7 Makanan Terlarang Bagi Ibu Hamil yang Perlu Ibu Tahu

779
Makanan Terlarang Bagi Ibu Hamil

Koran.id – Saat menjalani masa kehamilan, ada beberapa jenis makanan terlarang bagi ibu hamil yang harus dihindari. Dikatakan sebagai yang terlarang dikarenakan efek negatif yang ditibulkannya setelah ibu hamil mengonsumsinya. Jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil ini mulai dari jenis ikan, daging hingga buah-buahan. Mengetahuinya sejak dini akan membuatmu bisa terhindar dari bahaya yang bisa saja dirasakan ketika mangonsumsi jenis makanan tersebut.

Sebaliknya, saat hamil ibu harus mencukupi kebutuhan nutrisinya agar tubuh dan janin yang dikandung tetap sehat dan berkembang dengan baik. Untuk bisa mendapatkan nutrisi terbaik, kamu perlu memilah dan memilih jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

7 Makanan Terlarang Bagi Ibu Hamil yang Perlu Ibu Tahu

Mungkin sebagian dari kamu masih belum tahu apa saja makanan terlarang bagi ibu hamil yang harus dihindari. Karena itulah, pada artikel kali ini saya akan memberikan daftarnya untuk kamu. Adapaun jenis makanan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil tersebut, antara lain:

1. Sushi

Apakah kamu salah satu penggemar kuliner khas Jepang yang bernama Sushi? Jika iya, saat dalam kondisi hamil kamu harus menghindari jenis makanan satu ini. Sushi dijadikan sebagai jenis makanan terlarang untuk ibu hamil dikarenakan di dalamnya masih terkandung cacing parasit. Cacing parasit tetap hidup dikarenakan cara membuat sushi yang membiarkan dagingnya tetap mentah.

Beberapa jenis seafood yang biasa digunakan dalam membuat sushi dan harus dihindari ibu hamil seperti ikan dan kerang. Selain itu, jenis seafood lainnya yang biasa dimakan secara mentah juga harus dihindari.

2. Ikan dengan kandungan merkuri

Jenis makanan terlarang bagi ibu hamil berikutnya yang harus dihindari ibu hamil adalah ikan laut yang punya kandungan merkuri tinggi. Sejak dulu kandungan merkuri sangat dihindari dan tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil, dikarenakan bisa mengganggu perkembangan otak janin.

Meskipun semua jenis hewan laut diklaim punya kandungan merkuri, namun ada beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri paling tinggi. Beberapa jenis ikan tersebut antara lain, ikan makarel raja, tuna bigeye, tuna sirip kuning, hiu dan juga ikan pedang atau todak. Meskipun demikian, beberapa jenis ikan dengan kandungan Omega 3 tinggi sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

3. Susu yang belum dipasteurisasi

Susu merupakan salah satu jenis minuman menyehatkan yang baik diminum, khususnya untuk ibu hamil. Tapi demikian, ada jenis susu yang justru tidak disarankan bahkan harus dihindari oleh ibu hamil. Jenis susu tersebut adalah susu dari hewan apapun yang masih belum dipasteurisasi atau masih dalam keadaan mentah.

Susu yang tidak dipasteurisasi atau masih dalam keadaan mentah biasanya masih mengandung bakteri dan jika dikonsumsi bisa menyebabkan keracunan. Apalagi jika jenis susu ini dikonsumsi oleh ibu hamil, pastinya akan cukup berbahaya bagi janin yang dikandungnya.

4. Steak setengah matang

Jenis makanan terlarang bagi ibu hamil berikutnya adalah Steak. Steak ini sendiri biasanya paling enak disantap dalam tingkat kematangan medium rare alias setengah matang. Meskipun sangat lezat, ternyata Steak yang dimasak setengah matang seperti ini tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Steak setengah matang dianggap sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Ini karena Steak yang masih dalam keadaan setengah matang memungkinkan parasit di dalamnya belum mati. Parasit tersebut bernama toksoplasmosis yang memang berhaya bagi ibu hamil. Tidak hanya daging sapi saja, daging dari jenis hewan lainnya yang dimasak dalam keadaan setengah matang juga wajib dihindari ibu hamil.

Baca Juga: 7 Jenis Penyakit pada Ibu Hamil Wajib Diwaspadai

5. Hati hewan

Satu lagi jenis makanan pantangan bagi ibu hamil yang harus dihindari yakni jeroan hewan, khususnya bagian hati. Baik itu hati ayam, sapi atau jenis hewan lainnya, sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Jeroan hewan khususnya hati memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi.

Asupan vitamin A memang baik untuk tubuh, tapi jika terlalu tinggi justru ini sangat berbahaya bagi janin yang dikandung oleh ibu. Boleh saja mengonsumsi jeroan hewan, tetapi yang perlu diingat mengonsumsinya harus masih dalam takaran yang wajar. Jangan juga terlalu sering mengonsumsi jenis jeroan hewan tersebut.

6. Jus buah mentah yang tidak dipasteurisasi

Minum jus buah memang sangat nikmat dan membuat tubuh lebih segar. Tetapi ternyata jus buah mentah yang tidak dipasteurisasi  menjadi salah satu jenis minuman yang dilarang bagi ibu hamil. Sama seperti susu yang tidak dipasteurisasi, jus buah mentah biasanya juga punya kandungan bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil.

Kandungan berbahaya di dalam jus buah mentah tersebut yakni bakteri E.coli dan juga Salmonella. Jika ingin mengonsumsi jus, sebaiknya pilih jenis buah sehat yang masih segar dan dicuci bersih terlebih dahulu sebelum dijus. Membuat jus sendiri di rumah akan lebih aman karena kamu bisa memastikan sendiri kebersihannya.

7. Suplemen vitamin dan minyak ikan

Suplemen vitamin dan minyak ikan juga wajib dihindari oleh ibu hamil. Mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit mungkin masih diperbolehkan, asalkan atas persetujuan ahli kehamilan. Khususnya untuk minyak ikan memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kandungan vitamin A yang cukup tinggi akan berbahaya untuk kesehatan janin.

Itulah tadi beberapa jenis makanan terlarang bagi ibu hamil yang harus dihindari. Sebaliknya, pilihlah jenis makanan bernutrisi baik yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu. Jika ingin meminum suplemen khusus, sebaiknya konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu dengan dokter spesialis.

Artikel SebelumnyaDownload Sekarang! Inilah 7 Aplikasi Cuaca Terbaik yang Pas Jadi Teman Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya7 Khasiat Jahe untuk Kulit Wajah yang Jarang Wanita Tahu
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini