7 Manfaat Licorice untuk Kesehatan Tidak Banyak Orang Tahu

0
111

Koran.id – Sebagian dari kalian mungkin masih cukup asing dengan salah satu jenis tanaman herbal satu ini. Tidak heran karena Licorice sendiri berasal dari tanah Eropa bagian selatan dan juga beberapa wilayah di Asia. Di Indonesia, Licorice juga dikenal dengan sebutan akar manis. Tanaman ini sering dijadikan obat herbal sejak dulu, karena manfaat Licorice untuk kesehatan yang sangat banyak.

Tanaman Licorice atau akar manis dipercaya bisa menjadi obat alternatif untuk berbagai macam masalah kesehatan. Manfaat ini tidak lain didapat dari beberapa kandungan zat aktif yang ada di dalamnya. Lantas, apa saja manfaat dari Licorice bagi kesehatan tubuh? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Ragam Manfaat Licorice untuk Kesehatan Tubuh Menusia

Licorice memiliki nama latin Glycyrrhiza glabra dan oleh masyarakat kita dikenal juga dengan nama akar manis. Diberi nama tersebut dikarenakan Licorice memang punya rasa yang manis. Berkat hal tersebut, Licorice atau akar manis sering dijadikan sebagai campuran perasa untuk makanan ataupun minuman.

Manfaat Licorice untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Licorice untuk Kesehatan Tubuh

Beralih ke manfaat Licorice untuk kesehatan tubuh, ini tidak terlepas dari kandungan zat dan senyawa aktif yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan zat yang terdapat dalam Licorice, seperti glukosa, karbohidrat, vitamin A, protein, dan juga antioksidan alami (flafonoid dan glycyrrhizin. Adapun manfaat akar manis untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengatasi Masalah pada Sistem Pernapasan

Manfaat Licorice untuk kesehatan yang pertama adalah membantu mengatasi permasalahan yang terjadi pada sistem pernapasan. Caranya adalah dengan mengonsumsi ekstrak dari akar manis atau Licorice tersebut. Manfaat ini sendiri sudah sejak lama dipercaya dan memang terbukti ampuh.

Mengonsumsi ekstrak Licorice akan memicu rangsangan terhadap produksi lendir baik. Dengan begitu masalah pada sistem pernapasan akan diatasi sehingga menjadi normal kembali. Selain ampuh dalam melancarkan sistem pernapasan, ekstrak Licorice juga bisa menjadi obat alternatif untuk meredakan batuk. Tenggorokan akan terasa lebih lega dan batuk pun sembuh dengan sendirinya.

2. Mengatasi Masalah pada Sistem Pencernaan

Ekstrak akar Licorice atau akar manis juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai jenis gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan. Beberapa gangguan sistem pencernaan seperti, nyeri perut, mual, Heartburn dan hal lain yang membuat perut terasa tidak nyaman.

Manfaat ini sendiri dikarenakan adanya kandungan zat flavonoid (glabrene dan glabridi) di dalam akar Licorice atau akar manis. Saat merasakan ketidaknyamanan pada perut disebabkan hal-hal di atas, sebaiknya konsumsi ekstrak akar Licorice secara rutin hingga gangguan yang dialami mereda.

3. Menyembuhkan Penyakit Hepatitis C

Manfaat Licorice untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa mengobati dan menyembuhkan penyakit Hepatitis C. Pernyataan ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti asal Tokyo, Jepang yakni dari National Institute of Infectious Disease. Mereka menemukan adanya hubungan penyembuhan Hepatitis C dengan khasiat Licorice.

Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan antioksidan (glycyrrhizin) yang ada di dalam Licorice. Kandungan tersebut diklaim punya efek baik dalam menyembuhkan penyakit Hepatitis C. Meski begitu, hasil penelitian ini masih perlu tindakan yang lebih lanjut agar bisa ditentukan secara pasti seberapa efektif Licorice dalam menyembuhkan penyakit Hepatitis C.

4.  Mengatasi Masalah pada Gigi

Sudah banyak produk pasta gigi di Indonesia khususnya yang menyertakan ekstrak akar Licorice ke dalam bahan komposisinya. Ekstrak akar Licorice dipercaya sangat efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada gigi. Manfaat yang diberikannya tersebut bahkan diklaim sangat cepat dan efektif.

Beberapa permasalahan pada gigi yang bisa diatasi dengan ekstrak akar Licorice seperti, gusi berdarah, masalah plak atau karang gigi dan lain sebagainya. Meski begitu, sebaiknya kamu gunakan juga obat lain yang sudah terbukti ampuh mengatasi permasalahan gigi. Ini karena manfaat akar Licorice yang bisa mengatasi permasalahan gigi masih belum diteliti lebih mendalam.

5.  Sebagai Perlindungan untuk Kulit

Akar manis atau akar Licorice juga dipercaya mampu melindungi kulit dari berbagai permasalahan seperti, eksim, kulit terbakar akibat sinar matahari, hiperpegmentasi kulit dan lain sebagainya. Dengan begitu, kulit akan selalu terjaga dan terhindar dari permasalahan tersebut.

Manfaat akar Licorice sebagai pelindung kulit tersebut dikarenakan adanya kandungan zat anti-inflamasi yang ada dalam tanaman Licorice tersebut. Hanya saja, penelitian yang menemukan manfaat ini pada Licorice masih menggunakan alat seadanya sehingga perlu penelitian lanjutan untuk memastikan manfaatnya tersebut.

6. Mampu Meredakan Stres

Stres bisa dialami oleh siapa, baik anak-anak, remaja hingga dewasa. Penyebab stres ini sendiri bermacam-macam, mulai dari beban pekerjaan, sekolah, keluarga, lingkungan dan lain sebagainya. Untuk mengatasi stress yang melanda, salah satu cara paling ampuh adalah dengan mengonsumsi ekstrak akar Licorice.

Dengan mengonsumsi ekstrak akar manis atau Licorice tersebut akan mampu menurunkan produksi hormon yang menyebabkan stress yakni hormon kortisol dan hormon adrenalin. Produksi kedua hormon tersebut akan lebih dikendalikan sehingga stress bisa mereda dengan cepat.

7. Sebagai Obat Anti Kanker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanaman Licorice kaya akan kandungan antioksidan alami yang berkhasiat sebagai pelindung tubuh. Sifat antioksidannya tersebut, Licorice diklaim ampuh untuk mengatasi penyakit kanker, baik itu kanker payudara, kanker lambung hingga kanker prostat.

Lagi-lagi yang dipermasalahkan adalah keterbasan penilitan yang mengklaim khasiat penyembuh kanker dari Licorice tersebut. Masih butuh penilitan lanjutan agar bisa diketahui secara pasti manfaat dari Licorice ini.

Itulah tadi beberapa manfaat Licorice untuk kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini