10 Jenis Makanan untuk Menyehatkan Mata yang Bagus dan Aman

0
316
Makanan untuk Menyehatkan Mata

Koran.id – Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang penting peranannya dan berfungsi sebagai alat penglihatan. Tanpa adanya mata, kita tidak akan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan maksimal dan seperti orang normal biasanya. Karena peranannya yang sangat penting dalam kehidupan, sudah semestinya kesehatan mata harus tetap dijaga. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi makanan untuk menyehatkan mata. 

Ada banyak sekali jenis makanan yang bagus untuk kesehatan mata, mulai dari buah, sayuran hingga daging hewan. Pada artikel kali ini saya sudah mengumpulkan daftar jenis makanan yang bisa kamu konsumsi guna untuk menjaga mata agar tetap sehat. Karena penglihatan yang kurang baik akan membuat kita susah melakukan aktivitas apapun. Untuk mengetahui list makanan menyehatkan mata, lihat di bawah ini.

Makanan untuk Menyehatkan Mata

Daftar Makanan untuk Menyehatkan Mata yang Bagus

1. Buah Naga

Makanan untuk menyehatkan mata tidak melulu tentang wortel. Ada jenis makanan lain yang bagus untuk menyehatkan mata, salah satunya adalah buah naga. Buah naga ini sendiri ternyata punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, kandungan vitamin C memang berkhasiat baik untuk kesehatan kornea mata. Mengkonsumsi buah naga tentu akan membuat mata menjadi lebih sehat.

Disamping itu buah naga juga menjadi salah satu buah manis dari keluarga tanaman kaktus. Rasanya yang manis dan unik membuat banyak orang yang suka mengkonsumsinya.

2. Jeruk

Hampir sama kandungannya dengan buah naga, Jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C pada buah jeruk bermanfaat untuk pembuluh darah pada mata, sehingga membuatnya menjadi semakin sehat.

Vitamin C pada buah jeruk juga bermanfaat untuk meminimalkan risiko katarak pada mata. Selain itu, vitamin C juga bisa kamu kombinasikan dengan nutrisi lain dari buah segar selain jeruk, pasti akan membuat mata semakin sehat. Risiko katarak atau juga penurunan penglihatan di usia muda akan lebih bisa diminimalkan.

3. Nangka

Mungkin kamu tidak pernah menyangka ternyata buah nangka punya khasiat yang baik dalam menjaga kesehatan mata. Buah yang kulitnya dipenuhi dengan duri kecil di kulitnya ini punya kandungan vitamin C yang bagus untuk kesehatan mata.

Seperti yang kita tahu sebelumnya, kandungan vitamin C memiliki khasiat untuk mencegah katarak pada seseorang. Selain itu, vitamin C juga bisa meperkecil risiko penurunan penglihatan di usia muda yang disebabkan oleh degenerasi makula. Wah, ternyata buah nangka juga bagus untuk kesehatan mata ya?

4. Biji Bunga Matahari

Kalau tadi adalah jenis buah yang bagus untuk kesehatan mata, kali ini adalah dari jenis biji-bijian yang punya manfaat serupa. Siapa sangat biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan nama kuaci ini sangat baik dalam menjaga kesehatan mata kita. Biji bunga matahari memiliki kandungan yang hampir sama dengan kacang almond, dan baik untuk mata.

Di dalamnya terdapat kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Kandungan ini sendiri berkhasiat untuk degenerasi makula yang bisa menyebabkan penurunan penglihatan di usia muda. Selain itu, vitamin E pada biji buah matahari juga mampu mencegah katarak di usia dini.

5. Sayuran Hijau

Jenis makanan untuk menyehatkan mata yang bagus berikutnya adalah sayuran hijau. Disamping khasiatnya dalam menjaga kesehatan tubuh, sayuran hijau ternyata juga bagus untuk mata. Beberapa jenis sayuran hijau yang tergolong baik untuk mata seperti, bayam, kale, dan sayuran collard. Beberapa sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin E dan C yang memang menyehatkan mata.

Selain itu, ada pula kandungan vitamin A yang diklaim mampu mencegah risiko katarak, penyakit mata jangka panjang dan juga Age Mecular Degeneration (AMD). Masih ragu mengkonsumsi sayuran hijau untuk menyehatkan mata?

6. Paprika Merah

Satu lagi jenis sayuran yang bagus untuk kesehatan mata yakni paprika merah. Paprika merah ini sendiri punya kandungan vitamin A dan E yang mana sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi paprika merah akan memperkecil kamu menderita katarak, bahkan di usia dini.

Selain paprika merah, jenis paprika berwarna cerah lainnya juga punya kandungan yang sama dalam menyehatkan mata. Memakannya dalam kondisi masih mentah lebih dianjurkan dari pada harus dimasak terlebih dahulu.

7. Ubi Jalar

Jenis makanan untuk menyehatkan mata berikutnya adalah ubi jalar. Kandungan yang ada pada ubi jalar hampir sama dengan wortel dan jenis buah dan sayur lainnya yang berwarna oranye seperti, aprikot, mangga dan melon. Dimana kesemuanya tersebut memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, beta karoten ini sendiri merupakan suatu bentuk dari vitamin A yang memang sehat untuk mata. 

Selain vitamin A, ubi jalar juga punya kandungan vitamin C dan E yang juga baik menjaga kesehatan mata. Bahkan diklaim ubi jalar mampu memenuhi setengah dari kebutuhan tubuh terhadap kandungan vitamin C.

8. Daging

Tidak sepenuhnya daging memiliki efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Faktanya daging juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. Daging ayam, sapi dan daging hewan ternak lainnya punya kandungan yang baik untuk mata.

Tiram dan kerang juga menjadi jenis hewan laut yang bagus untuk kesehatan mata. Pasalnya, keduanya punya kandungan seng yang mana berfungsi untuk membawa vitamin A dari hati ke retina mata. Seperti yang kita tahu, vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata.

9. Kacang-kacangan

Jenis makanan untuk menyehatkan mata yang bagus berikutnya adalah kacang-kacangan. Mulai dari kacang merah, kacang polong hitam hingga kacang lentil juga sangat baik untuk kesehatan mata. Beberapa jenis kacang-kacangan ini memiliki khasiat untuk memperlambat risiko AMD dan juga mempertajam penglihatan kamu saat di malam hari. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara dipanggang.

10. Ikan Salmon

Dan jenis makanan untuk menyehatkan mata paling bagus yang terakhir adalah ikan salmon. Ikan salmon punya kandungan Omega 3 yang cukup tinggi, dimana kandungan ini mampu memperlambat risiko AMD dan glaukoma pada mata. Selain ikan salmon, jenis makanan laut seperti ikan tuna, ikan air tawar dan ikan dengan Omega 3 lainnya juga memiliki khasiat yang sama untuk mata.

Itulah tadi beberapa jenis makanan untuk menyehatkan mata yang bagus bisa kamu konsumsi. Cegah risiko kelainan dan penurunan kesehatan mata dengan rutin mengkonsumsi jenis makanan di atas.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini