10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Paling Terkenal Wajib Dibeli

0
62

Koran.idLombok memang sering kali dikenal sebagai surga wisatanya yang mempesona, Lombok tak hanya memiliki sejumlah wisata alam yang indah akan tetapi di sana banyak sekali olahan masakan dari berbagai cita rasa yang lezat. Sehingga wisatawan yang liburan bisa membawa oleh-oleh khas Lombok yang paling terkenal wajib dibeli.

Banyaknya wisatawan yang ada di Lombok memang banyak dipengaruhi oleh destinasi alamnya yang indah, adapun wisatanya yang dapat memikat para pengunjung untuk datang di antaranya wisata pendakian gunung Rinjani, wisata pantai dan wisata sejarah. Jadi setelah kalian selesai berwisata di Lombok, maka tak lengkap apabila tidak membawa barang bawaan dari Lombok untuk di bawa pulang.

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Paling Terkenal Wajib Dibeli

1. Madu Murni Sumbawa

Madu Murni Sumbawa
instagram.com/madusmbw

Yang pertama, jika kalian berada di Lombok yang wajib kalian bawa pulang adalah madu Sumbawa Lombok. Madu ini memang sudah sangat terkenal yang dihasilkan dari Sumbawa NTB, istimewanya madu-nya berwarna putih berbeda dari yang lainnya. karena asal produksi madu tersebut dari lembah tentu saja rasanya sangat manis dan enak sekali.

Adapun madu Sumbawa asalnya dari hutan, namun jenis madu ini harganya tentu di atasnya lebih mahal. bila para wisatawan yang ingin belanja untuk di bawa pulang nanti, jangan khawatir mengenai kemasannya sangat aman, dan pastinya tidak mudah pecah jika di taruh di dalam tas. Untuk info pembelian kalian bisa mengunjungi di daerah Montong Gamang Kopang, di Lombok Tengah.

2. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut
instagram.com/aderida93

Berikutnya, jajanan yang cukup populer yang ada di Lombok salah satunya seperti Dodol Rumput laut. Jajanan ini memang sering kamu jumpai di Jawa Barat, namun dodol rumput laut yang di hasilkan oleh warga Lombok berbeda dari biasanya. Pasalnya bahan utama dodol tersebut berasal dari rumput laut yang banyak di jumpai di Lombok, tak hanya itu saja dodol yang dibuat juga banyak di produksi aneka varian rasa agar pembeli bisa memilih sesuai selera nantinya.

Tekstur dodol rumput laut ini begitu enyal, jika digigit akan lebih lunak dan tidak lengket. Menariknya disini dodol di warnai sesuai varian rasa tadi, sehingga dodol lebih mudah menarik perhatian oleh wisatawan nanti yang ingin memborongnya. Apalagi untuk masalah harga sendiri cukup murah seperti pada umumnya, tergantung isi dan ukuran kemasan biasa atau jumbo.

3. Tuak Manis Asli Lombok

Tuak Manis Asli Lombok
instagram.com/wahyu_ziwangga

Lombok selain memiliki minuman seperti madu ternyata juga tersedia tuak manis asli Lombok, biasanya jenis minuman segar ini banyak di jual di pinggir jalan yang dikemas menggunakan botol air minuman dengan ukuran besar. Tuak manis asli Lombok ini di buat dari buah nira pada umumnya, rasanya sendiri cukup manis karena asli dari konsumsi buahnya di dalamnya.

Cara prosesnya pun sama dengan olahan tuak lainnya, jika kalian membawanya pulang pun cukup awet sampai beberapa hari. Setelahnya agar terasa lebih segar kembali, taruhlah di dalam lemari es. Tuak manis ini bisa kalian temukan di lokasi Jalan Bilasundang, Desa Bilasundang, Kec. Masbagik, Lombok Timur. Harganya pun sangat murah, cocok sekali untuk pendatang disana.

4. Lauk Telur Asin Bakar

 Lauk Telur Asin Bakar
instagram.com/oleholehkhaslombok

Berbeda dari telur asin dari daerah lain di Indonesia, tentu saja olahan telur asin asli Lombok memiliki cara unik untuk pematanganya dengan pembakaran. Makanan sejenis lauk ini memang sudah cukup lama populer di Lombok, sejak tahun 2012 sudah banyak memproduksi telur asin bakar untuk di jual. Masyarakat yang banyak menghasilkan produksi telur asin bakar diantaranya seperti, Dusun Gubuk Baru, Desa Terara di Kabupaten Lombok Timur.

Cita rasa telur asin bakar memang begitu unik sekali, ketika di makan aroma pada asap pembakaran sangat terasa sehingga rasa yang dimiliki selain asin juga gurih. Lebih lezatnya lagi telur asin bakar jika disajikan dengan makanan seperti soto atau rawon akan lebih menggoda selera, harga telur asin bakar di Lombok di jual sangat murah dan cocok sekali jika kalian bawa pulang ke kampung halaman.

5. Minuman Susu Kuda Liar

Minuman Susu Kuda Liar
instagram.com/oleholehkhaslombok

Lombok selalu memiliki keunikan dari segi olahnya, seperti halnya pada minuman susu yang dibuat dari susu kuda liar. Seperti yang kalian ketahui juga manfaat susu kuda liar ini begitu banyak, seperti mengatasi penyakit dengan mudah, penyakit kanker, paru-paru, tipes dan lain sebagainnya.

Penjual minuman susu kuda liar mudah kalian temukan di pasar tradisional Sumbawa dan Lombok, untuk produksi terbesarnya berada di daerah Desa Seneo, Kec. Woja – Kab. Dompu. Jadi jika kalian pergi langsung untuk mengetahui produksinya di Desa Seneo tadi, dari Mataram waktu yang dibutuhkan kurang lebih 10 jam lamannya. Susu kuda liar bisa juga kalian jadikan alternatif untuk buah tangan, karena aman sekali seperti kemasanya dan tahan lama.

6. Terasi Asli Lombok

Terasi Asli Lombok
instagram.com/nanoe_biroe

Pasti kalian tak menyangka jika Lombok juga penghasil terasi terenak untuk dibuat sambal, terasi yang cukup terkenal di Lombok ini memang tak hanya rasanya yang memberikan kelezatan bagi makanan, namun juga aromanya harum ketika sedang dimasak maupun dinikmati. Penjual terasi di Lombok saat ini sudah mudah di dapat, setiap toko atau pasar tradisional sudah tersedia untuk kamu borong nantinya.

Terasi asli Lombok dalam segi rasa memang menggoda sekali di lidah, akan tetapi istimewanya terasi yang di buat oleh masyarakat lokal memiliki jenis berbeda baik dari segi tekstur hingga rasanya. Jika dibandingkan seperti terasi jenis beroq rasanya agak kepahitan, dari pada terasi jenis jerowaru atau lengkare yang dikenal manis nan lembut.

7. Sambal Encim Asli Lombok

Sambal Encim Asli Lombok
instagram.com/sambalencimlombok.my

Untuk masalah olahan pedas Indonesia memang jagonya, sama halnya seperti di daerah Lombok yang memiliki keistimewaan sambal buatan sendiri. Sambal yang sudah terkenal di Lombok yaitu sambal encim, saat ini sudah semakin di buat kemasan menarik agar wisatawan yang akan membawa pulang lebih awet dan aman.

Kebanyakan produksi sambal encim ini dibuat di Desa Sandik, dari pusat Kota Mataram jaraknya mencapai kurang lebih 5 Km saja. Keaslian buatan sambal encim ini memang berawal dari masyarakat yang membuat, namun rasanya begitu menggoda dan nikmat. Sehingga kebanyakan suka sampai saat ini diproduksi lebih banyak, bahkan tak tanggung-tanggung sambel encim asli Lombok sudah di import ke berbagai negara di Asia Tenggara.

8. Camilan Stick Kangkung

Camilan Stick Kangkung
instagram.com/jualcemilancemileun

Stick kangkung asli Lombok ini merupakan sebuah camilan kering dengan cita rasa sayuran kangkung hijau, olahan jenis camilan ini dibuat dengan bahan dasar menggunakan tepung terigu. Meski camilan ini dibuat berdasarkan rasa sayuran, namun banyak sekali varian rasa yang bisa di pilih oleh pengunjung yang akan membelinya.

Jika kalian berniat untuk membawa pulang ke kampung halaman, stick kangkung terbilang awet dan aman. Pasalnya kemasanya dibuat dengan plastik atau wadah tebal, sehingga tidak mudah lubang bahkan tersobek. Harga camilan ini pun cukup bervariasi, tergantung dari ukuran kemasan yang mau dibeli. Untuk mendapatkan stick kangkung ini kalian sudah mudah untuk menemukanya di aneka toko yang ada di Lombok.

9. Kopi Abre Asli Lombok

Kopi Abre Asli Lombok
instagram.com/nourdingigi_kopi6161

Membawakan buah tangan untuk keluarga tercinta memang perlu sekali, termasuk salah satunya membawakan kopi abre asli dari Lombok. Di setiap daerah Indonesia memang kopi sudah menjamur alias tersebar di berbagai penjuru, akan tetapi jika kalian ada di Lombok maka tak lengkap jika tidak memborong kopi abre yang rasanya dikenal manis pahit dan aromanya sungguh menggoda.

Produksi Kopi Abre banyak di produksi di daerah Dusun Abre, maka dari itu kopi ini dinamakan dengan sebutan asal pembuatanya. Nikmatnya kopi abre memang mempunyai alasan begitu kuat, saat mengolahnya pun masih memakai cara alami atau tradisional. Sehingga kopi ini tercipta masih murni dengan aroma Abre yang begitu dikenal.

10. Kain Songket Asli Lombok

Kain Songket Asli Lombok
instagram.com/songket_lombok1

Salah satu kerajinan tangan di Lombok yang cukup lama populer dengan penghasil songket, kain ini memang cukup unik teksturnya yang halus namun motifnya bervariasi. Daerah produksi terbesar yang ada di Lombok salah satunya adalah Desa Sukarara, jika dari kota Mataram jaraknya sekitar kurang lebih 20 Km saja. Tetapi tenang rute perjalananya cukup aman dan mudah menggunakan kendaraan umum, memasuki daerah Desa Sukarara kalian pasti akan melihat pengrajin yang sedang beraktivitas tenun.

Setelah sampai di Desa setempat kalian tak hanya langsung membeli, namun juga bisa melihat sambil belajar menenun dan pasti akan di bimbing oleh warga situ. Kain songket memang tak hanya memiliki gaya variasi tertentu, banyak sekali dari variasi bentuk/ motif bahkan dari segi warna benangnya pun berwarna menarik.

Harganya cukup murah meriah apalagi kalian jika ingin beli banyak pasti diberikan harga tambah murah, karena kualitas kain songket bisa digunakan sebagai baju, selendang, dress dan model fashion lainnya.

Nah, itulah tadi mengenai 10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Paling Terkenal Wajib Dibeli. Kalian jika ke Lombok ingin membawa pulang apa? Semoga referensi di atas bermanfaat dan dapat memudahkan kalian untuk mencarinya nanti.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini