7 Cara Mengobati Bisul dengan Cepat dan Efektif

0
31
Cara Mengobati Bisul
Cara Mengobati Bisul

Koran.id – Pernah mengalami yang namanya bisulan? Bisul ini sendiri merupakan benjolan yang bisa tumbuh di bagian tubuh manapun, dan biasanya benjolan tersebut di dalamnya berisi nanah. Bisul tumbuh di bawah kulit, umumnya berwarna merah dan lunak. Penyebabnya sendiri adalah karena infeksi bakteri yang terjadi pada folikel kulit. Semakin besar bisul tumbuh, semakin sakit pula gejala yang bisa dirasakan oleh penderitanya. Lantas, bagaimana cara mengobati bisul tersebut?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan bisul yang tumbuh di area kulit. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan obat-obatan alami yang terbuat dari bahan herbal tradisional. Namun, jika bisul sudah terlalu parah alangkah baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Adapun cara alami mengobati bisul paling ampuh bisa kamu simak di bawah ini.

7 Cara Mengobati Bisul dengan Cepat dan Efektif

Cara Mengobati Bisul dengan Cepat
Cara Mengobati Bisul dengan Cepat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bisul bisa muncul di bagian tubuh manapun. Bisa di leher, ketiak, punggung, paha, hingga area sensitif seperti bokong dan area kemaluan. Umumnya bisul akan membesar dalam waktu yang singkat, hingga akhirnya pecah dan mongering. Tetapi jika tidak ditangani dengan baik, bisul biasanya akan muncul lagi di area yang masih berdekatan dengan area tumbuhnya bisul sebelumnya. Adapun cara mengobati bisul secara alami dan cepat, di antaranya:

1. Mengompres Bisul dengan Air Hangat

Cara yang pertama untuk menangani bisulan adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk meredakan rasa nyeri dan sakit saat bisul mulai membesar. Sensasi panas yang ditimbulkan cukup ampuh untuk meredakan atau bahkan menghilangkan rasa tersebut.

Tidak hanya itu saja, kompres air hangat akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dengan begitu, darah akan lebih banyak membawa sel darah putih dan antibiotik, keduanya berfungsi untuk melawan infeksi yang menyebabkan tumbuhnya bisul. Bisul akan cepat sembuh dengan sendirinya jika kamu rutin mengompres dengan air hangat. Caranya sangat mudah, kamu cukup mengompres area bisul dengan air hangat selama 20 menit dan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.

2. Menggunakan Minyak Jarak

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan minyak jarak, di mana jenis minyak satu ini juga diklaim sangat ampuh dalam mengobati bisul. Minyak jarak punya kandungan senyawa asam ricinoleic, di mana senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang baik bagi tubuh. Dengan begitu, bisul akan lebih cepat sembuh tanpa harus berobat ke dokter.

Cara memanfaatkan minyak jarak untuk mengobati bisul juga sangatlah mudah. Kamu cukup mengoleskan minyak jarak pada area bisul dan membiarkannya hingga kering. Cara ini bisa kamu lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari hingga bisul sembuh.

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut, tea tree oil ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bisul alami yang ampuh. Hal ini dikarenakan tea tree oil punya sifat antibakteri dan antiseptik yang sangat kuat sehingga mampu melawan infeksi bakteri penyebab tumbuhnya bisul.

Tetapi perlu kamu tahu, tea tree oil sendiri tidak diperbolehkan untuk dioles pada permukaan kulit secara langsung, dikarenakan bisa berdampak kulit terasa seperti terbakar. Alternatifnya kamu bisa mecampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa. Caranya cukup campurkan minyak kelapa dan tea tree oil masing-masing 1 sendok teh. Oleskan pada area bisul dengan menggunakan kapas. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari hingga bisul sembuh.

4. Menggunakan Garam Epsom

Cara mengobati bisul secara cepat dan alami berikutnya adalah dengan menggunakan garam Epsom. Garam Epsom sendiri merupakan salah jenis garam yang memiliki kemampuan mengeringkan nanah pada bisul dengan cepat dan efektif. Dengan begitu, bisul akan lebih cepat sembuh dan rasa nyeri pun akan hilang.

Untuk memanfaatkan garam Epsom sebagai obat alami bisul juga sangat mudah. Cukup kamu siapkan air hangat secukupnya, kemudian larutkan Garam Epsom ke dalamnya. Rendamlah kain kompres yang bersih dan lembut ke dalam larutan Garam Epsom tadi, kemudian kompres secara perlahan ke area bisul. Lakukan pengompresan selama kurang lebih 20 menit, dan lakukan cara ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari hingga nyeri pada bisul sembuh.

5. Menggunakan Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dan bawang merah juga punya khasiat yang baik dalam mengobati bisul. Ini karena di dalamnya terdapat senyawa yang mengandung belerang. Dari kandungan tersebut membuat keduanya memiliki sifat antibakteri  dan juga antiinflamasi. Namun untuk memanfaatkannya, tidak dengan mencampurkan bawang putih dan bawang merah tersebut.

Jika ingin menggunakan bawang putih, kamu cukup siapkan 2 hingga 3 siung kemudian hancurkan untuk diambil ekstraknya. Oleskan ekstrak bawang putih tadi pada area bisul dan biarkan hingga mongering. Kamu bisa melakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari hingga bisul sembuh.

Sementara jika kamu ingin menggunakan bawang merah, cukup siapkan bawang merah secukupnya lalu iris-iris kasar. Taruh di atas bisul, kemudian perban dengan kain kasa di atasnya dan biarkan selama beberapa jam. Kamu bisa melakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

6. Menggunakan Neem Oil

Sesuai dengan namanya, minyak neem atau neem oil merupakan jenis minyak nabati yang berasal dari biji neem. Minyak yang berasal dari India ini punya sifat antibakteri, antiseptik dan juga antimikroba yang mana sangat ampuh dalam mengobati infeksi yang terjadi di kulit, termasuk juga bisul.

Untuk memanfaatkan neem oil sebagai obat bisul yang alami juga cukup mudah. Kamu tinggal langsung oleskan saja minyak neem ke area bisul, dan lakukan cara ini sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu pastikan tanganmu bersih baik saat akan mengoleskan minyak neem ataupun setelahnya.

7. Menggunakan Serbuk Kunyit

Dan cara menyembuhkan bisul dengan cepat dan efektif yang terakhir adalah dengan menggunakan serbuk kunyit. Serbuk kunyit punya kemampuan menyembuhkan bisul dikarenakan sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dimilikinya. 

Untuk memanfaatkan bubuk kunyit sebagai obat bisul alami sangat mudah. Kamu cukup rebus air secukupnya lalu campurkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh. Kamu bisa meminum ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari. Atau bisa juga dengan cara serbuk kunyit dengan air dan jahe, kemudian aduk hingga menyerupai pasta. Oleskan campuran tersebut pada area bisul dan biarkan hingga mongering. Kamu bisa melakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari hingga bisul benar-benar sembuh. 

Itulah tadi beberapa cara mengobati bisul dengan cepat dan efektif menggunakan bahan-bahan herbal alami. Menggunakan bahan herbal dianggap lebih ampuh serta tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Berbeda dengan penggunaan obat yang terbuat dari bahan kimia, hal ini bisa saja menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini