7 Manfaat Witch Hazel untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

0
267

Koran.id РWitch Hazel merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan daunnya sebagai bahan campuran pembuatan produk kecantikan. Selain daunnya, kulit kayu Witch Hazel ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman Witch Hazel ini sendiri memiliki nama latin Hamamelis  virginiana, yang mana sudah sejak lama diambil khasiatnya. Manfaat Witch Hazel ini sendiri memang sangat banyak, terutama untuk kecantikan.

Beberapa orang mungkin masih agak asing dengan jenis tanaman Witch Hazel. Ini karena penyebarannya di Indonesia tidak terlalu merata. Mengenai manfaat Witch Hazel untuk kecantikan dan kesehatan tubuh, bisa kalian simak di bawah ini.

7 Manfaat Witch Hazel untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Witch Hazel untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Witch Hazel sering dimanfaatkan untuk kecantikan dikarenakan kandungan zat tanin dan kandungan lain yang ada di dalamnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tanaman Witch Hazel ini bisa dimanfaatkan daun dan juga kulit kayunya. Untuk hal kecantikan, ekstrak daun Witch Hazel mempunyai efek menyerap dan menekan produksi minyak. Selain itu, pori-pori besar juga bisa lebih disamarkan dengan cara memperkecil pori-pori tersebut. Manfaat Witch Hazel untuk kecantikan dan kesehatan tubuh lainnya, sebagai berikut:

1. Mencegah dan menghilangkan jerawat

Manfaat Witch Hazel untuk kecantikan yang pertama adalah berkhasiat untuk mencegah serta mengatasi jerawat dengan cepat. Seperti yang kita tahu, munculnya jerawat di wajah disebabkan oleh adanya peradangan pada pori-pori.  Witch Hazel ini sendiri memiliki sifat anti-peradangan, dengan begitu jerawat di wajah akan lebih mudah diusir dan tidak akan kembali lagi.

Tidak hanya itu, Witch Hazel juga berkhasiat untuk menyerap serta menekan produksi minyak di wajah. Wajah berminyak umumnya juga lebih mudah muncul jerawat. Sehingga dengan menekan produksi minyak makan akan memperkecil munculnya jerawat di wajah khususnya.

2. Membuat kulit kencang dan awet muda

Salah satu kondisi kulit yang paling ditakuti oleh wanita khususnya adalah munculnya kerutan di kulit wajah. Kerutan di kulit merupakan tanda-tanda penuaan yang harus segera ditangani, agar tidak merusak penampilan cantikmu. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan Witch Hazel untuk mengurangi dan mencegah kerutan di wajah.

Manfaat tersebut didapat dari kandungan dari Witch Hazel yang mampu melawan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Tidak hanya itu, Witch Hazel juga mampu mengurangi kerusakan sel kulit yang bisa menimbulkan kerutan.  Dengan begitu, kulit akan tetap kencang dan cantik tanpa ada masalah kerutan yang mengganggu penampilan.

3. Melawan infeksi

Salah satu manfaat Witch Hazel untuk kesehatan tubuh adalah mampu melawan infeksi virus yang terjadi di tubuh. Ini karena adanya kandungan tanin yang ada di dalam Witch Hazel. Dari sebuah penelitian yang dilakukan, kandungan tanin tersebut mamiliki sifat antivirus yang mampu melawan virus influenza A dan HPV (human papillomavirus).

Selain itu, penelitian lain menyebutkan Witch Hazel  memiliki efek menghambat herpes simplex virus 1. Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut agar bisa mengetahui semua manfaat dari Witch Hazel bagi kesehatan tubuh.

4.  Menngatasi Kulit Kering

Meskipun Witch Hazel memiliki kemampuan mengurangi minyak di kulit, tetapi hal tersebut tidak sampai membuat kulit kering. Justru Witch Hazel ini juga punya khasiat mengatasi kulit kering yang sangat baik. Karena khasiatnya tersebut membuat Witch Hazel sering dimanfaatkan sebagai campuran bahan skincare untuk perawatan kulit.

Di dalam Witch Hazel juga terdapat kandungan moisturizer yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, kandungan tersebut memiliki efek yang baik untuk kulit kering. Penggunaan Witch Hazel akan membuat kulit tampak lebih segar dan terlihat awet muda.

5. Mengatasi Mata Bengkak

Mata Bengkak bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kurang tidur, habis nangis, stress, dan lain sebagainya. Apapun penyebabnya, kehadiran mata bengkak akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal dan membuat tidak percaya diri. Apalagi bagi kamu para wanita yang sangat memperhatikan penampilan, mata bengkak menjadi petaka yang harus segera dihilangkan.

Tidak perlu khawatir, untuk menghilangkan mata bengkak kamu bisa mengambil manfaat Witch Hazel. Air rendaman Witch Hazel memiliki efek mengencangkan kulit sekaligus bisa menghilangkan mata bengkak. Cukup celupkan kapas ke air rendaman Witch Hazel lalu tempelkan pada kelopak mata yang bengkak dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Mata bengkak akan segera hilang tanpa bekas sedikitpun.

6. Mencegah Kanker Kulit

Manfaat Witch Hazel berikutnya adalah mampu mencegah penyebaran sel kanker kulit. Ini berkat kandungan zat tanin yang ada di dalam Witch Hazel. Kandungan tersebut memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat dalam melawan radikal bebas dan juga sel kanker kulit.

Meski begitu, hasil ini masih dalam proses penelitian yang lebih lanjut. Sebelumnya para ilmuwan menemukan khasiat ini pada hewan sebagi kelinci percobaannya. Belum bisa dipastikan kebenarannya jika Witch Hazel benar-benar mampu mencegah penebaran sel kanker kulit.

7. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Dan manfaat Witch Hazel yang terakhir adalah bisa digunakan sebagai obat penyembuh sakit pada tenggorokan. Khasiat tersebut didapat dari sifat anti-peradangan yang dimiliki oleh Witch Hazel. Kamu bisa memanfaatkan air rebusan Witch Hazel untuk nantinya digunakan sebagai obat sakit tenggorokan.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut kamu perlu merebus Witch Hazel dengan air sebanyak 240 ml, rebus kurang lebih selama 10 menit. Diamkan hingga agak dingin, lalu gunakan air rebusan Witch Hazel untuk kumur-kumur. Air rebusan Witch Hazel sendiri akan mampu mengatasi pembengkakan serta menghilangkan lendir di tenggorokan.

Itulah tadi beberapa manfaat Witch Hazel untuk kecantikan dan kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini