7 Manfaat Minyak Biji Anggur Bagi Kecantikan Kulit Wanita

618

Koran.id – Anggur merupakan salah satu jenis tanaman buah perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Yang dimanfaatkan dari tanaman ini adalah buahnya. Buah anggur sendiri biasanya dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu. Tidak hanya daging buah, biji buah anggur juga bisa diesktrak menjadi minyak khusus yang sering disebut dengan Grapeseed oil. Grapeseed oil ini sendiri biasanya sering dimanfaatkan untuk bahan perawatan kulit. Manfaat minyak biji anggur bagi kecantikan kulit sangat banyak dan aman pastinya.

Manfaat tersebut didapat dari kandungan lemak sehat yang ada di dalam minyak biji anggur atau grapeseed oil tersebut. Minyak biji anggur juga memiliki sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Lantas, apa saja manfaat grapeseed oil bagi kecantikan kulit tersebut? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Ragam Manfaat Minyak Biji Anggur Bagi Kecantikan Kulit

manfaat grapeseed oil bagi kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat minyak biji anggur bagi kecantikan yang pertama adalah memiliki kemampuan untuk mencegah penuaan dini, seperti munculnya kerutan dan juga kulit kendur. Selain itu, penggunaan minyak biji anggur pada kulit akan memberikan kelembapan ekstra sehingga membuatnya tetap cantik. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, grapeseed oil mempunyai sifat anti-oksidan yang membuatnya mampu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit. Sifat anti-oksidan dari minyak biji anggur tersebut didapat dari kandungan polyphenol yang ada di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu cukup mengoleskan minyak biji anggur ke wajah sebelum tidur secara rutin. Keesokan harinya kamu bisa membilasnya dengan air biasa dan rasakan khasiat yang diberikannya.

2. Menyamarkan Kerutan dan Bekas Luka

Munculnya kerutan di wajah merupakan petaka besar bagi para wanita khususnya, karena hal ini bisa membuat ia tampil kurang pede. Untuk mengatasi masalah kerutan di wajah atau juga menyamarkan bekas luka, kamu bisa memanfaatkan minyak biji anggur ini. Cukup oleskan minyak anggur ke area wajah atau kulit yang terdapat bekas luka secara rutin.

Manfaat menyamarkan kerutan dan bekas luka ini didapat dari kandungan beta-carotene serta vitamin C, D, dan E yang ada di dalam minyak biji anggur. Selain itu, adanya kandungan asam lemak baik di dalamnya juga membantu agar kulit selalu sehat dan kenyal.

3. Mencegah Munculnya Jerawat

Manfat minyak biji anggur bagi kecantikan dan kesehatan kulit berikutnya adalah mampu mencegah munculnya jerawat. Jerawat yang muncul, apalagi di area wajah pasti membuat siapa saja sebal. Belum lagi rasa sakit yang ditimbulkan oleh jerawat tersebut semakin membuat seseorang menderita.

Tidak perlu khawatir, dengan menggunakan minyak biji anggur kamu bisa dengan mudah mengatasi permasalahan tersebu. Minyak biji anggur atau grapeseed oil dengan sifat anti-inflamasinya mampu mencegah munculnya jerawat di wajah. Selain jerawat, masalah kulit lain seperti ruam kulit juga bisa diatasi oleh minyak biji anggur.

4. Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata juga menjadi salah satu masalah yang paling menyebalkan bagi wanita. Adanya kantung mata akan membuatnya tampil kurang maksimal sehingga menurunkan kepercayaan diri mereka. Munculnya kantung mata bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang tidur, stress, atau yang lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah kantung mata, kamu bisa memanfaat khasiat dari minyak biji anggur atau grapeseed oil ini. Minyak biji anggur memiliki khasiat menyamarkan garis-garis yang ada di area mata. Cara mendapatkan manfaat tersebut cukup mudah, kamu tinggal mencampurkannya dengan mentega. Selanjutnya kamu oleskan pada area yang terdapat kantung mata. Lakukan cara ini secara rutin agar kantung mata bisa segera hilang dan kamu bisa tampil cantik sempurna kembali.

Baca Juga: 7 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan yang Tidak Banyak Disadari

5. Sebagai Pelembab Alami Kulit

Manfaat minyak biji anggur bagi kecantikan kulit berikutnya adalah bisa menjadi pelembab alami kulit yang efektif dan aman. Minyak biji anggur mampu memberikan efek lembap pada kulit, bahkan di saat musim dingin atau musim panas. Kulit akan tetap terhidrasi dengan baik, sehingga kulit kering tidak akan dialami lagi.

Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin E dan juga antioksidan yang ada di dalam minyak biji anggur. Dalam hal menjaga kelembapan kulit, minyak biji anggur tidak akan menyumpat pori-pori kulit sehingga bisa menekan risiko munculnya jerawat. tidak seperti produk pelembab kulit lainnya, di mana penggunaannya bisa menyumbat pori-pori kulit.

6. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen sendiri memegang peranana yang sangat penting dalam merawat dan menjaga kesehatan kulit. Penggunaan grapeseed oil akan menstimulasi produksi kolagen di dalam tubuh sehingga membuat kulit tetap sehat. Produksi kolagen yang cukup akan mampu mengembalikan keelastisan dan juga kekencangan kulit. Dengan begitu, kamu bisa tampil cantik dan penuh percaya diri.

Karena manfaatnya tersebut membuat grapeseed oil atau minyak biji anggur sering digunakan untuk bahan utama skincare. Untuk menemukan minyak biji anggur ini sendiri sangat mudah, karena sudah banyak yang menjualnya dalam bentuk minyak essensial di minimarket atau pusat perbelanjaan lainnya.

7. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Dan manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan kulit yang terakhir adalah bisa menjadi pelindung alami kulit terbaik dari paparan sinar matahari.  Manfaat ini sendiri di dapat dari kandungan vitamin E yang cukup tinggi di dalamnya. Minyak alami tubuh saja tidak cukup untuk melindungi kulit, butuh pelindung ekstra agar kulit lebih terlindungi dengan baik.

Kamu cukup mengoleskan minyak biji anggur secara langsung ke area kulit yang biasa terpapar sinar matahari langsung. Tetapi, mengoleskan minyak biji anggur ke kulit perlu dilakukan sesering mungkin agar lebih baik dalam melindungi kulit. Hal ini dikarenakan minyak biji anggur cenderung lebih cepat meresap ke kulit. Jika tidak dioles sesering mungkin, kemungkinan perlindungan pada kulit akan kurang maksimal.

Itulah tadi beberapa manfaat minyak biji anggur bagi kecantikan kulit yang perlu kamu tahu. Tidak perlu membeli produk kecantikan khusus yang harganya mahal untuk bisa membuat kulit cantik alami. Cukup dengan minyak biji anggur ini kamu sudah bisa mendapatkan semuanya.

Artikel SebelumnyaRekomendasi Smartphone Xiaomi dengan Spek Tinggi untuk Pecinta Game PUBG
Artikel Selanjutnya7 Jenis Penyakit pada Ibu Hamil Wajib Diwaspadai
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini