7 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh Harus Kamu Tahu

0
102
Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh

Koran.id – Suka banget dengan buah manis dan asam berwarna biru tua satu ini? Jika benar, kamu patut untuk bersyukur. Pasalnya, blueberry yang masih satu keluarga dengan buah stroberi ini punya khasiat yang baik bagi tubuh. Manfaat blueberry bagi kesehatan tubuh sangat banyak, mulai dari sebagai antioksidan, mengatasi dehidrasi, sebagai obat anti peradangan dan masih banyak lagi yang lainnya. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi buah blueberry secara rutin agar kesehatan tubuh lebih terjaga.

Manfaat yang diberikan oleh blueberry untuk tubuh ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berbagai zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bisa kamu temukan di dalam buah blueberry. Rasa yang sedikit asam dan manis membuat banyak orang menyukai buah kecil tersebut. Adapun ragam manfaat blueberry bagi kesehatan tubuh selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Ragam Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh

Blueberry memiliki nama latin Cyanococcus dan menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, buah blueberry punya banyak sekali kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari kandungan nutrisi penting yang ada di dalamnya, membuat blueberry mampu memberikan khasiat baik bagi kesehatan.

Beberapa kandungan zat penting yang ada di dalam buah blueberry antara lain, serat, protein, karbohidrat, kalsium, lemak, air, gula, zat besi, magnesium, potasium, sodium, zinc, vitamin A, B, C, E, dan vitamin K. Adapun manfaat blueberry bagi kesehatan tubuh manusia, di antaranya:

1. Bisa Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Blueberry merupakan salah satu jenis buah dari keluarga beri-berian yang punya kandungan air cukup kaya. Tidak heran, mengonsumsinya dengan jumlah tertentu akan membantumu mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian. Pada buah blueberry sendiri sekitar 85%-nya merupakan air, sehingga tidak heran kalau buah kecil satu ini sangat ampuh mencegah serta mengatasi dehidrasi.

Kamu tinggal mengonsumsi buah blueberry secara langsung atau dijadikan teman lengkap sebuah hidangan. Dehidrasi sendiri memang terlihat sepele, namun jika terus dibiarkan dehidrasi bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah, bahkan hingga kematian.

2. Sebagai Antioksidan

Blueberry juga termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan ini sendiri sangat penting perannya bagi kesehatan tubuh. Fungsinya tersebut adalah untuk memastikan tubuh terhindar dari paparan radikal bebas yang bisa berdampak kerusakan pada sel-sel penting dalam tubuh. Selian itu, antioksidan juga berperan penting untuk mengatasi inflamasi atau peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Sel-sel dalam tubuh yang rusak akibat paparan radikal bebas, jika dibiarkan nantinya akan tumbuh menjadi sel-sel kanker yang berbahaya. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kamu cukupi kebutuhan antioksidan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi buah blueberry secara rutin.

3. Sebagai  Anti-inflamasi atau Peradangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah blueberry kaya akan kandungan senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan tersebut tidak hanya membantu tubuh melawan radikal bebas, melainkan juga membantu mengatasi inflamasi atau peradangan. Dengan mengonsumsi buah blueberry secara rutin tentu akan membuat peradangan pada tubuh akan cepat disembuhkan serta diatasi dengan cepat.

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh buah blueberry ini sendiri bahkan sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian resmi. Jadi tidak perlu lagi meragukan khasiat dari buah blueberry dalam membantu mengatasi peradangan di tubuh.

4. Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat blueberry untuk kesehatan tubuh berikutnya yakni memiliki kemampuan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Bahkan manfaatnya dalam merawat serta menjaga kesehatan mata bisa disamakan dengan wortel. Jadi, kamu yang tidak terlalu suka dengan wortel bisa memilih blueberry guna untuk memastikan indera penglihatan alias mata tetap dalam keadaan sehat.

Manfaat ini sendiri didapat dari adanya kandungan vitamin A yang sangat kaya di dalam buah blueberry. Bahkan yang lebih hebat lagi, mengonsumsi buah blueberry akan membantu mempertajam penglihatan mata saat di malam hari. Hal ini sendiri ternyata sudah dilakukan oleh para Prajurit Angkatan Udara Inggris sejak masa Perang Dunia II silam.

5. Menjaga dan Merawat Kesehatan Tulang

Mengonsumsi buah blueberry secara rutin juga diklaim akan memberikan manfaat dalam menguatkan tulang. Selain itu, dengan kandungan zat penting di dalamnya blueberry juga mampu melindungi tulang dari berbagai penyakit, osteoporosis misalnya.

Manfaat ini didapat karena adanya kandungan beberapa mineral penting yang ada di dalam buah blueberry. Berapa jenis mineral di dalam blueberry tersebut antara lain, zat besi, kalsium, zinc, magnesium dan juga vitamin K. Seperti yang kita tahu, beberapa kandungan mineral tersebut memang punya peran cukup penting dalam menjaga dan merawat kesehatan tulang. Konsumsi buah blueberry secara rutin jika tidak ingin gangguan kesehatan tulang kamu alami.

6. Mampu Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat blueberry bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu meningkatkan fungsi otak manusia. Manfaat ini lagi-lagi didapat dari kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalamnya. Asupan antioksidan yang cukup akan membuat otak bisa bekerja lebih optimal lagi dari sebelumnya.

Hal ini juga dibuktikan dengan dilakukannya sebuah penelitian resmi. Dari penelitian yang dilakukan tersebut, menemukan bahwasannya seseorang yang mengonsumsi jus blueberry secara rutin selama 12 hari, memiliki dampak meningatnya kinerja otak. Jadi, masih ragu soal manfaat blueberry dalam meningkatkan fungsi otak?

7. Baik untuk Penderita Diabetes

Dan manfaat blueberry untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah mampu mengendalikan atan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para penderita diabetes. Buah blueberry disarankan untuk dikonsumsi secara rutin agar kadar gula darah bisa lebih normal dan stabil.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan, ditemukan penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi blueberry akan berpengaruh terhadap menurunnya kadar gula darah di dalam tubuhnya. Sementara jika dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2, maka yang didapat adalah meningkatnya kadar insulin di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, bagi orang normal yang mengonsumsi blueberry secara rutin akan memperkecil risiko menderita diabetes di kemudian hari.

Itulah tadi beberapa manfaat blueberry bagi kesehatan tubuh yang harus kamu tahu. Semoga informasi yang dibagikan di atas bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini