7 Manfaat Buah Tin (Buah Surga) Bagi Kesehatan Tubuh

0
81
Manfaat Buah Tin Bagi Tubuh
Manfaat Buah Tin Bagi Tubuh

Koran.id – Buah ara atau yang lebih dikenal dengan nama buah tin ini merupakan salah satu jenis buah yang cukup familiar di Indonesia. Dulunya tidak mudah untuk menemukan buah tin di Indonesia, tetapi untuk sekarang ini sudah semakin banyak orang yang tertarik membudidayakan buah tin. Dijuluki sebagai buah surga, dikarenakan sudah disebutkan dalam alqur’an yang mana buah tersebut memang diturunkan dari surga.Rasanya sangat manis dan lezat, serta manfaatnya yang sangat banyak. Manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh yang cukup banyak tersebut tidak terlepas dari kandungan gizi yang ada di dalamnya.  

Dengan mengonsumsi buah tin, kebutuhan gizi tubuh akan terpenuhi, sehingga tidak hanya menyehatkan tetapi juga mampu mengatasi berbagai masalah atau gangguan kesehatan. Rasanya yang enak dan lezat membuat banyak orang sangat menyukai buah unik satu ini. Adapun manfaat buah ara bagi kesehatan tubuh selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

7 Manfaat Buah Tin (Buah Surga) Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Ara Bagi Tubuh
Manfaat Buah Ara Bagi Tubuh

Buah tin memiliki nama ilmiah Ficus Carica, yang mana buah satu ini banyak tumbuh di Asia Barat. Namun untuk sekarang ini penyebaran buah tin sudah cukup merata, di Indonesia khususnya sudah banyak yang membudidayakan buah surga tersebut. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, buah tin punya banyak sekali kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun beberapa kandungan dalam buah tin, di antaranya:

  • Kalium
  • Zat besi
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Mangan
  • Sodium
  • Zinc
  • Selenium
  • Fitonutrien
  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Selain kandungan di atas, buah tin ternyata juga menjadi salah satu buah yang tidak memiliki kandungan lemak dan rendah kalori. Adapun manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh selengkapnya, antara lain:

1. Merawat dan Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah ara atau buah tin untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu menjaga serta merawat sistem pencernaan agar maksimal dalam kinerjanya. Masalah pencernaan seperti sembelit bisa diatasi sangat mudah dengan mengonsumsi buah tin. Hal ini tidak lain karena adanya kandungan serat yang cukup kaya di dalamnya.

Kandungan serat tersebut tidak hanya mampu mencegah dan mengatasi sembelit, melainkan juga bisa meningkatkan fungsi usus sehingga kinerjanya lebih maksimal. Masalah seperti diare juga bisa diatasi dengan mengonsumsi buah surga satu ini.

2. Mengobati Anemia

Kurang darah atau disebut juga dengan anemia merupakan salah satu kondisi yang cukup banyak dialami masyarakat kita. Penderita anemia biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti, lemas, pusing, kurang bersemangat, dan lain sebagainya. Jika kamu adalah salah seorang yang menderita anemia, disarankan untuk mengonsumsi buah tin atau buah ara ini.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah tin punya kandungan zat besi dan multivitamin yang cukup kaya. Kandungan tersebut akan membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh dan secara otomatis kadar eritrosit akan ikut naik. Dengan begitu, anemia akan mampu diatasi dengan cepat.

3. Merawat dan Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ penting dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Jantung yang sehat tentu juga akan membuat seseorang lebih maksimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi buah tin secara rutin.

Kenapa buah tin? Karena buah satu ini punya kandungan pektin di dalamnya, di mana kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk menekan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Seperti yang kita tahu, jika kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah cukup tinggi, ini akan meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan oleh terbentuknya plak. Jika ini dibiarkan terus-menerus, maka tentu akan mempengaruhi kesehatan jantung.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat dari buah tin bagi tubuh yang tidak kalah penting berikutnya adalah mampu menjaga dan mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Peredaran darah yang lancar tentu akan memberikan efek baik untuk kesehatan tubuh. 

Hal ini dikarenakan buah tin termasuk salah satu buah sumber kalium terbaik. Kandungan kalium yang kaya inilah yang akan berperan untuk menjaga tekanan darah. Konsumsi buah tin secara rutin agar peredaran darah semakin lancar.

5. Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata

Buah tin dengan kandungan vitamin A dan karotenoid yang ada di dalamnya ternyata punya peran sangat baik dalam menjaga serta merawat kesehatan mata. Kedua kandungan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh mata agar kesehatannya tetap terjaga.

Mengonsumsi buah tin secara rutin akan membantu mencegah degenerasi makula. Seperti yang kita tahu, degenerasi makula sendiri merupakan penyakit yang bisa mengakibatkan penglihatan seseorang semakin menurun. Bahkan kondisi terparahnya bisa membuat mata mengalami kebutaan. Jadi, sangat penting untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan karotenoid yang cukup tinggi di dalamnya. Salah satunya adalah buah tin ini.

6. Merawat dan Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah memiliki kemampuan untuk menjaga serta merawat tulang agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan. Ini dikarenakan di dalam buah tin terdapat kandungan mineral yang cukup kaya, seperti magnesium, fosfor, dan juga kalsium.

Buah tin akan mampu menutrisi tulang serta mencegahnya agar tidak mengalami keropos. Selain mengonsumsi buah tin, sebaiknya juga untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam. Dikarenakan makanan tinggi garam tersebut memiliki efek tubuh kehilangan kalsium.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat buah tin bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah sebagai cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun atau kekebalan tubuh sendiri punya peranan sangat penting, yakni memastikan tidak ada pathogen yang menyerang serta menginfeksi tubuh.

Di dalam buah tin kaya akan kandungan antioksidan, di mana kandungan ini akan membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh. selain itu, kandungan mineral dan multivitamin di dalam buah tin juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sehingga tubuh akan senantiasa sehat dan bugar.

Itulah tadi beberapa manfaat buah ara atau buah tin bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini