7 Jenis Penyakit pada Ibu Hamil Wajib Diwaspadai

0
2281

Koran.id – Menjalani masa kehamilan tidak hanya memberikan dampak perubahan pada fisik seorang wanita, melainkan juga mempengaruhi hormon di dalam tubuhnya. Saat hamil, wanita akan mengalami perubahan hormon sehingga membuatnya lebih rentan terserang penyakit. Belum lagi sistem kekebalan tubuh yang harus bekerja ekstra demi menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandung. Ada beberapa jenis penyakit pada ibu hamil yang perlu diketahui dan diwaspadai, agar nantinya bisa melakukan penanganan lebih cepat.

Kesehatan ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan, karena selain bisa berdampak tubuh ibu juga janin yang dikandungnya. Dengan begitu, janin bisa tumbuh sehat dan lahir dengan selamat. Adapun bahaya penyakit pada ibu hamil yang bisa terjadi, bisa kamu simak di bawah ini.

Daftar Jenis Penyakit pada Ibu Hamil Wajib Diwaspadai

1. Anemia

Jenis penyakit pada ibu hamil yang pertama adalah anemia atau kurang darah. Anemia pada ibu hamil sendiri biasanya disebabkan oleh kurangnya produksi hemoglobin di dalam tubuh. Ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan si janin yang dikandungnya. Jika anemia tidak ditangani dengan segara, kemungkinan buruk yang akan terjadi seperti, kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah dan juga bayi lahir cacat.

Ibu hamil yang mengalami anemia biasanya juga ditandai dengan beberapa gejala seperti, sering pusing, mudah letih, sulit berkonsentrasi, kulit pucat dan juga sesak nafas. Agar anemia tidak dialami ibu hamil, sebaiknya konsumsi jenis makanan yang sehat dan teratur serta terapkan gaya hidup sehat.

2. Hepatitis B

Hepatitis B merupakan kondisi di mana hati mengalami infeksi serius yang diakibatkan oleh virus hepatitis B atau HBV. Kondisi seperti ini umumnya memang tidak akan mempengaruhi janin yang dikandungnya selama masa kehamilan.

Meskipun demikian, ibu hamil yang menderita hepatitis B berisiko mengalami masalah saat persalinannya nanti. Beberapa hal yang mungkin saja terjadi jika ibu hamil menderita hepatitis B antara lain, bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan juga kelainan anatomi dan fungsi tubuh bayi. Karena itulah, penting sekali untuk mencegah hepatitis B pada ibu hamil.

3. TORCH

Ketika menjalani masa kehamilan, ada beberapa ibu hamil yang menderita masalah kesehatan serius yakni TORCH. TORCH ini sendiri merupakan singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk bisa mendeteksi beberapa penyakit tersebut.

Jika seorang ibu hamil menderita penyakit TORCH, ada banyak hal buruk yang bisa saja terjadi.  Risiko buruk tersebut seperti, kerusakan pada sistem saraf pusat janin, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, gangguan tiroid, kelainan mental, dan juga masalah kelainan pada sistem imun tubuh.

4. Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional juga menjadi salah satu jenis penyakit yang juga cukup sering dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya belum bisa diketahui secara pasti, namun kemungkinan besar Diabetes Gestasional disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Ada beberapa gejala yang mungkin dialami ibu hamil, tetapi biasanya gejala tersebut akan berangsur hilang ketika sudah melahirkan.

Semua wanita hamil bisa saja mengalami Diabetes Gestasional, bahkan bagi wanita yang sebelumnya belum didiagnosis diabetes sekalipun.

5. Keputihan

Ketika menjalani masa kehamilan, ibu hamil juga sering mengalami yang namanya keputihan. Keputihan ini sendiri terjadi karena reaksi alami tubuh yang bertujuan untuk melindungi rahim dan vagina dari infeksi yang mungkin terjadi. Saat akan menjelang kelahiran, keputihan pada ibu hamil akan semakin meningkat. Beberapa kasus sampai menimbulkan bercak darah di area vagina. Kondisi ini sendiri menandakan kalau tubuh sedang mempersiapkan kelahiran bayi yang dikandung.

Keputihan yang dialami ibu hamil menjadi sangat serius apabila efek yang ditimbulkan berbeda dari biasanya. Efek berbeda tersebut seperti terjadinya perubahan warna, aroma dan juga rasa nyeri di area vagina. Jika kondisi ini sedang dialami, sebaiknya segera periksakan ke dokter kehamilan.

6. Sembelit

Jenis penyakit pada ibu hamil yang juga sering dialami yaitu sembelit. Sembelit pada ibu hamil sendiri umumnya akan terjadi pada saat masa trimester pertama kehamilan. Penyebab sembelit ini sendiri diakibatkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil. Selain itu, kekurangan asupan serat juga menjadi penyebab lain ibu hamil mengalami sembelit.

Sembelit yang dialami oleh ibu hamil biasanya tidak menimbulkan efek yang terlalu berbaya. Namun, jika ini dibiarkan secara terus-menerus maka akan mengakibatkan berkembangnya ambeien. Cukupi kebutuhan asupan serat dengan cara mengonsumsi jenis buah dan sayur yang kaya akan kandungan tersebut agar sembelit tidak melanda selama masa kehamilan.

7. Sakit Punggung

Dan jenis penyakit pada ibu hamil yang perlu diwaspadai terakhir adalah sakit di bagian punggung. Sakit punggung pada ibu hamil disebabkan oleh meningkatnya pertumbuhan janin sehingga memberatkan punggung dan panggul. Kondisi ini akan semakin diperparah jika ibu hamil malas untuk bergerak, walaupun hanya sekedar berjalan santai sekalipun.

Sakit punggung yang dialami ibu hamil sendiri bukan merupakan kondisi yang membahayakan kesehatan ibu maupun janin yang dikandungnya. Tapi tentunya sakit punggung akan membuat ibu merasa tidak nyaman, bahkan saat tidur sekalipun.

Itulah tadi beberapa jenis penyakit pada ibu hamil yang perlu diwaspadai. Lakukan penanganan secara cepat agar penyakit tersebut tidak mengganggu kesehatan dan pertumbuhan janin yang dikandung. Terapkan juga pola hidup sehat agar tubuh ibu dan janin yang dikandungnya tetap sehat hingga kelahirannya nanti. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini