7 Cara Mengatasi Ketiak Gatal Akibat Ruam Paling Mudah

0
357
Cara Mengatasi Ketiak Gatal Akibat Ruam

Koran.id – Pernahkah kamu mengalami gatal di area ketiak dikarenakan ruam? Hal ini memang sering dialami oleh banyak orang, dikarenakan ketiak merupakan salah satu area tubuh yang paling sensitif dan mudah mengalami iritasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ruam di ketiak yang mengakibatkan gatal. Namun, cara mengatasi ketiak gatal akibat ruam secara alami lebih banyak dipilih karena dianggap aman dan efektif.

Kondisi lebih lanjut jika ruam tidak kunjung sembuh meskipun sudah dilakukan berbagai cara, maka lebih baik periksakan diri ke dokter. Ditakutkan ruam di ketiak yang tidak kunjung sembuh merupakan gejala dari suatu penyakit tertentu. 

7 Cara Mengatasi Ketiak Gatal Akibat Ruam Paling Mudah

Selain membikin gatal, ruam di ketiak biasanya juga menyebabkan perih jika terlalu sering digaruk. Hal ini tentu akan membuatnya semakin parah dan susah untuk sembuh. Ruam di ketiak disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari lecet akibat gesekan pada kulit, biang keringat, eksim, dermatitis seborik hingga infeksi jamur. Beberapa penyebab tersebut sebaiknya kamu hindari agar tidak menimbulkan ruam di ketiak.

Adapun cara mengatasi ketiak gatal akibat ruam paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan, antara lain:

1. Menghindari pakaian yang ketat

Cara mengatasi ketiak gatal akibat ruam yang pertama adalah dengan menghindari mengenakan pakaian yang ketat. Pakaian yang ketat hanya akan membuat ruam merah di ketiak semakin parah. Terlebih lagi saat ketiak berkeringat yang membuat area di ketiak lembab dan terjadi gesekan dengan pakaian.

Memilih pakaian yang lebih longgar akan menghindari kulit ketiak yang terdapat ruam bergesekan dengan pakaian. Pastikan juga ketiak tidak dalam keadaan terlalu lembab atau bahkan basah karena keringat agar ruam merah yang dialami bisa cepat hilang.

2. Mengompres dengan es batu

Gatal yang dirasakan saat terdapat ruam di ketiak juga bisa diatasi dengan mengompresnya menggunakan es batu atau air dingin. Area ketiak yang mengalami ruam dan gatal akan memaksamu untuk terus menggaruknya. Jika hal tersebut terus dilakukan, maka akan membuat ruam semakin parah dan tidak kunjung sembuh.

Es batu bisa kamu gunakan untuk mengompres ketiak agar rasa gatal yang dialami lebih diminimalisir. Es batu akan memberikan sensasi rasa dingin sehingga gatal tidak lagi terasa.  Untuk cara mengompresnya sendiri cukup mudah, siapkan handuk atau kain lembut untuk pembungkus es batu. Tempelkan pada ketiak selama beberapa saat hingga rasa gatalnya mereda. Selain meredakan rasa gatal, rutin mengompres dengan es batu akan membuat ruam menghilang secara berangsur-angsur.

3. Memperbanyak konsumsi vitamin C

Salah satu penyebab ruam di ketiak adalah karena adanya infeksi. Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin C tinggi akan mampu memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi yang menjadi penyebab ruam tersebut. Beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin C yang cukup tinggi seperti, jeruk, tomat, brokoli, kiwi dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengonsumsi jenis makanan kaya kandungan vitamin C tersebut secara langsung ataupun dengan menjadikannya sebagai jus alami. Konsumsi secara rutin setiap hari agar ruam di ketiak bisa cepat sembuh dan rasa gatal pun hilang.

4. Mandi dengan air hangat

Selain air dingin, air hangat ternyata juga bisa meredakan rasa gatal di ketiak akibat ruam yang di alami. Namun perlu kamu ingat, air yang digunakan adalah air hangat bukan air yang terlalu panas. Mandi dengan air yang terlalu panas hanya akan membuat kulit teriritasi, dimana ini bukannya mengatasi masalah, melainkan menambah masalah baru.

Kamu bisa mandi air hangat secara rutin, bisa di pagi hari ketika akan berangkat kerja atau aktivitas atau saat sore hari setelah beraktivitas. Namun yang perlu diingat, mandi dengan air hangat jangan dilakukan dengan durasi cukup lama, karena hal tersebut akan membuat kulit kering dan pecah-pecah.

5. Menghindari kebiasaan panas-panasan di bawah matahari

Cara mengatasi ketiak gatal akibat ruam merah selanjutnya adalah dengan meminimalkan berpanas-panasan di bawah sinar matahari. Kebiasaan ini akan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat dan ketiak menjadi basah. Jika sudah seperti ini maka akan membuat ketiak teriritasi dan ruam pun akan semakin parah. Terlebih lagi jika kamu mengenakan pakaian yang ketat, gesekan yang terjadi juga bisa menyebabkan ruam dan iritasi.

6. Mengganti produk deodoran

Penggunaan deodoran bisa saja menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa orang. Jika terus dibiarkan, reaksi alergi akan menimbulkan gejala  dan salah satunya adalah gatal-gatal. Reaksi alergi yang ditimbulkan bisa saja disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Untuk cara mengatasi  ketiak gatal akibat ruam yang disebabkan oleh penggunaan deodoran yang tidak cocok yakni dengan menghentikan pemakaiannya atau bisa juga dengan mengganti produk deodoran.

7. Menggunakan Lotion Calamine

Dan cara mengatasi ketiak gatal akibat ruam paling mudah yang terakhir adalah dengan penggunaan Lotion Calamine. Penggunaan Lotion tersebut akan mampu meredakan rasa gatal yang terjadi di ketiak. Caranya cukup mudah, tinggal kamu oleskan lotion khusus di area ketiak dan mendiamkannya. Lakukan cara ini dengan rutin agar ruam di ketiak bisa cepat sembuh dan rasa gatal pun menghilang.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi ketiak gatal akibat ruam kulit yang paling mudah kamu terapkan. Lakukan cara di atas secara rutin agar ruam bisa cepat sembuh. Jika ternyata ruam tidak kunjung sembuh dalam waktu cukup lama, cobalah untuk memeriksakannya ke dokter spesialis.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini