7 Pilihan Obat Sakit Mata Paling Ampuh dan Aman

0
1753

Koran.id – Mata merupakan salah satu organ penting pada tubuh yang berfungsi untuk melihat sesuatu. Mata menjadi organ yang paling penting dan harus selalu dijaga kesehatannya. Akan tetapi, gangguan kesehatan pada mata seringkali tidak bisa dihindarkan. Beberapa gangguan kesehatan yang sering dialami mata, mulai dari mata merah, bengkak, gatal, konjungtivitis dan lain sebagainya. Untuk mengatasi gangguan kesehatan mata tersebut tidak boleh sembarangan, gunakan obat sakit mata paling ampuh dan aman yang memang dianjurkan oleh dokter spesialis.

Menggunakan sembarang obat untuk mata yang mengalami gangguan, bisa saja membuatnya semakin parah atau menimbulkan efek lainnya. Karena itulah, penting sekali untuk mengetahui mana saja obat sakit mata yang ampuh dan aman untuk digunakan. Ulasan selengkapnya mengenai obat untuk sakit mata yang aman tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

7 Jenis Obat Sakit Mata Secara Medis dan Herbal

Sebagian orang biasanya menggunakan obat herbal sebagai cara mengobati sakit mata ringan. Mereka percaya obat herbal lebih baik dalam menyembuhkan gangguan mata dan aman pastinya. Meski begitu, obat secara medis juga tidak kalah ampuh dalam mengatasi gangguan yang terjadi pada mata. 

Berbicara menganai obat sakit mata ini sendiri ada banyak sekali jenisnya. Beberapa obat bisa disesuaikan dengan jenis gangguan yang sedang dialami pada mata. Adapun jenis obat sakit mata yang aman dan ampuh, antara lain:

1. Bunga Mawar

Sudah sejak lama mawar menjadi salah satu obat sakit mata tradisional yang paling banyak digunakan. Bunga mawar ini sendiri memiliki efek yang bagus dalam menangani mata bengkak dan merah. Bahkan khasiatnya tersebut bisa kamu rasakan dengan cepat, dan penggunaannya juga sangat aman pastinya.

Untuk mendapatkan manfaat dari bunga mawar dalam menyembuhkan mata merah dan bengkak, yakni dengan mengambil air rebusannya. Kamu tinggal siapkan air hangat, lalu masukkan bunga mawar secukupnya. Gunakan air tersebut untuk mengompres mata yang bengkak dan merah secara rutin hingga mata yang sakit tersebut sembuh.

2. Daun Sirih

Selain bunga mawar, daun sirih ternyata juga punya khasiat yang baik dalam mengobati sakit mata. Kandungan alami yang ada di dalam daun sirih akan membuat sakit mata bisa sembuh dengan lebih cepat.

Untuk mendapatkan manfaat menyembuhkan sakit mata dari daun sirih hampir sama dengan bunga mawar. Kamu tinggal menyiapkan air secukupnya dan tiga lembar daun sirih. Rebus hingga airnya mendidih, kemudian diamkan hingga agak dingin (hangat-hangat kuku). Gunakan air tersebut untuk mengompres area mata yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin agar sakit mata bisa cepat sembuh.

3. Madu

Madu juga menjadi salah satu jenis obat sakit mata alami yang bagus dan aman digunakan. Khasiat dari madu ini sendiri mampu menyembuhkan mata belekan atau konjungtivitis dengan cepat dan ampuh.

Untuk memanfaatkan madu sebagai obat mata belekan yakni dengan menyiapkan terlebih dahulu madu, kapas dan air hangat. Sebagai langkah awal kamu perlu celupkan kapas ke air hangat lalu bersihkan area mata khususnya yang terdapat belekan atau benjolan. Setelah itu, oleskan area tersebut dengan madu. Lakukan cara ini secara rutin 2 sampai 3 kali sehari agar konjungtivits bisa cepat sembuh.

4. Air Mata Buatan (Artificial Tears)

Selain obat sakit mata secara herbal, ada pula cara mengobati sakit mata dengan menggunakan obat-obatan kimia. Salah satu obat sakit mata secara medis tersebut adalah Artificial Tears atau yang sering disebut air mata buatan. Sesuai dengan namanya, obat satu ini berfungsi untuk memberikan elemen air mata tambahan agar mata tetap terjaga kelembapannya. Obat ini biasanya digunakan untuk mata kering.

Mata kering sendiri terlihat sepele, namun dampaknya sangat berbahaya bagi mata. Jika dibiarkan secara terus-menerus, kondisi ini akan mengakibatkan iritasi di mata. Mata kering juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari terlalu lama menatap layar, penggunaan kaca mata terlalu lama, angin, dan lain sebagainya.

5. Dekongestan

Dekongestan juga menjadi salah satu obat kimia yang berkhasiat menyembuhkan sakit mata. Khususnya mata merah dan teriritasi bisa disembuhkan dengan obat sakit mata yang mengandung dekongestan ini. Meskipun berkhasiat baik, tetapi penggunaan jangka panjang tidak disarankan. Pasalnya dekongestan ini bisa berdampak negatif terhadap mata, seperti membuat mata kering dan juga pupil mata melebar.

Mata merah ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kotoran yang masuk ke mata, terlalu lama menatap layar gadget, efek samping pasca operasi mata, dan lain sebagainya. Hindari kebiasaan menatap layar gadget agar mata senantias sehat.

6. Antibiotik

Jenis obat sakit mata berikutnya yang biasa disarankan oleh dokter adalah antibiotik. Obat antibiotik ini sendiri berguna untuk mencegah sekaligus mengobati mata yang mengalami infeksi. Beberapa gejala infeksi yang terjadi pada mata yakni mata berair dan juga muncul benjolan atau konjungtivitis.

Konjungtivitis biasa mungkin bisa diatasi hanya dengan penggunaan obat air mata buatan. Tetapi jika kondisinya sudah semakin parah, biasanya ditandai dengan munculnya cairan lengket, maka obat antibiotik paling tepat dijadikan pilihan.

7. Antihistamin

Mata bengkak disertai dengan rasa gatal, mungkin saja ini merupakan reaksi alergi. Jika benar demikian, obat sakit mata yang mengandung antihistamin ini bisa dijadikan pilihan. Obat tersebut memang diformulasikan khusus untuk mengatasi mata bengkak dan gatal yang diakibatkan oleh alergi.

Tidak hanya reaksi alergi yang dirasakan pada area mata saja, obat jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk reaksi alergi di bagian tubuh lainnya. Tetapi sebelum penggunaannya, kamu harus memastikannya dengan datang ke dokter spesialis. Dokter pasti tahu apakah mata bengkak disertai rasa gatal tersebut merupakan reaksi alergi atau bukan.

Itulah tadi beberapa jenis obat sakit mata yang paling ampuh dan aman sesuai gangguan kesehatan mata yang dialami. Jika penggunaan obat-obatan di atas tidak kunjung memberikan efek menyembuhkan mata, sebaiknya kamu merujuknya ke dokter spesialis. Dokter pasti lebih tahu bagaimana penanganan yang tepat untuk sakit mata yang kamu derita. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuanmu, ya?  

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini