semakin menurun.

3. Merawat dan Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat daun bidara untuk tubuh berikutnya adalah mampu menjaga serta melindungi sistem pencernaan dari berbagai gangguan. Daun bidara dengan kandungan serat di dalamnya akan mampu merawat sistem pencernaan agar selalu menjalankan fungsinya dengan baik. Racun di dalam sistem pencernaan yang bisa menimbulkan infeksi, juga bisa dikeluarkan dengan mudah. Dengan begitu, tidak akan ada lagi gangguan yang dialami pada sistem pencernaan.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, kamu meminum air rebusan daun bidara atau dengan menjadikannya minuman teh. Selain daunnya, buah bidara juga punya efek yang baik dalam menjaga dan merawat kesehatan sistem pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi buah bidara tersebut secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Selain bermanfaat untuk organ dalam tubuh, daun bidara juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat luar. Salah satunya adalah sebagai obat untuk menyembuhkan luka, baik itu luka sayatan, luka bakar, luka lecet atau juga luka akibat goresan. Dengan memanfaatkan daun bidara, maka akan membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Manfaat ini sendiri didapat dari sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dimiliki oleh daun bidara tersebut. Selain itu, ada pula kandungan senyawa glikosida yang berkhasiat untuk membantu menyembuhkan luka bakar dan juga menghilangkan bekas luka di kulit. Ini karena kemampuan daun bidara yang bisa mempercepat proses regenerasi kulit.

5. Menghilangkan Jerawat di Wajah

Ingin tampil cantik menawan tanpa adanya jerawat yang muncul di wajah? Kalau begitu, kamu bisa memanfaatkan daun bidara yang kaya manfaat ini. Daun bidara dengan sifat antibakteri yang dimilikinya mampu mengatasi jerawat dengan cepat dan efektif. Bukan dengan cara meminum air rebusannya, melainkan menjadikan daun bidara sebagai masker alami wajah.

Tidak hanya mampu mengatasi jerawat, menjadikan daun bidara sebagai masker wajah juga akan membuat kulit lebih bersih, terlindungi dari sinar UV serta membuatnya tampak lebih muda dan kenyal. Sekarang kamu bisa tampil pede dengan kulit wajah yang cantik dan terlindungi.

6. Baik untuk Program Diet

Apakah kamu sekarang ini sedang menjalankan program penurunan berat badan? Sebaiknya manfaatkan juga daun bidara sebagai cara menyukseskan program diet yang sedang kamu jalani tersebut. Daun bidara dengan kandungannya akan memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mencegah keinginan untuk makan.

Caranya sangat mudah, cukup kamu rebus beberapa helai daun bidara bersama air secukupnya. Biarkan daun bidara terendam semalaman, dan paginya air rebusan tersebut bisa kamu konsumsi. Tidak hanya membuat perut kenyang lebih lama, minum air rebusan daun bidara juga akan membantu pembakaran lemak di dalam tubuh.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dan manfaat daun bidara bagi tubuh yang terakhir adalah mampu menekan kadar gula darah sehingga terus menurun. Ini tentunya menjadi cara terbaik bagi penderita diabetes dalam usahanya untuk menurunkan serta mengontrol kadar gula darahnya.

Masih sama dengan cara sebelumnya, kamu cukup siapkan beberapa helai daun bidara kamudia rebus dengan air secukupnya. Minum air rebusan daun bidara tersebut secara rutin agar kadar gula darah menurun. Selain itu, perlu juga diimbangi dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat agar lebih maksimal dalam menstabilkan kadar gula darah.

Itulah tadi beberapa manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Artikel Sebelumnya7 Jenis Obat Gatal Alami yang Aman dan Efektif
Artikel Selanjutnya10 Wisata Pantai di Bantul yang Indah Favorit Wisatawan
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini