7 Tips Elegan Menghadapi Teman Kerja yang Menyebalkan

0
198

Koran.idBerada di lingkungan kerja memang harus siap untuk mempunyai semangat tinggi untuk menargetkan apa yang dikerjakan, tentunya untuk memperoleh target diperlukan kerjasama tim bersama rekan atau teman kerja. Namun bagaimana jika pekerjaan menjadi tidak selesai karena ada teman kamu yang menyebalkan? Nah kalian jangan khawatir, jika ada rekan atau teman kerja seperti itu maka lakukanlah tips elegan menghadapi teman kerja yang menyebalkan.

Teman kerja yang menyebalkan di tempat kerja memang wajar terjadi, namun kamu jangan langsung memarahinya atau bahkan membencinya. Cara elegan untuk menghadapi teman kerja menyebalkan seperti itu, sebetulnya cukup sederhana dan mudah. Yang terpenting kalian harus melakukan tips dibawah ini.

7 Tips Elegan Menghadapi Teman Kerja yang Menyebalkan

Ketika menghadapi teman kerja yang menyebalkan memang harus memiliki tips, hal ini agar tidak membuat teman kamu menjadi marah-marah bahkan gak terima jika di tegur sama kamu. Maka dari itu di sini ada beberapa tips elegan menghadapi teman kerja, tentu saja berdasarkan tipe karakternya bagaimana. Untuk mengetahuinya yuk simak selengkapnya berikut :

1. Menghadapi Teman yang Suka Gosip

Pertama salah satu tipe seseorang atau teman kerja yang menyebalkan adalah tukang gosip, wah bahaya nih jika menemui teman kerja seperti ini. pastinya kalian harus berhati-hati misalnya di dalam pembicaraan, sebab tukang gosip selalu ingin tahu dari segala curhatan orang dan paling parahnya terkadang yang di dengar tidak sesuai sama yang dibicarakan. Namun si tukang gosip ini begitu suka untuk menyebar luaskan berita yang gak benar, dan terjadilah berita bohongan atau yang disebut berita hoax.

Teman yang suka gosip selalu menunggu momen yang tepat, bagaimana untuk mengetahuinya cerita seseorang untuk melakukan curhat. Segala cara teman yang suka gosip ini ketika saat ingin mendengar, pastinya dia selalu mendekat tanpa banyak yang mengetahuinya. Solusinya menghindari teman kerja yang suka gosip seperti ini satu-satunya kamu harus beralasan untuk pindah tempat ketika akan bicara, yakni bisa beralasan ke toilet atau sedang ada telpon jadi kamu bisa menjauh dari tempat dia.

2. Menghadapi Teman yang Banyak Bicara

Semangat bekerja untuk mencapai target memang begitu diperlukan, dengan kesiapan tanggung jawab serta modal kerja keras kalian bisa menyelesaikanya. Namun bagaimana jika kamu sudah fokus dalam pekerjaan untuk menyelesaikanya, tetapi ada salah satu teman-mu yang mendekat untuk mengajak bicara atau membuka obrolan cerita.

Hal ini pastinya begitu menyebalkan sekali, padahal kamu sudah sangat fokus sekali pada tugas pekerjaan. Dalam posisi seperti ini pasti yang kamu rasakan bukan lagi jengkel, namun sangat sekali ingin marah kepadanya. Tapi stop dulu kalian tak perlu langsung memarahinya, tips elegan yang pas untuk menghadapinya cukup simple. Jika ada tempat duduk berada di samping-mu yang kosong berilah tas kerja atau jaket sehingga si teman yang suka bicara itu tidak mempunyai tempat untuk mengobrol dan membuat dia malas mendekat.

3. Menghadapi Teman yang Sok Tahu Segalanya

Salah satu teman yang menyebalkan berikutnya seperti teman yang tahu tentang segalanya, bagus sih jika memiliki teman seperti ini di tempat kerja. Memiliki teman kerja pintar memang sangat dibutuhkan, terutama jika sedang rapat bahkan sedang menyelesaikan target pekerjaan. Pasti teman berkarakter seperti ini dibutuhkan sekali, tapi berbeda dari yang dibayangkan bagaimana kalau teman kamu itu sok tahu segalanya dengan sifat ambisiusnya menjadikan ia sombong.

Mudah sekali jika menemui teman yang di bilang sok tahu meskipun dia bisa dikatakan cerdas, tapi tidak tahu cara mengahagai teman-temanya. Cukup kalian tak boleh melakukan perdebatan denganya, karena dia-nya sudah ahli dalam pembicaraan. Solusi terbaiknya ketika dia sedang berdebat sama kamu, maka lakukan tidakan dengan senyuman atau anggukan kepala . dengan begitu teman kamu nanti akan capek sendiri bahkan ide obrolanya akan cepat habis.

4. Menghadapi Teman yang Suka Menekan

Di dalam lingkungan kerja memang perlu sekali semangat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, hal ini tak terlepas dari melihat teman yang juga memiliki visi bekerja yang tinggi. Namun apa jadinya suatu ketika ada satu teman kamu entah itu jabatanya sama dengan-mu atau di atasnya, tetapi selalu menekan kamu dalam bekerja. hal ini tak boleh dilakukan jika sama-sama bekerja meskipun jabatanya lebih tinggi, maka teman yang di tekan tadi akan mengalami drop dan menjadi tidak maksimal di saat mengerjakanya.

Solusi yang baik untuk menghadapi teman menyebalkan seperti ini, maka kamu jangan mau diperlakukan layaknya anak yang baru datang kemarin sore. Memang sih kamu harus mendengar motivasi dia dahulu, ambil yang positifnya saja. Namun jika teman kamu itu sampai menjadi sok seperti bos, maka kamu jangan sampai takut meskipun dianya selalu menekan. Ambillah sikap yang dingin, tanpa ada kata sekalipun yang terucap dari bibirmu atau kamu bisa bersifat cuek tanpa mengetahui apa-apa.

5. Menghadapi Teman Karakter Suara Keras

Paling asik memang di tempat kerja jika orangnya suka bercanda dan saling memberikan motivasi, namun apa jadinya jika salah satu teman kalian berbicara suaranya terlalu keras. Pasti bukan hanya kamu saja yang risih untuk mendengarnya, teman-teman sekantor kamu juga akan ikut terganggu. Hal ini malah pekerjaan kantor tidak akan selesai, karena fokus pada pekerjaan menjadi buyar seketika.

Tips untuk mengatasi teman bertipe seperti itu sebenarnya kamu cukup untuk menegurnya, tapi dengan syarat bicara baik-baik ketika sedang istirahat kalau bisa hanya berdua saja. Secritakan baik-baik kepadanya bahwa suara keras-mu dapat mengganggu teman seruangan, bahkan tak hanya itu kamu sebagai temanya bisa bilang kalau bicara sekeras itu bisa malu-maluin temanya.

6. Menghadapi Teman Tipe Mencari Perhatian

Banyak sekali yang di dapatkan di lingkungan kerja selain menambah wawasan, pastinya kamu mendapati teman yang tipenya berbeda-beda seperti yang satu ini suka mencari perhatian. Jika karakter teman seperti itu di manfaatkan secara positif sama dia-nya maka akan menguntungkan buat teman kerjanya, namun bagaimana jika teman yang suka mencari perhatian sama atasan sedangkan pekerjaanya tidak selaras dengan sifatnya.

Untuk mengatasi hal ini pastinya kamu harus benar-benar sabar lebh dulu pasalnya teman yang selalu ingin dipuji dan juga mencari bonus sama atasanya ini, kamu cukup bicara langsung sama atasan agar benar-benar di perhatikan sifatnya dia dengan cermat. Selain itu kamu juga tanpa ada maksud menjatuhkan dia, dan pula mencari kesempatan dalam masalah ini.

7. Menghadapi Teman Berkarakter Anak Emas

Bekerja di sebuah instansi maupun perusahaan harus profesional di dalam pekerjaanya, tanpa harus membuat kesempatan dimana saling menjatuhkan atau ingin naik pangkat. Bekerja yang baik semua pasti dihadapi sama saja, namun apa jadinya jika ada teman kamu yang karakternya seperti bintang ini selalu manja kepada atasan.

Yang terpenting kalian gak usah iri atau berniat menjatuhkanya, jadikanlah hal ini seperti biasa lakukan yang terbaik di dalam pekerjaan-mu dan buktikan kalau kamu lebih bakat seprti teman kamu tadi. jika atasan kamu mengetahui secara nyata terhadap pekerjaan kamu yang baik, maka beliau tak akan segan-segan untuk memberikan hadiah yang diimpikan kamu dulu.

Nah , itulah tadi beberapa tentang 7 Tips Elegan Menghadapi Teman Kerja yang Menyebalkan. Ada teman kalian yang tipe-nya seperti di atas, jika ada kalian harus berusaha lebih baik ya? karena di lingkungan kerja tujuanya sama untuk mendapatkan target tanpa harus merugikan sesama.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini