7 Tips Diet Sehat Agar Tubuh Tidak Kaget Saat Menjalani Ibadah Puasa

0
439

Koran.idSebagai umat muslim menjalankan puasa bulan Ramadhan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan,  apalagi banyak yang beranggapan di bulan puasa ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Tips diet sehat di bulan puasa memang sangat penting sekali, karena untuk menjaga energi dalam tubuh tetap stabil meskipun sedang berpuasa.

Pada umumnya memang tidak banyak berbeda untuk Tips diet sehat pada saat puasa, perhatikan keseimbangan dari asupan yang kamu konsumsi seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Tentu kesempatan itu hanya bisa kamu terapkan di saat berbuka maupun sahur, untuk sekedar pengingat ya?  di bulan puasa ini jangan sampai program diet sehat kamu terganggu dan lakukan beberapa tips diet sehat agar tubuh tidak kaget saat menjalani ibadah puasa.

Tips Diet Sehat

7 Tips Diet Sehat Agar Tubuh Tidak Kaget Saat Menjalani Ibadah Puasa

1. Makan Sahur Tepat Waktu

Makan sahur dengan waktu yang tepat memang harus menjadi suatu kebiasaan, hal ini akan memberikan keuntungan bagi kamu yang menjalankanya. Pasalnya jika sahur kamu tidak bisa tepat atau bahkan telat maka kandungan nutrisi pada tubuh menjadi persoalan serius, karena energi yang ada di dalam tubuhmu akan merasa habis sehingga dehidrasi tubuh akan mudah lelah.

Perlunya sahur bukan hanya sekedar untuk menambah makanan pada perut, namun juga harus memprioritaskan nutrisi dan karbohidarat di dalam tubuh. Lengkapi sahur kamu dengan makanan antara lain ikan laut, telur dan kacang merah, dengan kandungan protein seperti itu maka kamu akan bersemangat ketika beraktivitas sepanjang hari.

2. Buka Puasa yang Ideal

Rencanakan sebelum waktu buka puasa tiba, setidaknya kamu harus mengetahui menu makanan yang akan dijadikan berbuka. Pilihlah makanan yang asupan gizi lebih banyak, hindari makanan bersantan seperti rendang. Makanan yang sehat akan memberikan energi lebih pada tubuh, sehingga kamu akan terbebas dari buka puasa dengan porsi banyak.

3. Hindari Makanan & Minuman yang Terlalu Manis

Biasanya setelah kegiatan dengan beraktivitas sepanjang hari tenaga di dalam tubuh akan terkuras, sehingga di waktu berbuka membeli atau membuat minuman yang mengandung banyak gula. Maka hal itu tidak dibenarkan untuk kamu hindari, pasalnya meskipun kamu tidak banyak makan maka kandungan gula akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Penyebabnya karena insulin yang ada di dalam tubuh mengalami banyak defisiensi, fungsi dari insulin itu sendiri mengubah gula ke energi yang ada di dalam tubuh. Ketika insulin itu berkurang, maka asupan gula di dalam tubuh akan menjadi lemak seketika.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Cairan

Saat berpuasa melakukan aktivitas di sepanjang hari maka tenaga kamu akan berkurang, hal ini untuk mengatasi agar tubuh kamu tidak dehidrasi maka makanlah makanan yang banyak mengandung air atau minum air putih. Jika kamu minum air putih kebutuhan pada tubuh sekitar 1,5 liter, sedangkan untuk buah kamu bisa memilih yang banyak mengandung air seeperti kelapa, jeruk, semangka dan lainnya.

5. Kurangi Kandungan Garam

Nah bagi kamu yang suka makanan yang asin hal ini perlu di hindari pada bulan puasa, alasanya kandungan garam yang dicampurkan ke makanan akan membuat kamu selalu haus dan dapat mengurangi energi pada tubuh. Untuk menghindarinya kurangi hobi masakan asin favorit kamu yang tidak banyak menggunakan garam, dan kamu bisa memakai secukupnya.

6. Rutin Berolahraga

Pada bulan puasa ini memang untuk selalu menghemat tenaga, namun tidak berlaku dengan waktu olahraga. Aktivitas olahraga yang rutin akan memberikan stabilitas pada tubuh, sehingga cara ini baik untuk kamu melakukan diet sehat di bulan puasa.

Aktivitas rutin ini bisa kamu lakukan baik di pagi hari setelah sahur atau juga pada sore hari pada waktu berbuka puasa akan menjelang. Alasan untuk olahraga setelah kamu banyak mengkonsumsi kandungan makanan dengan lemak berlebih, kamu bisa langsung meresponya dengan cara berolahraga.

7. Istirahat Secukupnya

Menerapkan waktu istirahat yang benar di bulan puasa merupakan suatu hal yang harus diperhatikan, pasalnya istirahat secukupnya memberikan banyak manfaat pada tubuh. Sebaliknya jika waktu tidur kamu berkurang maka metabolisme tubuh kamu menjadi rusak, oleh karena itu selama bulan yang penuh berkah Ramadhan kamu untuk dituntut mengatur waktu istirahat yang cukup.

Waktu istirahat yang kurang teratur akan memberikan dampak serius untuk program diet kamu di waktu Ramadhan, meningkatnya hormon ghrelin di dalam tubuh akan memberikan nafsu makan meningkat, otomatis kamu akan merasa haus terus dan menyebabkan makan dengan porsi berlebih.

Itulah tadi beberapa 7 Tips Diet Sehat Agar Tubuh Tidak Kaget Saat Menjalani Ibadah Puasa, jadi kamu sudah tahu dari tips untuk menerapkanya. Semoga program diet sehat kamu berhasil ya? dan selamat menjallankan ibadah puasa.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini