Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Tidak Bikin Gemuk

0
89
Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil
Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Koran.id – Saat menjalani masa kehamilan, kebutuhan nutrisi harus selalu tercukupi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin agar tetap baik, serta terhindar masalah apapun. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, beberapa jenis makanan wajib untuk dikonsumsi. Misalnya saja makanan yang banyak mengandung folat dan serat, di mana kedua kandungan tersebut memang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan cemilan sehat untuk ibu hamil, baik pada masa trimester pertama, trimester kedua atau juga trimester ketiga.

Selain itu, ada pula beberapa cemilan sehat dan enak yang tidak bikin mual serta gemuk. Jenis makanan seperti ini tentu menjadi incaran para ibu hamil. Pasalnya, mual memang sering dialami saat hamil dan salah satunya diakibatkan oleh jenis makanan tertentu. Sementara untuk masalah berat badan, beberapa wanita hamil memang sering mengeluhkan soal tubuh yang menjadi semakin gemuk selama masa kehamilan. Adapun jenis cemilan sehat untuk ibu hamil yang tidak bikin mual dan gemuk, bisa di simak di bawah ini!

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Tidak Bikin Gemuk

Cemilan sehat bagi ibu hamil ini sendiri terbagi beberapa jenis dan disesuaikan dengan masa kandungannya saat ini. Misalnya saja, cemilan sehat untuk ibu hamil trimester pertama tentu berbeda dengan cemilan untuk ibu hamil trimester kedua atau juga sebaliknya. Karena itulah, penting untuk mengetahui lebih lanjut apa saja cemilan sehat sesuai masa kehamilan tersebut.

Berikut adalah pilihan cemilan sehat berdasarkan masa kehamilan, di antarnya:

Cemilan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Cemilan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama
Cemilan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama
  1. Buah segar. Jenis makanan sehat untuk ibu hamil pada trimester pertama kehamilan yakni buah-buahan segar. Buah segar ini sendiri terkenal dengan kandungan nutrisi baiknya yang sangat kaya, sehingga cocok dijadikan cemilan bagi ibu hamil. Buah segar ini sendiri berfungsi sebagai suber energi, meningkatkan sistem imun, hingga membantu perkembangan janin. Adapun beberapa jenis buah segar yang bisa dijadikan cemilan ibu hamil seperti, pisang, apel, jeruk, pepaya, semangka, mangga, dan buah beri.
  2. Salad sayur. Selain buah, aneka jenis sayur juga punya kandungan nutrisi baik yang bisa mencukupi kebutuhan ibu hamil dan calon bayi. Misalnya saja bayam, di mana jenis sayur satu ini kaya akan kandungan asam folat, zat besi, kalsium, vitamin A, C dan K. Kamu bisa mengonsumsi  sayur dalam bentuk salad agar lebih enak.
  3. Ubi. Makanan satu ini sangat direkomendasikan dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama pada masa trimester pertama kehamilan. Ini karena ubi mengandung senyawa beta-karoten yang nantinya bisa diubah menjadi vitamin A, yang mana nutrisi ini dibutuhkan untuk memaksimalkan pertumbuhan janin. Ada pula kandungan serat yang berfungsi untuk mencegah gangguan pencernaan pada ibu hamil.
  4. Olahan Susu. Beberapa jenis produk olahan susu juga baik dikonsumsi saat hamil, seperti keju dan yogurt. Keju punya kandungan vitamin A, yang mana vitamin ini sangat dibutuhkan ibu hamil pada masa awal-awal kehamilan. Sementara yogurt sendiri berfungsi sebagai probiotik, yang mana akan berpengaruh terhadap berkembangnya bakteri baik di usus.
  5. Telur. Dan cemilan untuk ibu hamil terakhir saat awal-awal kehamilan adalah telur. Kandungan mineral dan vitamin di dalam telur sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Di dalam telur sendiri terdapat kandungan kolin yang diklaim dapat membantu perkembangan otak janin.

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Kedua
Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Beda lagi saat memasuki masa trimester kedua kehamilan. Ada beberapa jenis cemilan sehat lain yang direkomedasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, di antaranya:

  1. Kacang-kacangan. Cemilan satu ini dianggap baik untuk ibu hamil trimester kedua karena merupakan sumber protein baik bagi tubuh. Kandungan protein sendiri sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan perkembangan otak dan saraf janin.
  2. Oats. Sama seperi kacang-kacangan, oats juga punya kandungan protein yang cukup kaya. Selain mendukung pertumbuhan otak dan saraf janin, protein juga ikut andil dalam perkembangan tulang bayi.
  3. Roti gandum. Sementara untuk roti gandum sendiri, menjadi salah satu cemilan yang patut dikonsumsi ibu hamil dikarenakan kemampuannya dalam mencukupi kebutuhan kalori harian tubuh. Roti gandum juga kaya akan serat sehingga membuat perut lebih cepat kenyang.
  4. Buah segar. Buah-buahan segar masih menjadi cemilan sehat yang bisa dikonsumsi saat memasuki masa trimester kedua kehamilan. Buah-buahan bisa menjadi sumber energi bagi tubuh, serta menjaga berat badan agar tetap stabil. Kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya akan membuat perut cepat kenyang dan tahan lama. Buah sendiri bisa kamu jadikan jus atau smoothie agar lebih nikmat.
  5. Salad sayur. Lebih direkomendasikan mengonsumsi jenis sayur yang berwarna hijau agak tua, seperti bayam misalnya. Sayuran hijau seperti ini diklaim kaya akan kandungan asam folat yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.
  6. Keju. Cemilan satu ini masih menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi saat masa kehamila memasuki trimester kedua. Kandungan vitamin D yang ada di dalam keju akan membantu perkembangan tulang dan gigi saat memasuki trimester 2 kehamilan.

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Memasuki masa kehamilan trimester 3, menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pasangan. Pasalnya pada masa-masa ini, ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan sembarangan. Jika tidak maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh ibu dan janin yang dikandungnya. Adapun beberapa jenis cemilan yang bisa dikonsumsi saat memasuki trimester ketiga kehamilan, antara lain:

  1. Buah kering. Cemilan satu ini dianjurkan untuk dikonsumsi karena adanya kandungan serat tinggi yang ada di dalam. Kandungan tersebut akan melindungi sistem pencernaan dari berbagai gangguan. Mengonsumsi buah kering juga akan memenuhi kebutuhan kalori harian tubuh.
  2. Buah segar. Saat memasuki masa trimester 3 kehamilan, buah segar yang punya kandungan vitamin C tinggi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Fungsi dari vitamin C ini sendiri yakni untuk membantu Plasenta dalam menjalankan fungsinya. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu penyerapan zat besi pada makanan yang dikonsumsi.
  3. Telur. Cemilan satu ini tidak hanya dianjurkan dikonsumsi pada saat trimester pertama saja, melainkan juga saat trimester 3 kehamilan. Tubuh ibu hamil butuh asupan protein yang banyak, dan itu bisa didapatkan dari telur. Syaratnya telur harus direbus hingga matang sebelum dikonsumsi.
  4. Olahan susu. Keju dan yogurt menjadi produk olahan susu yang bagus dikonsumsi saat memasuki trimester 3 kehamilan. Keju tetap menjadi pilihan karena di dalamnya terdapat kandungan lemak baik, protein dan vitamin yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Sementara yogurt merupakan sumber protein yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  5. Kacang-kacangan. Cemilan sehat yang patut untuk dikonsumsi berikutnya adalah kacang-kacangan, dikarenakan cemilan tersebut punya kandungan asam folat yang cukup kaya. Asam folat memang menjadi salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilannya, baik trimester pertama, kedua, dan ketiga.
  6. Cokelat hitam. Dan cemilan sehat terakhir yang baik dikonsumsi saat memasuki trimester 3 kehamilan adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Mengonsumsinya akan membantu menambah energi bagi tubuh dan juga bisa meminimalkan risiko preklampsia.

Itulah tadi beberapa jenis cemilan sehat yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil sesuai dengan masa kehamilannya. Saat menjalani masa kehamilan, nutrisi dan vitamin sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan tubuh janin dan juga menjaga kesehatan tubuh ibu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini