7 Jenis Obat Gatal Alami yang Aman dan Efektif

0
175
Jenis Obat Gatal Alami
Jenis Obat Gatal Alami

Koran.id – Gatal di kulit merupakan kondisi yang pastinya pernah dialami oleh semua orang. Ada banyak faktor yang menimbulkan rasa gatal di kulit, baik karena alergi, hewan penyebab gatal (nyamuk, ulat, dll), atau juga karena penyakit serius. Meski begitu, tidak banyak yang tahu bagaimana cara mengatasi gatal tersebut selain dengan menggaruknya. Sebaiknya jangan sering lakukan hal ini, karena menggaruk bisa menyebabkan kulit iritasi atau kondisi lainnya. Ada beberapa jenis obat gatal alami khusus yang bisa kamu manfaatkan untuk meredakan kondisi tersebut.

Obat gatal di kulit yang alami lebih banyak dipilih, karena selain efektif menghilangkan rasa gatal juga sangat aman dalam penggunaannya. Berbeda dengan obat gatal dari bahan kimia, terkadang ada efek samping negatif setelah penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat gatal dari bahan alami yang aman dan efektif bisa kamu manfaatkan.

7 Jenis Obat Gatal Alami yang Aman dan Efektif

Rasa gatal di kulit memang bukan termasuk kondisi yang serius. Tetapi, rasa gatal yang ditimbulkan akan sangat menyiksa dan membuat tidak nyaman saat melakukan aktivitas apapun. Umumnya seseorang akan terus menggaruk hingga rasa gatal tersebut hilang. Padahal itu tidaklah benar, karena seperti yang dijelaskan di atas di mana cara ini hanya akan membuat kulit teriritasi atau luka.

Adapun beberapa jenis obat gatal alami yang diklaim efektif dan aman saat digunakan, di antaranya:

1. Daun Mahkota Dewa

Daun Mahkota Dewa
Daun Mahkota Dewa

Mungkin sebagian orang menyangka dari tanaman mahkota dewa yang bisa diambil manfaatnya hanyalah bagian buahnya saja. Padahal tidak, daun dari tanaman mahkota dewa ini juga punya manfaat baik bagi tubuh. Salah satu manfaatnya tersebut adalah bisa membantu meredakan rasa gatal di kulit dengan cepat dan sangat efektif.

Ini dikarenakan di dalam daun mahkota dewa memiliki kandungan saponin, alkaloid, antihistamin, dan polifenol. Beberapa kandungan tersebut memang punya efek yang baik dalam menghilangkan rasa gatal. Untuk cara membuat obat gatal alami dari daun mahkota dewa sangat mudah. Cukup siapkan beberapa helai daun mahkota dewa, kemudian tumbuk atau giling hingga halus. Selanjutnya balurkan ramuan tersebut pada area kulit yang gatal, dan biarkan hingga agak mengering.

2. Daun Salam

Daun Salam
Daun Salam

Daun salam tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk bahan masakan saja, melainkan juga punya kemampuan menghilangkan rasa gatal di kulit. Manfaat ini didapat dari beberapa kandungan zat yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut seperti, saponin, alkaloid, asam, steroid, tanin, minyak esensial dan lain sebagainya. Beberapa kandungan tersebut membuat daun salam memiliki sifat antimikroba sehingga cukup ampuh menghilangkan rasa gatal yang biasanya disebabkan oleh mikroba.

Cara memanfaatkan daun salam sebagai obat gatal tradisional yang ampuh juga sangat mudah. Cukup kamu siapkan beberapa helai daun salam, kemudian cuci hingga bersih. Mulailah dengan melumatkan daun salam, lalu kamu tempelkan pada bagian kulit yang terasa gatal.

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Jenis obat gatal alami yang paling ampuh dan aman berikutnya adalah lidah buaya. Sejak dulu tanaman lidah buaya memang sering digunakan untuk campuran bahan kecantikan kulit. Kandungan baik di dalamnya mampu menutrisi kulit sehingga membuatnya tampak cantik dan sehat pastinya. Tidak hanya itu, tanaman lidah buaya ternyata juga punya kemampuan untuk menghilangkan rasa gatal di kulit.

Manfaat ini didapat karena lidah buaya punya sifat antijamur, antibakteri, anti-inflamasi, serta emolien. Untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya tersebut bisa dengan mengoleskan secara langsung gel lidah buaya ke kulit yang gatal. Jika memang di rumahmu tidak terdapat tanaman lidah buaya, maka bisa membelinya di toko kosmetik yang menjual ekstrak gel lidah buaya.

4. Campuran Minyak Goreng dan Garam

Campuran Minyak Goreng dan Garam
Campuran Minyak Goreng dan Garam

Mungkin kamu menganggap cara ini cukup tidak cukup ampuh dalam mengatasi rasa gatal di kulit. Padahal, campuran bahan dapur satu ini menjadi salah satu obat gatal tradisional yang paling ampuh dan aman pastinya. Sudah banyak yang membuktikan jika penggunaan kedua bahan ini memang sangat ampuh mengatasi gatal.

Cukup kamu siapkan garam dan minyak goreng bersih secukupnya. Taruh kedalam wadah lalu aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur. Jika sudah, langsung oleskan pada area kulit yang mengalami gatal.

5. Daun Biduri

Daun Biduri
Daun Biduri

Jenis obat alami untuk mengatasi rasa gatal di kulit yang paling ampuh dan aman berikutnya adalah daun biduri. Dikatakan ampuh mengatasi gatal dikarenakan daun biduri punya kandungan alami seperti, polifenol, saponin, tanin, flavonoid, dan juga kalsium oksalat.

Cukup kamu siapkan beberapa helai daun biduri, kemudian panaskan sebentar. Olesi daun biduri tersebut dengan minyak kelapa, lalu tempelkan pada area kulit yang terasa gatal-gatal. Selain ampuh mengatasi gatal, daun biduri ternyata punya khasiat lain seperti, mengobati kudis, bisul, dan luka.

6. Campuran Susu dan Madu

Campuran Susu dan Madu
Campuran Susu dan Madu

Susu dan madu merupakan bahan alami yang punya efek baik saat diaplikasikan ke kulit. Selian bermanfaat dalam hal kecantikan kulit, kedua bahan alami tersebut juga sangat baik dalam menjaga kesehatannya. Campuran susu dan madu diklaim mampu mengatasi rasa gatal di kulit. Selain itu, kulit kering dan meradang juga dapat diatasi dengan sangat baik.

Untuk membuat ramuan atau obat gatal dari campuran susu dan madu sangat mudah. Cukup kamu siapkan susu secukupnya, kemudian campurkan dengan sedikit madu. Aduk-aduk hingga larut, lalu celupkan kain lap yang bersih. Olehskan langsung ke area kulit yang terasa gatal tadi.

7. Kulit Batang Kamboja

Kulit Batang Kamboja
Kulit Batang Kamboja

Dan jenis obat gatal alami yang efektif dan aman digunakan yang terakhir adalah kulit batang kamboja. Kulit batang kamboja sendiri dipercaya sebagai obat gatal tradisional dikarenakan adanya kandungan polifenol, alkaloid, dan flavonoid yang ada di dalamnya. Selain ampuh mengatasi rasa gatal, penggunaan dari bahan alami ini juga sangat aman tanpa efek samping.

Untuk memanfaatkan kulit batang kamboja untuk mengatasi kulit gatal sangat mudah. Siapkan kulit batang kamboja secukupnya kemudian giling hingga halus. Langsung saja balurkan kulit batang kamboja yang sudah halus tersebut ke area kulit yang gatal.

Itulah tadi beberapa jenis obat gatal alami yang paling ampuh dan aman untuk digunakan. Dibandingkan dengan obat dari bahan kimia, obat alami di atas bisa dibilang lebih aman da efektif digunakan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini