7 Cara Mengatasi Flu Secara Alami yang Paling Ampuh

0
339
Cara Mengatasi Flu Secara Alami

Koran.id – Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Flu ini sendiri disebabkan oleh sebuah virus atau bakteri yang menyerang tubuh, dan sistem imun tubuh tidak bisa melawannya. Virus ini bisa menular, karena itulah sebaiknya kamu jangan terlalu sering berkontak langsung dengan orang yang sedang menderita flu. Jika memang terlanjur tertular,  maka perlu kamu melakukan tindakan atau cara mengatasi flu secara alami.

Cara alami lebih banyak dipilih karena kemampuannya untuk menyembuhkan lebih efektif dan aman tentunya. Beda lagi dengan kamu memanfaatkan bahan-bahan kimia seperti pil atau semacamnya, dimana obat kimia tersebut pasti memiliki efek samping negatif. Apalagi untuk penggunaannya yang terlalu sering.

7 Cara Mengatasi Flu Secara Alami yang Paling Ampuh

Ada beberapa cara mengatasi flu secara alami yang bisa kamu terapkan, dimana cara ini selain efektif menyembuhkan sakit flu juga aman bagi tubuh. Menggunakan obat flu dari bahan kimia hanya akan menyebabkan ketergantungan. Adapun cara-cara alami tersebut, antara lain:

1. Minum air yang banyak

Cara mengatasi flu secara alami dan ampuh yang pertama adalah dengan meminum air putih yang banyak. Minum air putih ditujukan untuk menghidrasi tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Kebutuhan cairan sangatlah penting untuk memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat bagian tenggorokan dan area pernapasan menjadi lembab. Seperti yang kita tahu, jika area tersebut terlalu kering maka bisa menyebabkan munculnya dahak dan juga ingus.

Sebaiknya kamu cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara minum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau setara dengan 1.5-2 liter per hari. Lakukan secara rutin agar flu cepat sembuh.

2. Memastikan tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup

Salah satu penyebab flu bisa dialami seseorang adalah karena kurangnya waktu istirahat bagi tubuh. Idealnya tubuh harus mendapatkan jam istirahat selama kurang lebih 8 jam per hari. Jika kurang dari itu, hal ini akan membuat tubuh lemas dan kurang maksimal dalam melakukan aktivitas apapun.

Terlebih lagi jika ini dijadikan kebiasaan, lama kelamaan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun dan akhirnya mudah terserang berbagai virus dan penyakit, termasuk flu. Karena itulah, sebaiknya hindari begadang dan maksimalkan waktu istirahatmu dengan sebaik mungkin.

3. Berkumur-kumur dengan air garam

Saat menderita flu umumnya akan muncul gejala sakit di bagian pangkal tenggorokan. Nah, untuk meredakan rasa sakit di tenggorokan akibat flu tersebut bisa dilakukan dengan mencoba kumur-kumur menggunakan larutan air garam. Kamu tinggal sediakan secukup air putih lalu campurkan dengan garam. Aduk-aduk hingga rata lalu gunakan untuk berkumur-kumur.

Pastikan air garam sampai berada di pangkal tenggorokan, kemudian keluarkan dari mulut. Lakukan cara ini secara rutin hingga rasa sakit di tenggorokan akibat flu menghilang. Air garam dengan kandungannya memiliki kemampuan untuk meredakan sakit dan membunuh bakteri penyebab flu.

4. Mengonsumsi minuman hangat

Cara mengatasi flu secara alami paling ampuh berikutnya adalah dengan mencoba mengonsumsi minuman yang hangat. Minuman yang hangat akan membuat tenggorokan menjadi lebih lega dan nyaman. Minuman hangat yang paling direkomendasikan untuk mengatasi flu adalah teh herbal.

Minum teh herbal secara rutin sebelum tidur akan membuat flu yang kamu alami mereda di pagi harinya. Ini karena teh herbal memiliki kemampuan untuk meredakan inflamasi dan juga nyeri yang dirasakan di bagian tenggorokan. Mengenai teh herbal ini bisa berupa teh hijau yang memang dipercaya sehat untuk tubuh.

5. Mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan tinggi

Makanan dengan kandungan antioksidan yang cukup besar ternyata juga bisa dijadikan cara mengatasi flu secara alami dan efektif. Pilihlah jenis makanan yang kaya akan vitamin agar mampu membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari flu.

Selain itu, hindari pula mengonsumsi makanan cepat saji atau berlemak tinggi agar tidak semakin memperparah flu yang kamu alami.

6. Menghirup uap hangat

Cara mengatasi flu secara alami yang tidak kalah efektif berikutnya adalah dengan mencoba menghirup uap hangat. Uap hangat yang terhirup akan membuat sistem pernapasan menjadi lebih lega dan nyaman. Hidung tersumbat yang biasanya dirasakan oleh penderita flu juga bisa lebih diredakan.

Untuk caranya sendiri bisa kamu siapkan air panas di dalam baskom atau mangkuk besar. Siapkan pula handuk dan taruh di atas kepala untuk melindungi uap hangat agar lebih maksimal saat dihirup. Lakukan cara ini secara rutin hingga flu yang kamu alami sembuh.

7. Mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi seng

Dan cara untuk meredakan flu secara alami yang terakhir adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang punya kandungan seng cukup tinggi. Kadungan seng ini sendiri punya peranan sangat penting dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membuat sel darah putih lebih kuat dalam melawan virus dan bakteri yang menyerang.

Beberapa jenis makanan yang punya kandungan seng cukup tinggi dan harus kamu konsumsi adalah tiram, daging merah, kacang-kacangan, olahan susu, telur, dan juga biji-bijian. Penuhi kebutuhan seng bagi tubuh agar flu yang kamu alami bisa cepat sembuh.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi flu secara alami yang paling ampuh dan bisa kamu terapkan sendiri. Terapkan gaya hidup sehat agar penyakit tidak mudah menyerang. Konsumsilah makanan sehat dan hindari makanan cepat saji atau makanan yang kurang sehat lainnya agar tubuh senantiasa sehat serta terhindari dari segala macam penyakit.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini