Luar Biasa! Ini Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan dan Kecantikan

0
547

Koran.id – Buah cermai mungkin masih cukup asing di telinga masyarakat kita. Buah yang memiliki nama latin Phyllanthus ini masih termasuk dalam keluarga buah berry. Berbeda dengan jenis beri-berian lainnya, buah cermai cenderung mempunyai rasa yang asam. Meski begitu, manfaat buah cermai ternyata sangat banyak, baik itu bagi kesehatan atau juga kecantikan.

Manfaat luar biasa dari buah cermai sendiri didapat dari kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari buah cermai, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, dibuat menjadi manisan, atau diambil sarinya untuk dijadikan minuman segar. Untuk informasi selengkapnya mengenai manfaat buah cermai bagi kesehatan dan kecantikan, bisa kalian simak di bawah ini.

Ragam Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah cermai memiliki banyak sekali kandungan zat yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan tersebut seperti, fosfor, kalsium, seng, zat besi, tanin, thiamin, polifenol, riboflavin, vitamin A, vitamin B kompleks, dan juga vitamin C. Mengonsumsi buah cermai akan memberikan khasiat yang luar biasa terhadap kesehatan dan kecantikan. Adapun manfaat bauh cermai bagi kesehatan dan kecantikan, di antaranya:

1. Sebagai Obat Diabetes

Manfaat buah cermai bagi kesehatan yang pertama adalah bisa mengobati penyakit gula darah atau diabetes. Buah cermai sendiri dipercaya mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil, sehingga seseorang terhindar dari penyakit diabetes. Bahkan di India, buah cermai sudah sejak lama dijadikan sebagai obat alternatif paling dipilih untuk mengobati diabetes.

Manfaat menstabilkan kadar gula darah ini didapat dari kandungan senyawa mineral bernama kromium yang ada dalam buah cermai. Kromium ini sendiri memiliki peranan sangat penting dalam meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Dengan begitu, penyerapan glukosa akan lebih terkontrol. Cukup mengonsumsi buah cermai secara rutin agar bisa menyembuhkan penyakit diabetes yang diderita.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi buah cermai juga bisa membantu menjaga dan merawat sistem pencernaan sehingga membuatnya tetap sehat. Berbagai masalah gangguan sistem pencernaan akan diminimalisir dengan sangat baik. Gangguan sistem pencernaan seperti sembelit, diare, radang usus, dan lainnya tidak akan dialami lagi.

Manfaat satu ini didapat dari kandungan serat yang cukup tinggi di dalam buah cermai. Seperti yang kita tahu, serat memiliki peranan yang sangat penting dalam merawat dan menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Mengonsumsi buah cermai akan mencukupi kebutuhan serat harian tubuh.

3. Membantu Menyukseskan Program Diet

Khusus untuk kalian yang sedang menjalani program penurunan berat badan alias diet, disarankan untuk mengonsumsi buah cermai. Buah cermai sendiri termasuk salah satu jenis buah rendah kalori. Dalam setiap 100 gram buah cermai hanya memiliki sekitar 44 kalori. Ditambah lagi dengan kandungan serat di dalamnya yang juga sangat baik untuk program diet.

Program penurunan berat badan yang kamu jalankan akan lebih sukses dengan memasukkan buah cermai sebagai menu harian. Serat yang ada di dalam buah cermai bisa memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga akan menekan rasa ingin makan.

4. Menjaga dan Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah cermai bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, kolesterol jahat yang berlebih bisa memicu beberapa penyakit serius seperti, stroke, jantung dan juga hipertensi.

Karena itulah, dianjurkan untuk mengonsumsi buah cermai agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut. Manfaat menurunkan kolesterol ini sendiri didapat dari kandungan zat antioksidan yang ada di dalam buah cermai. Zat antioksidan ini akan mencegah proses oksidasi dari kolesterol jahat, serta mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah arteri yang mengakibatkan penyakit jantung.

5. Sebagai Obat Anti Kanker

Penyakit kanker biasanya disebabkan oleh kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa mengonsumsi buah cermai secara rutin. Buah cermai dengan kandungan antioksidannya mampu memberikan perlindungan terhadap sel-sel tubuh dari kerusakan yang dipicu oleh serangan radikal bebas.

Meski begitu, manfaat buah cermai dalam mencegah terbentuknya sel kanker masih perlu penelitian yang lebih lanjut. Pasalnya penelitian akan hal ini masih sangat sedikit sehingga masih belum bisa dinyatakan secara jelas tentang manfaat tersebut.

6. Merawat dan Menyehatkan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah cermai ternyata juga punya khasiat yang baik untuk kecantikan kulit. Buah cermai dengan kandungan vitamin C cukup tinggi di dalamnya mampu berperan sebagai antioksidan alami bagi kulit. Kulit akan terbebas dari berbagai masalah yang menggangu, seperti jerawat, penuaan dini, flek hitam dan lain sebagainya.

Kandungan dalam buah cermai tersebut memiliki kemampuan untuk menghalau radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel-sel kulit. Dengan begitu, kamu bisa tampil cantik sempurna di setiap kesempatan.

7. Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat buah cermai bagi tubuh yang terakhir adalah mampu membuat rambut lebih sehat dan terjaga kekuatannya. Buah cermai bisa kamu jadikan sebagai tonik rambut alami yang punya banyak sekali khasiat. Berbagai masalah rambut yang sering terjadi akan diatasi dengan mudah menggunakan buah cermai, seperti rambut rontok, rambut kering, bercabang dan lain sebagainya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, buah cermai biasanya diolah terlebih dahulu dengan cara diekstrak dan diambil minyaknya. Minyak tersebutlah yang nantinya digunakan sebagai perawatan rambut alami yang efektif.

Itulah tadi beberapa manfaat buah cermai bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu kamu tahu. Meskipun punya rasa yang asam, ternyata buah cemai punya banyak sekali manfaat luar biasa bagi tubuh.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini