7 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Aman, Bahan Alami dan Kimia!

0
1142
Obat Sakit Gigi

Koran.id – Sakit gigi tidak hanya sering dialami oleh anak-anak, orang dewasa pun juga banyak yang mengalaminya. Saat sakit gigi melanda, mungkin kamu akan merasa dunia ini menjadi semakin sempit. Dan mungkin juga kamu akan merasa menjadi  seseorang yang paling menderita saat itu. Tidak heran memang karena rasa sakit yang ditimbulkan amat sangat menyiksa, dan tidak jarang penderita mau dan ingin melakukan berbagai cara untuk menyembuhkannya. Jangan sembarangan, pilih obat sakit gigi yang memang ampuh dan aman untuk digunakan.

Obat sakit gigi ini sendiri ada banyak sekali macamnya, mulai dari yang berbahan alami hingga kimia. Untuk obat sakit gigi berbahan kimia, kamu bisa menemukannya di apotek. Sementara yang alami bisa mengambil langsung dari alam. Berikut ini adalah beberapa jenis obat untuk sakit gigi paling ampuh dan aman untuk digunakan. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Obat Sakit Gigi

Pilihan Obat Sakit Gigi dari Bahan Alami Paling Ampuh

1. Larutan air garam

Obat sakit gigi alami yang paling ampuh dan efektif bisa kamu gunakan adalah larutan garam. Garam ini sendiri memiliki kandungan zat yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiinflamasi. Cobalah untuk menyiapkan segelas air, lalu larutkan garam ke dalamnya. Aduk-aduk hingga garam larut, kemudian gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur.

Sejenak sakit gigi yang dirasa akan berangsur sembuh, kamu tidak perlu lagi obat  atau membawanya ke dokter gigi. Lakukan cara ini  sebanyak 2 sampai 3 kali sehari agar sakit gigi tidak kambuh lagi.

2. Cengkeh

Yang kedua adalah cengkeh yang ternyat juga cukup efektif menyembuhkan sakit gigi, bahkan yang sudah terbilang parah. Untuk menyembuhkan sakit gigi, kamu bisa memanfaatkan minyak cengkeh yang sudah diekstraksi. Cukup siapkan minyak cengkeh dan kapas secukupnya. Teteskan minyak cengkeh pada kapas lalu tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

Minyak cengkeh akan mampu meredakan sakit dan nyeri pada gigi dengan cepat dan efektif. Cengkeh sendiri memang sejak lama sudah dipercaya mampu menyembuhkan sakit gigi. Ini karena di dalam cengkeh terdapat kandungan yang bernama eugenol yang berfungsi sebagai anestesi alami.

3. Cuka

Cuka tidak hanya bisa bermanfaat untuk bahan kecantikan, tapi juga bisa menyembuhkan sakit gigi dengan efektif. Ini karena cuka memiliki kandungan zat yang bersifat antibakteri dan antimikroba. Zat inilah yang memiliki kemampuan untuk membunuh kuman dan juga bakteri yang menjadi penyebab utama dari sakit gigi.

Cara memanfaatkan cuka apel untuk meredakan sakit gigi adalah dengan dibuat untuk berkumur-kumur. Selain itu, kamu juga bisa meneteskannya ke kapas, lalu menempelkannya pada gigi yang lagi sakit. Dalam waktu yang singkat, gigi yang sakit akan langsung mereda.

4. Daun jambu biji

Obat sakit gigi alami yang paling ampuh dan efektif selanjutnya adalah daun jambu biji. Yang kita sebelumnya jambu biji berkhasiat untuk meredakan diare. Tapi ternyata daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit gigi. Ini karena daun jambu biji punya kandungan analgesik, anti-radang, dan antimikroba yang bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri pada gigi. Sakit karena gigi yang berlubang juga bisa diredakan dengan memanfaatkan daun jambu biji.

Cara memanfaatkan daun jambu biji untuk menyembuhkan sakit gigi sangat mudah. Cukup tumbuk beberapa helai daun jambu biji, lalu campurkan dengan air secukupnya dan rebus hingga mendidih. Dinginkan dan gunakan untuk berkumur-kumur sebanyak 2-3 kali sehari secara rutin.

Pilihan Obat Sakit Gigi dari Bahan Kimia yang Aman (Medis)

Selain obat sakit gigi dari bahan alami, ada pula beberapa jenis obat untuk sakit gigi dari bahan kimia atau medis. Obat semacam ini bisa kita temukan dengan mudah di apotek terdekat. Namun perlu kamu tahu, agar lebih aman sebaiknya minta resep dari dokter.

1. Asam Mefenamat

Rekomendasi obat sakit gigi paling ampuh dari bahan kimia adalah Asam Mefenamat. Asam Mefenamat sendiri sangat efektif meredakan sakit gigi berkat kandungan zat antiinflamasi di dalamnya. Kamu bisa membeli Asamefenamat ini di apotek-apotek terdekat. Tetapi alangkah lebih baiknya meminta resep dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat satu ini.

2. Naproxen

Selain Asamefenamat, obat untuk sakit gigi paling ampuh dan aman berikutnya adalah Naproxen. Obat satu ini juga tersedia di berbagai apotek di Indonesia, yang mana bentuknya seperti kaplet. Naproxen sangat ampuh meredakan sakit gigi yang menyiksa, termasuk juga sakit gigi akibat gigi berlubang. Meskipun dijual bebas di apotek, untuk mengkonsumsi obat ini sebaiknya meminta resep dari dokter.

Adapun efek samping setelah meminum obat satu ini seperti, perut terasa kembung dan mulas, diare dan juga pandangan mata jadi terganggu. Karena itulah, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan Naproxen untuk meredakan sakit gigi.

3. Dentasol

Dan jenis obat sakit gigi secara medis paling ampuh dan aman yang terakhir adalah Dentasol. Berbeda dengan jenis obat untuk sakit gigi lainnya, Dentasol sendiri berbentuk seperti krim. Bukan dengan cara dikonsumsi, Dentasol bisa kamu oleskan langsung pada gigi yang terasa sakit. Tidak butuh waktu yang lama, Dentasol akan meredakan nyeri pada gigi dengan cepat dan aman tentunya.

Selain ampuh meredakan sakit gigi, Dentasol juga bisa dijadikan pilihan ketika anak sakit gigi. Ini karena kandungan di dalamnya sangat aman untuk anak-anak sekalipun. Dan yang terpenting, penggunaan Dentasol untuk meredakan sakit gigi tidak menimbulkan efek samping negatif.

Baiklah itu tadi beberapa rekomendasi obat sakit gigi dari bahan alami dan kimia yang paling ampuh dan aman. Memilih obat dari bahan alami memang aman, namun proses penyembuhannya masih membutuhkan waktu. Berbeda dengan obat dari bahan kimia yang seringkali memberikan efek instan.

Artikel Sebelumnya100% HOAX! Ini Dia Mitos Baterai Handphone yang Sudah Terlanjur Dipercaya
Artikel Selanjutnya7 Tips Diet Sehat Agar Tubuh Tidak Kaget Saat Menjalani Ibadah Puasa
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini