7 Pantangan Ibu Hamil yang Wajib Diwaspadai

4418

Koran.id – Saat menjalani masa kehamilan, kesehatan ibu dan janin harus dijaga dengan baik. Selain itu, ada pula beberapa pantangan ibu hamil yang harus dihindari agar tidak mengganggu kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Beberapa pantangan tersebut bisa berupa makanan, minuman, hingga aktivitas yang berisiko mengganggu kesehatan ibu dan janin. Karena itulah, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui pantangan-pantangan tersebut.

Tetapi, jika masih belum tahu apa saja pantangan bagi ibu hamil, pada artikel kali ini saya sudah merangkumkannya untuk kalian semua. Berikut ini adalah informasi selengkapnya mengenai beberapa pantangan untuk ibu hamil yang harus diwaspadai agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

7 Pantangan Ibu Hamil yang Wajib Diwaspadai

Seperti yang dijelaskan di atas, pantangan ibu hamil ini sendiri bisa berupa makanan atau juga aktivitas. Sebaiknya ketahui lebih detail apa saja pantangan yang sebaiknya diwaspadai dan dihindari tersebut. Adapun pantangan aktivitas dan makanan bagi ibu hamil, di antaranya:

1. Berolahraga

Pantangan ibu hamil yang sebaiknya perlu diwaspadai yang pertama adalah berolahraga. Bagi wanita normal (tidak hamil) olahraga memang cukup disarankan agar tubuh senantiasa sehat dan bugar. Tetapi berbeda lagi saat sedang menjalani masa kehamilan, ada beberapa jenis olahraga yang perlu dihindari. Jenis olahraga terlarang untuk ibu hamil tersebut seperti, berkuda, lompat, arung jeram, balapan mobil, dan jenis olahraga berat lainnya.

Meski begitu, tidak semua olahraga dilarang bagi ibu hamil. Justru ada beberapa jenis olehraga yang sangat disarankan, seperti jalan santai, berenang, senam ringan dan yoga. Tetapi yang perlu diingat, saat hamil sebaiknya intensitas olahraga lebih dikurangi agar tidak mengganggu kesehatan bayi dan janin.

2. Mandi saat Malam Hari

Tidak hanya bagi ibu hamil saja, bagi orang yang tidak hamil pun tidak disarankan melakukan kebiasaan mandi di malam hari. Mandi di malam hari ditakutkan bisa mengganggu saraf dan nantinya berdampak pada pertumbuhan janin.

Saat menjalani masa kehamilan, wanita memang mudah berkeringan. Dan jika jarang mandi, keringat tersebut bisa menimbulkan jamur. Sebenarnya boleh-boleh saja wanita hamil mandi di malam hari, asalkan mandinya tidak sampai menyebabkan kedinginan bahkan sampai menggigil.

3. Terlalu Lama Berada di Depan Komputer

Pantangan ibu hamil satu ini dikhususkan bagi wanita karir yang setiap harinya diharuskan bekerja di depan komputer. Kondisi ini bisa menyebabkan ibu hamil terkena atau terpapar radiasi dari komputer atau perangkat gadget lainnya. Agar tidak berdampak serius, sebaiknya kurangi kebiasaan berada di depan komputer saat sedang hamil.

Selain itu, jika memang tuntutan pekerjaan yang mengharuskanmu untuk duduk di depan komputer dalam waktu lama, sebaiknya selingi dengan kegiatan lain. Misalnya saja, setiap 1-2 jam melakukan aktivitas jalan-jalan sebentar untuk sekedar menggerakkan anggota tubuh. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi sakit punggung yang sering dieluhkan oleh ibu hamil.

4. Menjalani Program Diet

Menjalani program diet akan membantu tubuh mendapatkan berat badan yang ideal serta tubuh menjadi lebih fit dan bugar. Tetapi hal ini tentu tidak disarankan bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Menjalani program diet saat sedang hamil ditakutkan tubuh ibu dan bayi kekurangan asupan nutrisi dan vitamin.

Jika pun ingin menjalani program diet, tujuannya bukan untuk menurunkan berat badan, melainkan agar berat badan tidak bertambah secara berlebihan. Meski begitu, ibu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar program diet saat hamil berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Mudah Banget! Begini Cara Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil

5. Kosmetik

Wanita mana yang tidak ingin tampil selalu cantik sempurna, meski dalam keadaan sedang hamil sekalipun? Agar bisa tampil cantik sempurna, penggunaan kosmetik menjadi jurus paling ampuh untuk mewujudkan impian tersebut. Tetapi yang perlu diingat, ibu hamil perlu memilah dan memilih produk kosmetik apa saja yang aman untuk digunakan. Untuk mengetahuinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis.

Seperti yang kita tahu, kosmetik sendiri biasanya memiliki kandungan merkuri meskipun jumlahnya cukup sedikit. Ahli kesehatan menyebutkan kandungan merkuri dalam kosmetik diklaim bisa membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Karena itulah, sebaiknya hindari penggunaan alat dan bahan kosmetik sembarangan agar bayi dalam kandungan senantiasa sehat.

6. Daging Setengah Matang

Daging yang masih dalam keadaan setengah matang, diklaim masih mengandung bakteri, protozoa, parasit dan juga jenis cacing yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh dan janin. Tidak hanya pada daging saja, pada telur yang dimasak setengah matang juga terdapat salmonela yang diklaim bisa memicu penyakit tifus. Agar kesehatan tubuh ibu dan janin yang dikandungan selalu dalam keadaan sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi daging yang dimasak setengar matang tersebut.

Bakteri atau kuman yang terdapat di makanan, jika dikonsumsi ibu hamil maka nantinya akan masuk ke dalam darah dan bisa memicu infeksi. Infeksi yang dialami oleh ibu hamil tentunya akan berdampak pada kesehatan dan perkembangan bayi yang dikandungnya.

7. Makanan dan Minuman Berkafein

Pantangan ibu hamil berikutnya yang juga perlu diwaspadai adalah makanan dan minuman yang mengandung kafein. Ibu hamil yang suka mengonsumsi makanan dan minuman berkafein tinggi memungkinkan ia mengalami stress. Ini karena intensitas aliran darah menuju rahim berkurang, serta asupan oksigen yang mencapai bayi juga menurun. Itulah alasannya kenapa makanan berkafein dikategorikan sebagai makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Sebenarnya minum kopi atau jenis minuman serta makanan berkafein lainnya masih diperbolehkan bagi ibu hamil, asalkan tidak berlebihan. Tetapi, alangkah lebih baiknya menghindari kebiasaan tersebut agar tidak memicu hal negatif terhada tubuh dan juga janin yang dikandung.

Itulah tadi beberapa pantangan ibu hamil yang perlu diwaspadai agar tubuh ibu tetap sehat dan janin pun bisa berkembang secara sempurna. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaTips Menurunkan Berat Badan Ala Aktris Korea, Cepat dan Efektif!
Artikel Selanjutnya7 Manfaat Buah Bacang yang Tidak Banyak Orang Tahu
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini