10 Jenis Oleh-oleh Khas Gresik Paling Diburu Wisatawan

0
308
Oleh-oleh Khas Gresik Paling Diburu Wisatawan
Oleh-oleh Khas Gresik Paling Diburu Wisatawan

Koran.idBerbicara mengenai Gresik memang sepintas yang ada di ingatan adalah semen terkenalnya yang bernama Semen Gresik, lokasi Kabupaten Gresik sendiri berada di antara perbatasan Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan, Kota Sidoarjo dan Mojokerto. Gresik cukup familiar dengan sejumlah wisata alamnya juga, seperti Pulau Bawean yang sangat indah sekali. jika kalian berada di Gresik untuk akhir pekan, jangan sampai lewatkan untuk membeli jenis oleh-oleh khas Gresik paling diburu wisatawan.

Di samping itu Gresik memang mempunyai daya tarik yang positif bagi wisatawan yang berkunjung, karena suasana di Gresik meskipun tak begitu sejuk akan tetap pemandangan alamnya tak kalah eksotis dengan daerah lainnya. jadi tak heran jika banyak sekali wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Gresik selalu ramai,  meski luas Kabupaten Gresik ini mencapai 1.191,25 km persegi saja.

Nah buat kalian yang telah menghabiskan liburan di Gresik, dan pulangnya ingin membawa bekal untuk di bawa pulang ke rumah. Untuk itu mari simak rekomndasi selengkapnya di bawah ini :

10 Jenis Oleh-oleh Khas Gresik Paling Diburu Wisatawan

1. Kue Pudak Asli Gresik

Kue Pudak Asli Gresik
Instagram.com/essy_heryana

Yang pertama, kue yang cukup familiar yang ada di Gresik yakni Pudak. Kue pudak ini merupakan jajanan rakyat masyarakat Gresik, dimana sampai sekarang menjadi langganan wisatawan untuk di beli bahkan di bawa pulang ke kampung halamannya.pudak berbahan dasar utama dari tepung beras, yang diberi gula jawa dan santan murni.

Menariknya pudak kemasannya menggunakan balutan daun pinang, yang sangat dikenal rasanya begitu lezat, manis dan lidah ini seakan tidak bisa berhenti menikmatinya. Jika kalian berniat ingin membelinya bisa langsung mengunjungi pusat jajanan di Kabupaten Gresik, di Jalan Sindujoyo No. 119, Kota Gresik. Untuk harganya sesuai besar kecilnya kemasan, yang pastinya murah meriah.

2. Lauk Otak-otak Bandeng

Lauk Otak-otak Bandeng
Instagram.com/absyir_kitchen

Selanjutnya jika kalian berada di Gresik maka jangan sampai lewatkan salah satu lauk otak-otak bandeng, lauk ini terbuat dari bahan utama jenis ikan bandeng yang di campur dengan olahan bumbu andalan ciri masyarakat Gresik itu sendiri. Soal rasa lauk otak-otak bandeng memang dapat menggugah selera makan menjadi bertambah, selain itu lauk ini sangat pas untuk orang yang suka pedas.

Oleh sebab itu otak-otak yang bebas dari bahan pengawet ini, cocok sekali untuk dibungkus di bawa pulang. Jangan khawatir karena otak-otak bandeng ini terbilang awet dan aman untuk di bawa pulang nanti, jika membelinya kamu bisa mampir di warung oleh-oleh Bu Muzannah Rolled Spicy. Lokasinya berada di Jalan Sindojuyo No. 68, Lumpur Gresik.

3. Kue Jubung Gresik

Kue Jubung Gresik
Instagram.com/mariaannalie

Satu lagi kue yang cukup populer di Kabupaten Gresik dengan sebutan kue Jubung, makanan jenis jubung ini merupakan kue tradisional yang rasanya tak kalah dengan kue jaman sekarang. Bahan dasar kue jubung biasanya menggunakan ketan hitam asli tanpa campuran yang diberi wijen untuk menaburi seluruh permukaan kue dan di bungkus dengan kulit pohon pisang.

Meski kue Jubung asli Gresik ini terlihat sederhana akan tetapi wisatawan banyak yang meminati, tak heran juga kue jubung selalu di borong untuk keluarga tercinta dirumahnya. Jika membelinya sebaiknya untuk langsung ke pusat jajanan rakyat di Gresik, dimana harganya di banderol cukup murah sekali dan stoknya pun sudah tersedia.

4. Kopi Asli Gresik

Kopi Asli Gresik
Instagram.com/kopi_robusta_gresik

Buat kalian yang pecinta kopi murni maka tak ada salahnya untuk mencoba di Kota Gresik, pasalnya cita rasa kopi asli Gresik ini begitu istimewa dan memiliki rasa tersendiri dari pada kopi dari daerah lainnya. di samping itu kopi yang super mantap rasanya ini, bahannya terbuat dari kopi jenis robusta yang diracik oleh tangan orang Gresik itu sendiri.

Kalian tak perlu repot untuk sekedar mencicipi kopi nikmat di Gresik ini, cukup mampir di warung pinggir jalan pasti akan menemukanya. Harganya seperti kopi pada umumnya yang murah sekali, biasanya pengunjung yang sedang menikmati kopi asli Gresik ini di nikmati dengan tambahan camilan gorengan karena sangat pas sekali untuk di jadikan santai.

5. Kue Bonggolan Asli Gresik

Kue Bonggolan Asli Gresik
Instagram.com/bonggolan_cakgendos

Sepintas terdengar kue asli Gresik ini tidak banyak yang tahu, memang kue bonggolan banyak di temukan hanya di Gresik saja. Tapi jika soal rasa pasti kalian ingin sekali memborongnya untuk dibawa pulang, kue bonggolan ini terkenal dengan rasanya yang begitu lezat sekali, gurihnya membuat mulut ini seakan tidak ingin berhenti mengunyah.

Bonggolan yang berbahan dasar dari daging ikan asli ini diolah dengan beberapabumbu rempah sebagai andalannya, di samping itu daging tadi diberi tepung kanji agar lebih renyah dan gurih. Untuk kemasanya biasanya memanfaatkan daun pisang yang telah di hangatkan. Untuk bisa mendapatkan kue bonggolan kamu bisa membelinya di warung sepanjang jalan di Gresik, haraganya pun murah loh?

6. Jajanan Martabak Usus

Jajanan Martabak Usus
Instagram.com/foodgraphy_indonesia

Mungkin kalau jajanan jenis martabak kalian banyak yang tahu, apalagi martabak tak hanya dari Gresik saja akan tetapi setiap daerah di Indonesia hampir ada semuanya. Namun bagaimana kalau martabak usus yang asli Gresik ini? mendengar namanya sih unik sekali pasalnya martabak usus ini bahan dasarnya sesuai dengan namanya yaitu usus ayam.  

Tapi martabak usus ini dibuat sesuai olahan orang Gresik, biasanya di dalamnya dilengkapi dengan mie putih, wortel, bawang, telur dan ada juga seladri. Penyajiannya pun sangat unik biasanya martabak usus ini di padukan dengan gajih nasi krawu agar kenikmatanya bertambah. jika wisatawan ingin sekedar mencicipi atau bahkan untuk dibawa pulang, maka kunjungilah tempat penjual martabak telur di Jalan Akim Kayat – Abdul Karim.

7. Petis Asli Gresik

Gresik bukan hanya dikenal dengan olahan makananya saja, namun ada bahan dasar pembuatan rujak yang tersedia seperti Petis. Masyarakat Gresik biasanya petis bukan hanya dijadikan sebagai bumbu saja, akan tetapi di buat untuk tambahan seperti sambal yang di campur dengan udang kecil. selain itu petis asli Gresik berbeda dari daerah lainya, karena teksturnya yang lembut namun juga lunak tidak lengket.

Banyak sekali sebenarnya kegunaan petis asli Gresik ini untuk sajian makanan ringan, seperti ketika makan lontong, sate atau bahkan rujak dan sejenisnya. Jadi jika kalian penasaran ingin mengetahui rasa petis asli Gresik yang manis ini, maka kunjungilah di beberapa pusat toko terlengkap di Gresik untuk kalian bawa pulang. Bila kamu berkesempatan ingin membeli banyak, tak perlu khawatir karena kemasanya sangat praktas dan aman.

8. Keripik Bayam Gresik

Keripik Bayam Gresik
Instagram.com/yoenitaa

Nikmatnya jika liburan di Gresik ditemani dengan makanan ringan ini seperti Keripik bayam, uniknya makanan satu ini terbilang paling banyak di beli para pengunjung yang sedang weekend di akhir pekan. Sesuai namanya bahan dasar keripik satu ini terbuat dari sayuran bayam segar, yang diolah dengan menggunakan tepung dan di aduk bersama bumbu.

Soal cita rasa keripik bayam ini terbilang enak, gurih dan legit, meski cara pembuatanya menggunakan alat tradisional akan tetapi tekstur dari keripik sendiri warnanya putih dan pastinya bersih. Apalagi jika olahan ini bebas dari bahan pengawet loh, maka dari itu jangan sampai ragu untuk membeli banyak untuk kalian bawa pulang. Buat kamu yang ingin membelinya jenis makanan ringan ini, kunjungilah di daerah Sidokumpul, Gresik.

9. Ikan Bandeng Asap

Ikan Bandeng Asap
Instagram.com/kulinergresik

Ketahuilah Kabupaten Gresik yang lokasinya berada dekat dengan laut, memiliki kekayaan alam yang mumpuni serta hasil lautnya juga sangat baik sekali. Maka tak heran apabila Gresik juga mempunyai olahan masakan yang cukup terkenal seperti bandeng asap, jika kalian belum menikmati kuliner ini pastinya setiap kali mencoba seakan lidah ini tak ingin berhenti dengan kelezatanya.

Apabila kalian ingin membungkus makanan bandeng asap ini, jangan khawatir mengenai keawetanya. Karena ikan yang di asap ini tujuanya dapat bertahan selama kurang lebih 2 hari, di samping itu asapnya yang menempel pada ikan akan mempunyai ciri kelezatan yang lezat sekali. sangat rekomended sekali loh buat lauk di kampung nanti, untuk membeli di daerah Gresik kamu bisa mengunjungi Resto Pak Elan di situ tersedia banyak harganya pun sesuai besar kecilnya ikan.

10. Pernak-Pernik Asli Gresik

Pernak-Pernik Asli Gresik
Instagram.com/gresikata.kuduwero

Jika kalian sedang liburan di Gresik, dan sudah berbelanja keperluan makanan untuk di bawa pulang, maka ada satu lagi yang tak boleh ditinggalkan seperti pernak-pernik buatan masyarakat Gresik. Ada beberapa andalan yang bisa membanggakan untuk di jadikan buah tangan seperti membeli kaos yang berdesai ala Gresik.

Banyak sekali macamnya yang menarik untuk dibeli, kalian bisa memilihnya terlebih dahulu mulai dari desain gambarnya, warna kaos, atau bahkan ukuran kaos sekalipun. Jika kalian ingin mendapatkan murah, maka disarankan untuk membeli banyak. Biasanya penjual kaos seperti itu ada di Jalan Arif Rahman Hakim tepatnya di depan SMK Semen Gresik.

Nah, itu tadi tentang  10 Jenis Oleh-oleh Khas Gresik Paling Diburu Wisatawan. Semoga dengan adanya rekomendasi di atas dapat memberikan manfaat, dan selamat akhir pekan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini