7 Kesalahan Saat Rambut Basah yang Sering Dilakukan Wanita

0
127

Koran.idPentingnya merawat rambut bagi wanita memang penting sekali, apalagi rambut yang indah dapat membuat seseorang menjadi percaya diri. Tak lepas dari itu sayangnya tak sedikit wanita yang tidak menyadari kalau rambut kondisinya basah, cara melakukanya keliru. Hal ini akan mengakibatkan rambut mudah kering dan rontok, disini ada beberapa faktor kesalahan saat rambut basah yang sering dilakukan wanita.

Perawatan rambut yang masih keadaan tidak kering harus dilakukan secara benar, hal ini karena protein yang ada dalam rambut akan membentuk keratin dan selanjutnya bentuk itu menjadi sebuah ikatan hidrogen dengan keadaan yang minim pertumbuhannya. Jadi ketahuilah rambut yang sering diperlakukan dengan kasar, langsung diikat atau bahkan ditarik menggunakan sisir akan menyebabkan kerusakan parah.

Kesalahan Saat Rambut Basah yang Sering Dilakukan Wanita

Kesalahan Saat Rambut Basah yang Sering Dilakukan
Kesalahan Saat Rambut Basah yang Sering Dilakukan

1. Rambut Langsung di Simpul

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika sedang membasahi rambut jangan sampai melakukan simpulan atau kata lain rambut di kuncir, penyebabnya yang akan terjadi malah rambut mengalami kerusakan. Dari rusaknya rambut pertama kali akan terlihat kusut saja, namun jika itu diteruskan maka sangat fatal rambut mudah rontok secara permanen.

Solusi yang bisa di ambil ketika ingin membasahi rambut dengan membilas memakai shampo, terlebih dahulu rambut teruraikan dengan menggunakan sisir. Agar rambut itu secara menyeluruh bisa terkena air, selanjutnya kamu dengan bebas melanjutkan perawatan dengan memakai shampo untuk mendapatkan rambut sehat dan hital berkilau.

2. Menyisir Rambut Terlalu Kuat dan Kasar

Berikutnya tak sedikit wanita yang menyadari ketika menyisir rambut tapi diperlakukan dengan kuat atau kasar, hal ini memungkinkan rambut mengalami kerontokan lebih banyak. Meskipun rambut tidak kusam ketika di sisir terlalu kasar, maka akan menimbulkan kerugian rambut secara normal yang bergandeng ikut terlepas dan banyak kerontokannya.

Agar kondisi ini tidak bertambah parah, sebaiknya ciptakan cara perawatan rambut dengan baik dan benar. Ketika selesai membilas rambut dengan melakukan keramas, kamu bisa secara lembut waktu menyisirnya. Perhatikan menyisir rambut yang benar kamu bisa mengarahkan sisir mulai dari ujung rambut terlebih dahulu, lalu mengarah ke bagian atas permukaan rambut.

3. Mengikat Rambut di Waktu yang Kurang Tepat

Sebenarnya tips merawat rambut yang selesai dibilas tidak terlalu sulit, namun kebanyakan caranya yang salah ketika mengaplikasikanya. Tak heran jika selesai keramas terkadang terlalu terburu-buru ingin kering, dengan melakukan ikatan rambut sebanyak mungkin dan bahkan ikatan tersebut terlalu kuat. Maka yang terjadi bukan harapan saja yang di dapat, melainkan rambut menjadi kusam.

Mengikat rambut pada waktu masih basah, akan sangat jelas mempengaruhi tingkat elastisitas. Hal ini terjadi karena ikatan yang dilakukan pada rambut pastinya akan secara kuat menariknya, tentunya kondisi rambut menjadi renggang dan kualitas rambut lebih mudah tipis yang berujung kerontokan. Untuk mengatasinya ada baiknya memanfaatkan pin khusus rambut, menunggunya sampai benar-benar keadaan rambut menjadi kering.

4. Memakai Alat Pemanas Rambut

Terkadang perawatan satu ini sering kali di remehkan oleh setiap orang, setelah melakukan perawatan dengan shampo lalu dibilas menggunakan air jangan sampai rambut habis di basuh handuk langsung memakai alat pemanas rambut. Hal ini tentu saja sangat jelas ketika rambut seperti di seterika/ bisa dibilang di catok maka akan mengakibatkan rambut menjadi keriting dan rusak parah.

Di samping itu menggunakan catok bisa memberikan kerusakan secara permanen ketika kondisi sedang basah, oleh karena itu sebelum memakai pemanas rambut itu tunggu keadaan rambut sampai kesap. Setelah benar-benar aman kamu bisa menggunakannya sesuai style rambut yang diinginkanya.

5. Menggosok Rambut Terlalu Kuat

Salah satu kekeliruan yang jarang disadari oleh setiap orang, ketika selesai pembilasan saat menggunakan shampo tak sedikit orang yang mengeringkan rambut dengan cara menggosok handuk di bagian kepala. Tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan buat kesehatan rambut, pasalnya jika di tekan secara kasar dan kuat rambut akan menjadi kusam dan kering.

Bila dilakukan setiap hari sehabis membilas shampo, rambut akan mengalami kerusakan secara permanen dan nantinya sulit untuk di rawat kembali. Untuk mengatasi agar rambut tetap sehat kamu bisa mengusap rambut dengan memanfaatkan kain kaus yang terbuat dari bahan katun untuk mengeringkannya. Karena kain yang teksturnya halus sangat baik untuk soal meresapi air sekaligus rambut tidak mudah menjadi rusak dan rontok.

6. Memakai jenis Sisir yang Kurang Layak

Selayaknya kamu harus bisa mengerti tentang tips merawat rambut yang baik, sehabis membilas rambut pastinya kamu mengusap rambut terlebih dahulu agar kering. Selanjutnya kamu melakukan penyisiran untuk merapikannya, dan yang perlu diperhatikan adalah gunakanlah jenis sisir yang sesuai dengan tekstur dan volume rambut kamu.

Memakai sisir yang tidak tepat akan membuat rambut menjadi patah dan akhirnya mengalami kerontokan, hal ini terjadi karena bila rambut kamu bervolume atau tebal lebih baik memilih jenis sisir terbuat dari nilon so tidak terlalu rapat. Begitu juga sebaliknya jika rambut yang tebal berisi menggunakan sisir tidak renggang kondisi rambut kamu pasti banyak yang ketarik dan akhirnya rontok. Dan perhatikan satu lagi jangan sampai menggunakan sisir yang rusak atau keadaanya sudah ada yang patah.

7. Mengeringkan dengan Memakai Hair Dryer

Sama halnya menggunakan alat pengering lainnya seperti catok, namun memakai hair dryer ini sebenarnya masih aman ketika digunakan. Akan tetapi jika tidak mengetahui cara mengaplikasikan pasti akan mengkhawatirkan pada kesehatan rambut, jadi harus tidak sembarangan menggunakan hair dryer yang tentunya kamu juga tidak mau nantinya rambut menjadi rusak permanen.

Tips terbaiknya jika aman ketika menggunakan hair dryer terlebih dahulu usaplah rambut dengan menggunakan kain halus, agar kondisi air yang ada di sela-sela rambut meresap dan tidak ada lagi air yang menetes. Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan hair dryer ini sesuai keinginan, kamu bisa juga menggunakan bantuan sisir untuk langsung merapikannya so agar secara menyeluruh rambut menjadi kering sehat.

Nah, itulah tadi tentang 7 Kesalahan Saat Rambut Basah yang Sering Dilakukan Wanita. Semoga referensi singkat di atas dapat memberikan manfaat untuk kalian semua dan sekaligus juga untuk menambah wawasan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini