Daftar Film Indonesia Terbaik yang Go International, Ada ‘Pengabdi Setan’ Juga Lho!

0
155
Daftar Film Indonesia Terbaik yang Go International, Ada 'Pengabdi Setan' Juga Lho!

Koran.id – Buat para pecinta film – film Indonesia, sudah tahu nggak sih kalau ternyata ada lho film Indonesia terbaik yang go International, salah satunya adalah film yang berjudul ‘Pengabdi Setan’. Ya, ada banyak sekali film asli Indonsia yang go International, film favoritmu masuk dalam daftar nggak sih?

Dari waktu ke waktu dunia perfilman di Indonesia memang mengalami perkembangan yang signifikan, bahkan kualitas yang disajikan tidak kalah bagusnya dengan film luar negeri terbaik. Tentunya yang demikian berkat team produksi yang mampu bekerja secara solid dan bertalenta.

Daftar Film Indonesia Terbaik yang Go International

Pada dasarnya ada banyak sekali film asal Indonesia terbaik yang ikut dalam festival perfilman di luar negeri dan berhasil mendapat beberapa penghargaan. Loetoeng Kasaroeng adalah film pertama Indonesia yang rilis pada tahun 1926. Luar biasa, film Indonesia terbaik yang pertama kali mendapat ketenaran adalah Catatan Si Boy yang dirilis tahun 1980.

Sejak itulah pada akhirnya ada banyak lagi film – film berkualitas asal Indonesia yang menarik sekali untuk ditonton. Tidak berhenti sampai di situ, beberapa film Indonesia juga berhasil dikenal oleh masyarakat luas di seluruh penjuru dunia.

1. Battle Of Surabaya

Battle Of Surabaya
Battle Of Surabaya

Film Indonesia terbaik yang go International pertama adalah Battle Of Surabaya. Ini merupakan film animasi asal Indonesia terbaik yang hadir dengan menawarkan cerita mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan di Surabaya. Tayang di beberapa negara di dunia, film tersebut ternyata berhasil mendapat penghargaan yang bergengsi, seperti Most People’s Choice Award IMTF 2013, dan beberapa penghargaan lainnya.

Keterangan Battle of Surabaya
Durasi 1 jam 39 menit
Rilis 20 Agustus 2015
Sutradara Aryanto Yuniawan
Pemain Reza Rahadian, Keagan Kang, dan Marlon Dance-Hooi

2. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi
Laskar Pelangi

Laskar Pelangi adalah film Indonesia paling laris di zamannya. Diriliskan pertama kalinya di tahun 2008 silam, film tersebut pada dasarnya diusung dari novel karya Andrea Hirata dengan judul yang sama. Tidak jauh berbeda dengan film asal Indonesia di atas, Laskar Pelangi ternyata juga berhasil membawa sejumlah penghargaan bergengsi, baik itu dari dalam maupun luar negeri, seperti SIGNIS Award Hongkong International Film Festival 2009 dan Best Film Bandung Film Festival 2009.

Keterangan Laskar Pelangi
Rating 91 % (Audience Score)
Durasi 2 jam 4 menit
Rilis 25 September 2008
Sutradara Riri Riza
Pemain Cut Mini Theo, Ikranagara, dan Tora Sudiro

3. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan
Pengabdi Setan

Seperti yang sudah saya singgung di awal, bahwa Pengabdi Setan masuk dalam daftar film Indonesia terbaik yang go International. Film buatan Joko Anwar tersebut dibuat ulang dari film yang berjudul sama. Mendapat respon positif dari para penonton dan kritikus tidak ada yang salah jika pada akhirnya film go International. Bahkan Pengabdi Setan menjadi film paling laris di 2017 lalu.

Keterangan Pengabdi Setan
Rating 93 %
Durasi 1 jam 47 menit
Rilis 28 September 2017
Sutradara Joko Anwar
Pemain Tara Basro, Bront Palarae, dan Dimas Aditya

4. The Night Comes For Us

The Night Comes For Us
The Night Comes For Us

Salah satu hal menarik yang bisa dilihat dari film The Night Comes For Us adalah kamu bisa melihat Iko Uwais bertaring dengan Joe Taslim, pasti seru banget deh! Film aksi Indonesia terbaik ini pertama kalinya ditayangkan pada Fantastic Fest dan berhasil mendapat tayangan secara komersial di layanan nonton film Netflix.

Keterangan The Night Comes For Us
Rating 89 %
Durasi 2 jam 1 menit
Rilis 19 Oktober 2018
Sutradara Timo Tjahjanto
Pemain Iko Uwais, Joe Taslim, dan Julie Estelle

5. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak

Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak

Siapa nih diantara kalian yang sudah pernah nonton film satu ini? Film yang dibintangi oleh aktris bernama Marsha Timothy tersebut memang menarik sekali untuk ditonton. Dalam film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Marsha berakting dengan sangat apik. Luar biasanya, film ini ternyata masuk dalam kategori thriller yang bisa membawa para penontonnya untuk ikut ke dalam suara yang menegangkan.

Sebenarnya sebelum tayang di Indonesia, film tersebut sudah mendapat perdananya di Directors Fortnight Festival Film Cannes 2017 lalu. Tidak hanya itu, film ini bahkan masuk dalam deretan festival film terbaik lainnya, seperti TIFF. Semakin meluas setelah ditayangkan di 18 negara di dunia, seperti Kanada dan Amerika Serikat.

Keterangan Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
Rating 98 %
Durasi 1 jam 33 menit
Rilis 16 November 2017
Sutradara Mouly Surya
Pemain Marsha Timothy, Egy Fedly, dan Tumpal Tampubolon

6. Sekala Niskala

Sekala Niskala

Lalu untuk selanjutnya ada Sekala Niskala yang juga merupakan salah satu film Indonesia laris dan berhasil go International. Film yang diproduksi oleh Fourcolours Films dan Treewater Productions adalah film yang disutradari Kamila Andini. Jadi kualitas yang ditawarkan memang benar – benar terbukti dengan sejumlah penghargaan yang didapatkan.

Menariknya, film Sekala Niskala tersebut bahkan mampu membawa piala Golden Hanoman. So, tak perlu ragu lagi untuk segera menyaksikan film tersebut. Meskipun bukan termasuk film Indonesia terbaru, akan tetapi Sekala Niskala memang benar – benar layak untuk ditonton.

Keterangan Sekala Niskala
Rating 100 %
Durasi 1 jam 23 menit
Rilis 8 Maret 2018
Sutradara Kamila Andini
Pemain Thaly Titi Kasih, Ida Bagus Putu Radithya Mahijasena, dan Ayu Laksmi

7. The Raid

The Raid
The Raid

Terakhir adalah seri film The Raid yang diriliskan pertama kalinya di Indonesia tahun 2012 silam. Film tersebut tampilkan beberapa aksi bela diri Pencak Silat dari Indonesia, tidak heran jika pada akhirnya film tersebut berhasil membawa banyak penghargaan bahkan berhasil go International.

Pada dasarnya film ini pertama kalinya mendapat ketenarannya tahun 2011 silam dari Festival Film Internasional Toronto dan mendapat beberapa pujian dari penonton juga kritikus. Penghargaan The Cadillac People’s Choice Midnight Madness Award pun berhasil didapatkan.

Keterangan The Raid
Rating 86 %
Durasi 1 jam 41 menit
Rilis 23 Maret 2012
Sutradara Gareth Evans
Pemain Iko Uwais, Ananda George, dan Ray Sahetapy

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang daftar film Indonesia terbaik yang go International. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini