Jangan Emosi! Begini Tips Menghadapi Bos Galak di Kantor

0
566

Koran.idBekerja di suatu perusahaan maupun instansi memang harus mengikuti aturan yang telah dibuat pihak itu terkait, namun bagaimana jika salah satu atau yang dimaksud bos kalian yang selalu galak pada kamu? Tentunya hal ini akan membuat mental seseorang menjadi jatuh, dan bisa-bisa malas untuk ketemu bos lagi. Nah tapi jangan emosi dulu kalian, begini tips menghadapi bos galak di kantor.

Bos atau atasan yang memimpin di suatu pekerjaan memang harus wajib memberikan arahan atau membimbingnya, bukan malah menjatuhkan memarahi bawahannya. Hal ini memang harus mempunyai strategi khusus untuk menghadapi bos galak, yang terpenting kalian jangan sampai menyerah dahulu meskipun bos lagi memarahi kamu. Nah untuk mengetahui tipsnya, yuk langsung saja simak selengkapnya berikut di bawah ini :

Begini Tips Menghadapi Bos Galak di Kantor

1. Jangan Menganggap Marah adalah Hal Buruk

Pertama bagi yang mendapati bos galak yang terus memarahi bawahanya, tips untuk menghadapinya adalah nilailah bos kalian yang suka marah tersebut jangan hanya sekali saja atau bisa saja bos kamu itu posisinya benar untuk memotivasi bawahanya untuk bekerja lebih baik lagi. Yang terpenting nilailah secara masuk akal atau kompeten, jangan sampai cepat-cepat mengatakan buruk ya?

Biasanya jika bos galak bisa terjadi karena dua hal, yakni apakah bos itu karena marah karena karakter sifatnya demikian. Tidak ada kesalahan apa-apa tiba-tiba si bos marah tanpa sebab, dan yang kedua apakah memang bawahan tadi mendapati kerja yang kurang maksimal sehingga si bos ingin menekan yang sekaligus memberikan motivasi yang lebih. Nah jadi kalian bisa menilainya berdasarkan 2 faktor tersebut ya? jadilah karyawan yang cerdas untuk masa depan.

2. Jangan Terpengaruh Marahnya Bos

Menjadi karyawan yang cerdas jangan sampai kalian terganggu sama celotehan orang-orang disekitar, hal ini berlaku untuk bos ya? bukan berarti kamu menghiraukanya namun ketika si bos mulai galak dan semarah apapun itu kamu harus pintar dalam mengkondisikan pikiran, sehingga pikiran yang tidak terpengaruh akan membuat emosi kamu lebih tertata lagi dan menjadikan mental lebih kuat.

Tugas karyawan yang penting lakukanlah sebuah pekerjaan itu dengan benar, memenuhi target dan tidak melakukan kesalahan berarti. Dengan hal itu maka kamu akan lebih fokus ke pekerjaan dari pada orang disekitar yang mengganggu kamu, dan bukan tak mungkin jika kamu bekerjanya benar sama si bos akan dicuekin atau tidak dimarahi.

3. Kesempatan Ambil Hati Bos

Berikut ini memang tips paling ampuh untuk menghadapi bos galak, karena sebelum bos melakukan hasrat kemarahanya pada bawahan maka langkah yang harus kalian ambil yaitu mencegah dengan mengambil hatinya. Kamu bisa melakukan itu seperti mengingatkan bos ketika beliau minta diingatkannya, dengan tips begitu maka si bos akan mengucapan terima kasih dan rasa emosinya pun terpendam.

Namun sebelum melakukan hal seperti itu memang harus mempunyai keahlian, seperti kalian harus mengetahui kebiasaan si bos. Yang terpenting kamu harus lebih tanggap dari pada si bos yang ingin melakukanya, dengan melihat si bos yang selalu diingatkan baik sama kamu maka akan menimbukan hati bos menjadi lebih sabar dan berpikir kembali untuk marah.

4. Menjelajahi Sifat Kemarahannya

Pemicu marahnya si bos memang perlu diketahui oleh bawahanya, apakah marah itu dari sisi kinerja karyawanya atau masalah pribadinya dari rumah. Untuk itu kalian harus mengidentifikasi pada emosi bos yang galak itu, segalak-galaknya bos pasti memiliki tujuan untuk mendorong lebih baik pada pekerjaan kantor, namun bagaimana jika masalahnya itu bukan tentang pekerjaan pasti rumit dong?

Agar mengetahui bos selalu galak ketika dikantor, kalian bisa mengandalkan teman sekantor untuk cari tahu kenapa si bos kok selalu suka marah-marah. Jika benar-benar kalian mengetahui akan hal itu, maka sikap yang diambil kamu jangan sampai memancing lebih amarahnya yang menjadi dan harus lebih baik menempatkan pada kondisi seperti itu.

5. Komunikasilah dengan Atasan Lain

Tips lainnya untuk menghadapi bos galak di kantor kalian harus minta bantuan dengan curhat kepada atasan lainnya yang sekantor, atasan kamu ini bisa senior yang lebih mengetahui karakter bos yang memimpin pekerjaan. Jika memang benar si bos itu selalu suka marah-marah meski tanpa melihat karyawannya yang bekerja, maka kamu harus pintar dalam mengkondisikan suasana atau bisa jadi kamu sedikit menjauhi pandangan si bos.

Yang lebih pentingnya jika kamu sebagai karyawan baru, pastinya hal ini akan menjadi sebuah tekanan. Namun untuk mengatasinya kalian harus ekstra dalam sikap kesabaran, lihatlah terlebih dahulu setiap harinya. Jika kamu sudah terbiasa akan hal itu, maka kamu sudah bisa melakukan adaptasi.

6. Jadilah Karyawan Teladan

Menjadi karyawan teladan memang tidak mudah di mata bos, namun untuk menunjukan kamu tak perlu berkata kepada bos atau pamer mengenai pekerjaan kamu. Malah jika kamu sering pamer akan membuat risih si bos, untuk itu lakukanlah pekerjaan kamu sebaik mungkin tanpa ada ingin dilihat si bos saja.

Akan tetapi jika bos galak itu sudah terlanjur mengomel pada kamu, maka ambillah sikap yang tegas namun diam. Hal ini kamu bisa melakukanya dengan merespon anggukan kepala tanpa harus ada kata terucap, dan kesempatan ini harus kamu tunjukkan melalui tugas pekerjaan yang maksimal.

7. Meminimalisir Kesalahan

Melakukan kesalahan atau kekeliruan di suatu pekerjaan memang bukanlah hal yang baru lagi untuk dilihat, namun untuk mengatasi hal tersebut memang diperlukan cara yang ekstra. Seperti kamu ketika diperintah bos untuk hal sesuatu, maka kamu harus benar-benar memaksimalkan hal itu.

Caranya agar tidak lupa atau pun keliru kamu bisa menanyakan ulang disuruh apa saja, kalau perlu jika perintahnya si bos banyak kamu perlu mencatatnya untuk tidak menanyakan terus-menerus. Sikap yang kamu lakukan seperti itu memang tujuannya untuk meminimalisir kesalahan dari si bos agar tidak galak lagi.

Nah, itulah tadi tentang Tips Menghadapi Bos Galak di Kantor. Jadi kalian harus punya strategi seperti di atas atau kamu bisa juga mengatasi si bos tersebut dengan cara kamu sendiri. Semoga bermanfaat untuk tips-nya.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini