10 Tempat Wisata di Gresik yang Lagi Hits Banget

0
219
Tempat Wisata di Gresik yang Lagi Hits Banget
Tempat Wisata di Gresik yang Lagi Hits Banget

Koran.idSiapa yang menyangka jika di daerah Gresik terdapat potensi wisata yang menjajikan, ada berbagai destinasi wisata populer disana yang bisa jadikan rekomendasi liburan di akhir pekan nanti. Mulai dari wisata alam, wisata bersejarah dan masih banyak lagi lainnya. Tempat wisata di Gresik yang lagi hits banget, wajib untuk kalian kunjungi bila berada disana.

Untuk mengetahui secara singkat profil Gresik merupakan sebuah Kabupaten yang tepatnya di Provinsi Jawa Timur, berbatasan dengan kota terbaik seperti Surabaya dan juga Selat Madura. Kabupaten Gresik meski luasnya mencapai 1191.25 km2 juga dikenal betul sebagai daerah perindustrian, dan wisata religi seperti makam para sunan. Nah buat kamu yang berniat ingin weekend di daerah Gresik, ada baiknya untuk melihat wisata rekomended dibawah ini :

10 Tempat Wisata di Gresik yang Lagi Hits Banget

1. Wisata Pulau Gili Noko

Wisata Pulau Gili Noko
Instagram.com/ratihsukmaresi

Yang pertama, obyek wisata yag wajib untuk kamu kunjungi adalah pulau Gili Noko. Istimewanya obyek wisata alam ini begitu menarik sekali, suguhan dari pantai yang menenangkan serta pasir putihnya begitu bersih. Disamping view-nya yang menarik di Pulau Gili Noko terdapat permainan air seperti snorkeling dan masih ada lagi lainnya.

Pulau Gili Noko lokasinya berada di Desa Sidogedungbatu, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik. Jadi buat kalian yang liburan di destinasi Gili Noko selain memanjakan diri dengan melihat sunrise maupun sunsite, ternyata kamu bisa mengambil objek dengan tampilan biota laut yang sangat indah sekali.

2. Wisata Pantai Mombhul

Wisata Pantai Mombhul
Instagram.com/gresiktourism

Destinasi alam selanjutnya terdapat di Pulau Bawean dengan tampilan pantai yang begitu mempesona, pantai Mombhul namanya dengan area keluasan mencapai 45 hektare. Destinasi pantai ini selalu menjadi unggulan di daerah Bawean, maka tak heran selalu ramai di akhir pekanya dan sampai sekarang ini menjadi populer.

Aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Mombhul ini wisatawan bisa mencari momen terbaik, seperti halnya mengabadikan spot cinta, tempat sarang burung dan berfoto santai di gazebo. Atau bisa juga menyaksikan sarana seperti tempat penangkaran rusa, biota laut, waterboom dan masih banyak lagi. Lokasi obyek wisata Pantai Mombhul sendiri berada di Sidogedungbatu, Sangkapura Bawean, Gresik.

3. Wisata Bukit Sekapuk

Wisata Bukit Sekapuk
Instagram.com/jejak_langkah.id

Salah satu destinasi wisata bukit yang saat ini menjadi idaman para wisatawan yakni bukit sekapuk, lokasinya terletak di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Uniknya obyek wisaa ini bermula dari hasil pertambangan yang dibentuk sedemekian rupa agar menarik untuk dilihat. Maka dari itu sampai sekarang sudah menjadi ajang rekreasi bagi keluarga, dan tentu saja harga tiket masuknya murah meriah.

Obyek wisata di Bukit Sekapuk ini mengandalkan beberapa view yang dapat memikat para pengunjung, diantaranya bentuk pilar yang menjulang tinggi terdapat beberapa pahatan relief sehingga kamu seolah-olah berada di Eropa. Jadi kalian bisa mengambil spot terbaiknya disini, termasuk bangunanya yang pas banget untuk di posting di media sosial.

4. Wisata Bukit Kapur Suci

Wisata Bukit Kapur Suci
Instagram.com/gresiktourism

Destinasi satu ini yang tidak boleh kalian lewati ketika liburan di Gresik yaitu Bukit Kapur Suci, tempat ini selalu menjadi idola bagi para wisatawan termasuk kaum anak muda. Pasalnya bukit kapur suci selalu menarik untuk dijadikan foto selfie atau pun bersama, nyatanya saat ini di sosial media sudah semakin tersebar view keindahan bukit kapur suci.

Sebenarnya letak lokasi bukit kapur suci tak terlalu jauh dari Kawasan Industri Petrokimia, yakni tepatnya di Jalan Ponganganrejo No. 34 Suci Manyar, Kabupaten Gresik. Selain suasananya dapat menenangkan pikiran disini, ternyata pas sekali jika kamu mengajak ramai-ramai sanak saudara maupun teman.

Sedikit review tampilan bukit kapur suci terdapat kolam dengan ukuran lumayan besar, dengan airnya yang berwarna hijau gradasi biru. Meski debit air menenangkan akan tetapi pengunjung tak jarang yang memakainya untuk berenang atau pun sekedar bermain air.

5. Wisata Banyu Urip Mangrove Center

Wisata Banyu Urip Mangrove Center
Instagram.com/gresiktourism

Lokasi obyek wisata Mangrove ini terletak di Desa Banyu Urip, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Destinasi satu ini memang paling banyak di datangi pengunjung, dan menariknya merupakan eco-wisata terbaik di daerah Gresik. Suasana di kawasan hutan mangrove ini begitu sejuk sekali, pasalnya nuansa dedaunan mangrove selalu menyelimuti perjalanan pengunjung.

Tak hanya itu saja track di lokasi hutan mangrove yang bisa kamu tempuh sekitar 600 meter, kalian bisa sekedar jalan-jalan dengan menikmati indahnya alam sekitar juga bisa dibuat untuk jogging di pagi hari untuk berolahraga. Aktivitas yang menrik kalian lakukan ketika sedang menikmati perjalanan di dalam hutanmangrove, jangan lupa untuk mengambil spot andalanya ya untuk menambah galeri di sosmed kalian.

6. Wisata Sendang Pancuran Gosari

Wisata Sendang Pancuran Gosari
Instagram.com/gresiktourism

Ternyata di Gresik juga mempunyai destinasi wisata yang menarik para wisatawan loh, salah satunya sendang pancuran Gosari. Mendengar dari namanya memang benar tempat ini menawarkan sumber mata air yang jernih sekali, di kawasan sendang pancuran terdapat dekorasi yang menawan dan cocok sekali untuk foto disitu.  Tak kalah dari tempat lainya fasilitas untuk berfoto seperti sarang burung buatan, rumah kayu, jembatan dan tentu saja masih banyak yang lainnya.

Lokasi sendang pancuran Gosari tepatnya di Desa Gosari Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik. Jadi buat kalian agar liburanya tambah seru, ajak semua saudara maupun teman-temanya untuk datang ke tempat ini. suasananya pastinya sangat mendukung sekali, dan masih alami lingkungan wisata Sendang Pancuran Gosari.

7. Wisata Tanjung Ga’ang

Wisata Tanjung Ga’ang
Instagram.com/tnugros

Masyarakat Gresik pasti sudah tak asing lagi tentang tanjung Ga’ang ini, pasalnya tampilanya yang mempesona keindahan alamnya ditambah lagi tanjung Ga’ang memiliki dua tempat berbeda yang satunya lepas pantai alias jika kalau mau ke sana kalian harus naik perahu sewaan milik warga sekitar. Keistimewaan tanjung Ga’ang ini bibir pantainya sangat luas sekali, kalian juga bisa sekalian berjalan kaki menyusuri Tanjung Kodok hingga bebatuan karang.

Berbeda dari tanjung lainya yang ada di Gresik, tanjung Ga’ang menyuguhkan tebih dengan bentuk yang megah dan kokoh jika ingin melakukan foto disana atau sekedar penasaran ingin mendekati kamu bisa melaluinya dengan sebuah perahu sewaan. Setelah sesampai ditempat itu pasti kalian akan takjub keindahan tebing menjuang tinggi, sekaligus cocok banget untuk diposting di sosial mediamu.

8. Wisata Situs Giri Kedaton Gresik

Wisata Situs Giri Kedaton Gresik
Instagram.com/wan_achan

Salah satu wisata sejarah yang berada di Gresik yang masih layak untuk dijadikan foto untuk di posting di instagram, meski untuk sampai di giri kedaton ini tidak terlalu tinggi namun tetap melelahkan juga. jadi buat kamu yang suka liburan sekaligus olahraga, bisa menuju ke tangga situs Giri Kedaton.

Nuansa wisata ini menyajikan sebuah candi dengan relief dari bebatuan merah, selain bisa berkesempatan untuk mengambil foto situs giri kedaton untuk diabadikan kalian juga bisa melihat sunrise maupun sunsite di area situs giri Kedaton. Tak perlu membawa makanan maupun minuman, karena banyak sekali penjual yang sudah berada di tempat ini. untuk lokasinya sendiri berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas Gresik.

9. Wisata Pulau Noko Selayar

Wisata Pulau Noko Selayar
Instagram.com/gresiktourism

Kembali lagi ke destinasi wisata pantai terindah yang ada di Gresik, pulau Noko Selayar selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sedang asik liburan. Karena andalan view pantai ini menyajikan hamparan pasir putih yang bgitu lembut ditambah air pantainya yang kebiruan. Maka dari itu tak heran jika pantai ini selalu menjadi favorit di akhir pekan, apalagi pengunjung bisa sekaligus menikmati sunset bahkan berenang untuk menyapa biota laut di bawah.

Sebenarnya jika kalian berada dari Pulau Bawean jaraknya tidak terlalu jauh, hanya waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pulau Noko Selayar kurang lebih 20 menit saja. Lokasinya berada di Desa Sungai Rujing Kecamatan Sangkapura, Gresik. Untuk menambah serunya akhir pekan kamu, maka ajak semua ya sahabat beserta keluarga-mu nanti.

10. Wisata Danau Kastoba

Wisata Danau Kastoba
Instagram.com/denaiguna

Gresik ternyata juga memiliki destinasi yang menyuguhkan sebuah danau yang sangat indah loh, tepatnya berada di Desa Paromaan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik. Serunya untuk menuju ke Danu Kastoba ini diperlukan stamina yang fit ya? pasalnya untuk menuju ke lokasi Danau kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih 25 menitan, ditambah lagi rasa lelah yang akan menghampiri kamu nantinya, namun jika sudah sampai pasti kalian akan terbayar dengan pesona danau yang menjajikan.

Untuk suasana obyek wisata danau sendiri begitu menenangkan, karena lumayan jauh dari pusat perkotaan maupun jalan utama. Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini kalian bisa memburu view andalan untuk di foto sekaligus juga bisa sekedar basah-basahan untuk bermain air danau. Jadi lebih asiknya lagi berbagi pengalaman disini bersama teman-temanmu ya?

Nah, itu tadi mengenai 10 Tempat Wisata di Gresik yang Lagi Hits Banget. Semoga rekomendasi yang bermanfaat di atas dapat memudahkan kalian untuk mencari referensi di daerah Gresik dan selamat akhir pekan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini