10 Kuliner Khas Banten yang Paling Enak dan Bikin Nagih

5492

Koran.idSeperti yang telah diketahui Provinsi Banten yang begitu dekat dari Ibukota Jakarta ini mempunyai aneka ragam destinasi wisata nan menakjubkan, disamping itu juga wisata kuliner di Banten sangat enak loh tak kalah dari wisata kuliner di daerah lain. Bagi kalian yang sedang berakhir pekan di Banten, disini ada rekomendasi daftar kuliner khas Banten yang paling enak dan bikin nagih.

Mungkin untuk kalian yang seharian menulusuri eloknya Kota Banten, bahkan setelah mengunjungi ke berbagai tempat wisata alamnya yang indah. Maka momen inilah yang begitu pas buat kalian untuk mengisi perut kosong, jadi tak afdol apabila ke Banten tetapi tidak mencicipi masakan khas Banten. Nah untuk mengetahui daftar kuliner khas Banten, yuk langsung saja simak rekomendasinya berikut di bawah ini :

10 Kuliner Khas Banten yang Paling Enak dan Bikin Nagih

1. Masakan Angeun Lada

instagram.com/dapur_audrye

Pertama menu kuliner khas Banten yang wajib kalian coba adalah Angeun Lada, sebenarnya masakan satu ini kalau diartikan sayuran pedas. Menariknya makanan satu ini mengandung sayur-sayuran, meski bahan utama masakan ini dagingnya dari kerbau. Namun dari banyaknya pengunjung dengan menu masakan angeun lada, sekarang ini olahanya menggunakan daging kambing dan sapi.

Meski olahan dagingnya saat ini di rubah namun tak menghilangkan ciri khas masakan tersebut yang dikenal sangat enak, untuk pembuatan kuahnya menggunakan daun walang yang mengandung minyak atsiri. Sehingga masakan angeun aromanya menjadi lebih berasa sedapnya, dan rasa asli masakan ini agak sedikit pedas namum gurih.

2. Masakan Rabeg Banten

instagram.com/infoserang

Populernya menu rabeg khas Banten ini memang dikenal begitu sangat enak, sehingga para pecinta kuliner dibuatnya ketagihan. Hidangan rabeg hampir mirip dari masakan Timur Tengah, karena dari olahan bumbunya sedikit sama yakni kapuulaga serta bunga lawang. Bahan dasar utama dagingnya yaitu dari daging kambing, kerbau dan sapi.

Tekstur olahan masakan khas Banten secara warna agak kecoklatan namun sedikit kental, meski tidak menggunakan campuran santen sebagai kuahnya akan tetapi rasanya masih gurih dan enak. Paling enak penyajian masakan rabeg ini jika disajikan dengan sepiring nasi dalam keadaan hangat dan jangan lupa untuk menaburi bawang goreng.

3. Masakan Sate Bebek

instagram.com/mysweetescapediary

Menu kuliner sate bebek khas Banten memiliki ciri dari bumbu rempahnya, tak lepas dari namanya bahan daging yang diolah menggunakan bebek pilihan. Sehingga tekstur dagingnya ketika akan dimasak lebih menyerap, karena daging tersebut di olah dengan cekatan tangan orang Banten yang begitu lihay.

Hidangan sate bebek ketika sudah disajikan di atas meja, tak jauh berbeda dari sate pada umumnya. Yaitu diberikan bumbu kecap dan saus terbuat dari kacang. Hanya saja sate bebek khas Banten ini dagingnya terasa lebih padat dan kenyal, sehingga ketika dinikmati di lidah begitu terasa bumbunya yang meresap di serat daging.

4. Masakan Sate Bandeng

instagram.com/satebandengkotabaja

Seperti namanya kuliner khas Banten satu ini olahanya terbuat dari ikan bandeng segar, uniknya daging yang ketika diolah durinya diambil sehingga daging ikan bandeng dihancurkan dengan dicampur olahan bumbu rempah lainya. Setelah bumbu itu benar-benar tercampur dengan daging, maka kembalilah kulit bandeng yang tadi di sayat dimasuki daging ikan bandeng itu sendiri.

Mengingat duri ikan bandengannya sudah hilang maka penikmat sate bandeng ini bebas untuk menyantapnya, seolah-olah tanpa ada yang mengganggu lagi kenikmatanya. Meski namanya sate bandeng tetapi cara penyajianya mirip otak-otak, menu kuliner satu ini tak heran ya jika banyak dibeli sebagai oleh-oleh dari khas Banten.

5. Masakan Nasi Bakar Sum-Sum

instagram.com/infoserang

Merupakan menu kuliner khas Banten yang menyajikan nasi dengan sum-sum dari tulang belakang sapi, rasa yang dikenal begitu gurih karena bumbu andalan nasi bakar ini di campur dengan rempah khas Banen. Para penikmat kuliner jika mengetahui rasa dari nasi bakar sum-sum pasti ingin menambah porsinya, memang bikin nagih terus.

Penyajianya cukup sederhana menu nasi bakar sum-sum, biasanya lauknya dibarengi dengan ikan teri, daging yang di cincang, diberikan suwiran ayam dan dibungkus daun pisang. Lebih tambah nikmat menu satu ini bila di makan dengan kerupuk, jangan lupa untuk menyertakan sambal kacang sebagai ciri khas Banten.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Lagi Hits dan Ramai Dikunjungi

6. Masakan Sambal Buroq

instagram.com/saya_soeka

Mungkin sekilas mendengar namanya menu satu ini begitu aneh, namun sambal buroq biasanya diporsikan pada saat hajatan di Banten. Uniknya makanan satu ini namanya yang mirip dengan nama kendaraan nabi, namun tak ada maksud untuk menyamakannya. Ciri menu sambal buroq dikenal dengan pedasnya, namun bumbunya berasa sekali.

Olahan bahan utama sambal buroq terdiri dari kulit melinjo yang dicampur dengan bawang putih dan merah, kemiri, serta untuk lebih terasa aromanya diberi daun salam. Penyajian sambal buroq biasanya di makan dengan nasi sum-sum, namun menu sambal buroq jika di makan tanpa lauk juga rasanya enak banget.

7. Masakan Soto Khas Banten

instagram.com/mooonyic

Pada umumnya soto sudah bisa kalian temukan dimana-mana, yang dikenal dengan aneka ragam sotonya seperti soto ayam, soto daging sapi dan lain sebagainya. Namun dengan hadirnya soto khas Banten ini bisa kalian dapatkan hanya di daerah Banten. Yang membedakan ciri soto khas Banten dengan soto di daerah lainya yakni menggunakan jeroan sebagai dagingnya, sehingga perpaduan bumbu yang meresap di kuahnya dan jeroanya sangat enak.

Cara penyajian soto khas Banten berbeda dengan soto pada umumnya, yaitu menggunakan gorengan kentang yang telah diris lalu di campurkan di atasnya. Rasanya yang gurih menjadikan soto khas Banten ini semakin banyak mengundang kenikmatan terutama para pecinta kuliner di Banten.

8. Masakan Pecak Bandeng

instagram.com/seto_beri

Salah satu kuliner khas Banten yang paling enak dan membuat yang mencicipi ketagihan, bumbu andalan menu masakan pecak bandeng terbuat dari rempah yang sudah diolah seperti layaknya sambal. Biasanya rasa pecak bandeng ini dikenal dengan bumbunya yang manis namun pedas di lidah, karena olahanya terdapat cabai yang diselipkan lalu di aduk.

Penyajianya biasanya di letakkan di piring lebar atau daun pisang, selanjutnya ikan bandeng sebagai lauknya di taburi bumbu yang diolah tadi di atasnya. Biasanya pecak bandeng ini memang banyak dijadikan lauk saja, sehingga kalian perlu tambahan nasi agar lebih tambah nikmat dan kenyang.

9. Masakan Gerem Asem

instagram.com/pawon_ndenjun

Menu makanan ini begitu populer di Banten dengan penyajianya hampir mirip dengan semur kecap ayam, bahan dasar daging menu gerem asem terbuat dari daging bebek dan ayam. Dengan cita rasanya yang pedas, jika kamu mencicipinya akan ketagihan dan bibir kepanasan akibat sangking pedasnya.

Para pecinta kuliner ketika di Banten seringkali memanjakan lidahnya memilih menu makanan gerem asem sebagai andalanya. Ciri khas yang begitu kental akan pedasnya yang telah dicampur dengan daging ayam dan bebek tadi, kalian tak perlu khawatir tekstur dagingnya yang lunak membuat kamu menjadi ketagihan.

10. Masakan Nasi Uduk

instagram.com/madrehomemade

Asal makanan nasi uduk ini berasal dari Serang, Banten. Meski cara penyajianya sederhana namun menu kuliner ini banyak sekali yang menyukai, rasanya yang begitu menggoda di lidah biasanya nasi uduk lauknya dibarengi dengan kering, sambal, daging babat dan kerupuk. Nasi uduk biasanya begitu akrab dimakan di waktu pagi hari sebelum berangkat ke kantor dan malam hari.

Nah, itulah tadi mengenai 10 Kuliner Khas Banten yang Paling Enak dan Bikin Nagih. Apakah ada menu favorit kalian di atas? Semoga dengan adanya rekomendasi tentang daftar kuliner khas Banten ini memudahkan kalian pada saat di Banten untuk berakhir pekan nanti.

Artikel Sebelumnya7 Merek Jam Tangan Wanita Terbaik dan Paling Terkenal di Dunia
Artikel SelanjutnyaDaftar Produk SK-II Original Terbaik yang Layak Dicoba
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini