Cara Agar Tidak Tertular Flu yang Mudah dan Ampuh

0
581
Cara Agar Tidak Tertular Flu

Koran.id – Flu menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Flu ternyata juga bisa menular, apalagi jika daya tahan tubuh seseorang dalam keadaan yang kurang baik. Virus penyebab flu akan mudah menyerang dan akhirnya flu menular. Sebenarnya ada cara agar tidak tertular flu yang bisa kamu terapkan dengan mudah, salah satunya dengan menjalani gaya hidup sehat.

Menerapkan gaya hidup sehat tidak hanya menghindarkan kita dari penyakit flu, melainkan juga jenis penyakit lainnya. Gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan rutin berolahraga, memilah dan memilih makanan sehat, dan masih banyak lagi. Untuk informasi selengkapnya mengenai cara agar tidak tertular penyakit flu bisa disimak di bawah ini.

Cara Agar Tidak Tertular Flu yang Paling Ampuh

1. Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Cara agar tidak tertular flu paling mudah yang pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, maka akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Kekurangan cairan akan membuat daya tahan tubuh menjadi melemah, dan jika ini terjadi maka virus apapun bisa menyerang dengan mudah termasuk virus penyebab flu.

Tidak hanya itu saja, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga membantu tubuh menimimalkan lendir. Untuk bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kamu perlu minum air putih setidaknya 1.5-2 liter per harinya.

2. Biasakan selalu mencuci tangan dengan sabun

Melakukan kontak langsung dengan seseorang yang menderita flu dan batuk bisa membuatmu tertular flu dan batuk juga. Misalnya saat berjabat tangan dengan orang penderita flu dan batuk. Pada saat batuk atau bersin, penderita flu dan batuk biasanya akan menutup mulut dengan tangan. Jika kamu berjabat tangan maka bisa saja virus akan berpindah dan menyerang diri kamu.

Untuk menghindari tertular flu dan batuk, sebaiknya kamu langsung mencuci tangan dengan sabun anti kuman dan bakteri agar virus tersebut tidak menyebar. Atau paling tidak menggunakan hand sanitizer untuk lebih cepat dan mudah membunuh kuman dan bakteri penyebab flu dan batuk. Selain mencuci tangan, sebaiknya juga kamu gunakan masker untuk menghindari tubuh agar tidak tertular flu dan batuk juga.

3. Hindari kebiasaan memegang hidung dan mata

Cara agar tidak tertular flu paling ampuh selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan memegang area wajah, terutama hidung dan mata. Ini karena hidung, mata dan area wajah menjadi sarana masuknya virus dan bakteri penyebab flu. Apalagi kamu juga sering melakukan kontak langsung dengan penderita flu, maka sebaiknya lebih menghindari kebiasaan ini.

Selain itu, kamu juga tidak tahu apakah tangan atau telapak tangan kamu bersih dari virus dan bakteri flu atau sebaliknya. Untuk meminimalisir tertutal flu atau pilek, sebaiknya biasakan mencuci tangan atau selalu sedia hand sanitizer.

4. Istirahat yang cukup

Cara agar tidak tertular flu atau pilek selanjutnya yang paling penting kamu lakukan adalah memastikan tubuh mendapatkan jam istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan membuat sistem imunitasnya menjadi lebih kuat, dan virus flu atau pilek yang menyerang pasti bisa dilawan dengan mudah.

Selain itu, dari sebuah studi yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine menyatakan jika seseorang beristirahat kurang dari 7 jam perhari akan membuatnya 3 kali lebih rentan terhadap flu atau pilek dibandingkan dengan seseorang yang tidurnya cukup yakni 8 jam per hari. Sebaiknya jangan biasakan begadang di malam hari, apalagi untuk hal-hal yang tidak berguna sama sekali.

5. Minum teh hangat

Selain minum air putih yang banyak untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh per harinya, minum teh hangat juga bisa membuat kita terhindar dari penyakit flu dan bauk. Kamu bebas memilih ingin minum teh hitam ataupun teh hijau. Agar lebih nikmat dan ampuh menangkal flu, kamu bisa memberikan campuran madu dan lemon. Konsumsi minuman hangat ini secara rutin.

Saat minum teh hangat, uap yang kita hidup akan memberikan rangsangan folikel silia rambut hidung agar lebih efisien dan efektif dalam melawan kuman dan bakteri masuk melalui hidung. Tidak hanya itu saja, campuran lemon juga membantu tubuh meminimalkan lendir dan madunya sendiri bersifat antibakteri.

6. Mengonsmsi jamur

Kamu mungkin belum tahu bahwa jamur ternyata juga bisa dijadikan cara menghindari tubuh tertular flu dan batuk pilek. Mengonsumsi jamur akan membuat sistem imunitas tubuh menjadi lebih kuat dan tahan terhadap berbagai virus penyakit yang menyerang, termasuk virus flu. Bukan jamur sembarangan, yang dimaksud disini adalah jamur shitake.

Jamur yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini juga sudah dibenarkan di dalam Journal of American Collage of Nutrition. Mengonsumsi jamur shitake secara rutin setiap hari ternyata akan meningkatkan produksi sel T dan mengurangi peradangan. Sel T ini sendiri punya peranan penting dalam melawan kuman dan bakteri yang menyerang tubuh.

7. Mengetuk lembut bagian dada

Cara agar tidak tertular flu dan batuk yang terakhir adalah dengan mengetuk lembut area dada, tepatnya pada tingkat rusuk ketiga. Cara ini mungkin terbilang aneh, tapi nyatanya mengetuk area tersebut akan membantu merangsang kelenjar timus dalam memproduksi sel T. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sel T akan membantu tubuh melawan kuman dan bakteri.

Itulah tadi beberapa cara supaya tidak tertular flu dan batuk pilek bisa kamu terapkan. Terapkan juga gaya hidup sehat agar sistem imunitas tubuh menjadi lebih kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Artikel SebelumnyaSkincare Terbaik yang Paling Ampuh untuk Bikin Ketiakmu Cerah dan Mulus, Cobain Yuk!
Artikel Selanjutnya7 Produk Pelembab Terbaik untuk Mengatasi Kulit Kering
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini